Pilihlah jawaban berikut
dengan benar !
1.
Masuknya
agama Iskam ke Indonesia pertama kali tercatat dalam sejarah adalah pada abad
ke ... .
a.
7 dari Arab melalui Tiongkok
b.
7 langsung dari Arab
c.
12 dibawa oleh pedagang dari
Gujarat
d.
12 dari Arab melalui Gujarat
e.
7 sampai abad ke 12 dari Gujarat yang berasal dari Arab
2.
Kerajaan Islam pertama kali
berdiri di Indonesia adalah kerajaan ... .
a.
Demak di Jawa Tengah
b.
Samudra Pasai di Aceh
c.
Ternate di Maluku
d.
Giri di Jawa Timur
e.
Goa di Kalimantan
3.
Da’wah
Islam di Indonesia mulai intensif sejak
periode ... .
a.
pedagang gujarat
b.
wali songo
c.
berdirinya kerajaan-kerajaan
Islam
d.
masuknya modernisasi Islam
e.
kemerdekaan Indonesia
4.
Da’wah Islam mulai intensif pada
abad ... .
a.
pertama Maehi
b.
ketujuh Masehi
c.
kedua belas Masehi
d.
ke 14 Masehi
e.
ke 20 Masehi
5.
Karakteristik
yang dimiliki oleh para mubaligh Islam di Indonesia adalah … .
a.
tadabbur, takabbur, dan taallum
b.
tawadlu’, tarahum, dan taawun
c.
tasyawur, tafahum, dan tasamuh
d.
tawassuth, tawazun, dan tasamuh
e.
shiddiq amanah dan a’dalah
6.
Karakteristik para mubaligh
Islam menunjukkan bahwa faham keagamaan
yang berkembang di Indonesia adalah ... .
a. Syi’ah
b. Khawarij
c. Mu’tazilah
d. Salafiyah
e. Ahlisunah
wal jama’ah
7.
Bekal da’wah
dan biaya hidup para muballigh didapat dari ... .
a.
raja yang mengirim misi da’wah
b.
para pedagang muslim yang ikut
bersamanya
c.
donasi
dari pada dermawan
d.
hasil mereka bekerja sendiri
e.
sumbangan dari masyarakat yang
sudah memeluk agama Islam
8.
Para muballigh memperkenalkan
ajaran Islam memlalui sarana perdagangan dengan cara ... .
a.
beriteraksi secara intensif
dengan para pengusaha di Indonesia
b.
menjual barang-barang dagangan
mereka yang bernuansa Islami
c.
menguasai pusat-pusat
perdagangan di Indonesia
d.
menerapkan cara-cara berdagang
sesuai dengan syari’at Islam
e.
berdagang
sambil mengajar
9.
Di antara para muballigh
menggunakan pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wah. Hal ini ditempuh untuk ... .
a.
Menarik simpati
masyarakat
b.
membaurkan budaya Islam dan budaya
setempat
c.
menunjukkan bahwa Islam adalah
agama budaya
d.
menunjukkan bahwa seni
bukan hal yang tabu dalam Islam
e.
menunjukkan bahwa para muballigh
juga seorang seniman
10.
Di antara para muballigh menggunakan
pendekatan seni dan budaya sebagai media da’wah, hal ini ditempuh untuk ...
a.
menarik simpati
masyarakat
b.
membaurkan budaya Islam dan budaya
setempat
c.
menunjukkan bahwa Islam adalah
agama budaya
d.
menunjukkan bahwa seni
bukan hal yang tabu dalam Islam
e.
menunjukkan bahwa para muballigh
juga seorang seniman
11.
Di
Jawa, da’wah di lingkungan istana kerajaan Mojopahit dilakukan oleh … .
a.
Maulana Malik Ibrahimd
b.
Maulana Ishaq
c.
Sunan Ampel
d.
Raden Patah
e.
Sunan Kalijaga
12. Raja
yang pertama kali berhasil diIslamkan dan kemudian diikuti oleh
pembesar-pembesar lainnya adalah Raja ...
a.
Merah Silau
b.
Mojopahite
c.
Samudra Pasai
d.
Mataram
e.
Kediri
13.
Beberapa
literatur pendidikan Islam menyebutkan bahwa model pesantren adalah merupakan … .
a.
adopsi dari bentuk pendidikan
keagamaan Hindu - Budha
b.
pembaruan dari sistim pendidikan
Islam di Timur tengah
c.
penjawaan dari sistim pendidikan
barat
d.
perpaduan antara berbagai sistim
pendidikan yang ada
e.
hasil cipta karya wali songo
sendiri
14. Faktor
utama yang menyebabkan pondok pesantren bisa berkembang dengan cepat adalah ... .
a.
kurikulum pesantren yang luas
b.
kharisma Kiyai yang simpatikdan
ikhlas
c.
dana besar yang disediakan oleh
pesantren
d.
dukungan pemerintah yang sangat
kuat
e.
Promosi besar-bsar yang
dilakukan oleh pesantren
15.
Seluruh
warga pondok peantren dibentuk untuk mempunai jiwa keikhlasan artinya ... .
a.
segala aktivitasnya tidak
dimotivasikan oleh keuntungan dunia
b.
adanya niatan sepenuhnya untuk
membantu kiyai
c.
adanya keyakinan bahwa yang
dilakukan adalah kebenaran
d.
adanya keberanian untuk hidup
apa adanya
e.
segala perintah kiyai tidak
boleh dibantah
16. Selain
jiwa keikhlasan warga pesantren dibentuk dengan penanaman kejiwaan berikut,
kecuali ...
a.
jiwa kesederhanaan
b.
jiwa persaudaraan
c.
jiwa kebebasan
d.
jiwa kepasrahan
e.
kemandirian
17.
Alasan
santri tinggal di pesantren adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a.
bisa lebih intensif dalam
mengaji
b.
mengabdikan diri kepada kiyai
c.
mendapatkan pengalaman hidup
disiplin
d.
melatih keuletan, kemandirian,
dan kesetiakawanan
e.
mendalami dan menghayati
nilai-nilai keikhlasan
18. Ahlussunnah
wal jamaah bukan merupakan reaksi dari timbulnya beberapa aliran dalam Islam,
karena ... .
a.
Ahlussunnah wal jamaah sudah ada
sejak zaman Rasulullah dan para sahabatnya
b.
Aliran ahlussunnah wal jamaah
muncul sebelum munculnya aliran-aliran yang ada
c.
Ahlussnnah wal jamaah pada
hakekatnya bukan aliran tetapi hanya sekedar faham.
d.
munculnya ajaran ahlussunnah wal
jamaah hanya untuk meluruskan aliran-aliran yang menyimpang.
e.
Aliran ahlussunnah wal jamaah itu hanya ada di
Indonesia
19.
Ajaran
Ahlussunnah wal jamaah sebenarnya sudah ada sejak Rasulullah, yaitu ... .
a.
sahabat
b.
ajaran agama Islam
c.
ayat-ayat Al-Qur’an
d.
wahyu Allah
e.
ijtihat para sahabat
20. Timbulnya
firqah dalam Islam, dimlai dengan munculnya
... .
a.
pasukan Ali bin Abi Thalib dan
Mu’awiyah bin Abi Sufyan
b.
golongn syi’ah dan khawarij
c.
faham qadariyah dan jabbariyah
d.
ajaran mu’tazilah dan
ahlussunnah wal jamaah
e.
organisasi
Nahdlatul Ulama’ dan Muhammadiyah
21.
Tokoh
yang mempopulerkan Ahlussunnah wal jama’ah adalah ... .
a.
Ali bin Abi Thalib
b.
Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i,
dan Imam Hambali
c.
Imam Al Ghazali
d.
Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu
Mansur Al Maturidi
e.
KH. Hasyim Asy’ari
22. Langkah
Khalifah Utsman bin Affan untuk membukukan Al-qur’an, dan melarang
peredaran Alqur’an yang berbeda dengan mushhaf yang
telah dibukukannya, bertujuan untuk ... .
a.
mencari popularitas sebagai
khalifah Islam
b.
mencsucikan Al-Qur’an, dan membedakanya dengan tulisan yang lain
c.
menjadikan Al-Qur’an sebagai
rujukan baku bagi seluruh kaum muslimin sepanjang masa
d.
melaaksanakan perintah Khalifah
Abu Bakar As Shiddiq daqn Umar bin Khattab
e.
menjadikan agama Islam lebih baik dibanding dengan agama yang lain, karena
mempunyai kitab suci yang baku
23.
Tugas
ulama generasi pewaris setelah mujtahid antara lain ... .
a.
mngembangkan ajaran agama islam
dari ijtihad para mujtahid sesuai dengan kebutuhan umat.
b.
menterjemahkan kitab-kitab para
mujtahid ke dalam berbagai bahasa
c.
menjelaskan hasil ijtihad para
mujtahid dengan menambahkan dalil alqur’an dan hadits
d.
menafsirkan ayat alqur’an dan
hadits sesuai dengan perkembangan zaman
e.
membuka lembaga-lembaga
pendidikaan sebagai tempat mengajarkan hasil ijtihad para mujtahid
24. Pengembangan
ahlussunnah wal jamaah di Indonesia mulai mendapat tantangan setelah ... .
a.
masuknya bangsa barat ke
Indonesia
b.
masuknya pembaruan Islam ke Indonesia
c.
lahirnya Muhammadiyah
d.
penjajahan bangsa Jepang atas
Indonesia
e.
kemerdekaan
Indonesia
25.
Jalur pendidikan yang diandalkan para ulama
dalam mengembangkan dan melestarikan Ahlussunnah wal
jamaah di Indonesia adalah ... .
a.
madrasah diniyah
b.
perguruan tinggie
c.
pondok pesantren
d.
majlis ta’lim
e.
majlis halaqah
26. Nahdlatul
Ulama lahir dalam suasana ... .
a.
kebangkitan nasional
b.
perselisihan para ulama
c.
peperangan menghadapi penjajah
d.
krisis moral bangsa
e.
Ahlissuna wal jama’ah
27.
Usaha
kalangan intelektual NU dalam melestarikan Ahlussunnah wal jama’ah dilakukan
dengan ...
a.
mendirikan forum intelektual
Nahdlatul Ulama
b.
menulis karya-karya ilmiyah
tentang ahlussunnah wal jamaah
c.
meredifinisi faham ahlussunnah
wal jamaah
d.
mengintensifkan amaliyah warga
Nahdlatul Ulama
e.
meluruskan penyimpangan yang
terjadi pada Ahluusunnah wal jama’ah
28. Organisasi
yang didirikan para ulama, banyak yang mengunakan kata “wathan” dalam namanya,
hal ini mengindikasikan bahwa ... .
a.
organisasi itu tidak bersifat
keagamaan
b.
adanya kecintaan para ulama
terhadap tanah air
c.
ulama telah menguasai manajemen
organisasi
d.
ulama tidak menghendaki
sparatisme
e.
adanya
perbedaan antar organisasi dan agama
29.
Sebagai
upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, para ulama membentuk lembaga ... .
a.
syirkah
b.
mabarrota
c.
bank syari’ah
d.
perusahaan
e.
pegadaian
30. Kelahiran
Nahdlatul Ulama juga dimotivasi untuk meningkatkan sumberdaya manusia. Sebagai
tantangan yang dihadapi para ulama dalam hal ini adalah ... .
a. pondok
pesantren mulai ditinggalkan masyarakat
b. tekanan
pemerintah Hindia Belanda atas pekembangan pesantren
c. berkembangnya
sistim pendidikan modern yang di lembagakan oleh pemerintah Hindia Belanda
d. keterbukaan
pesantren untuk menerima kehadiran lembaga pendidikan formal
e.
fungsi pesantren
yang mulai mengalami pergeseran
31.
Sebagai
langkah awal dalam usaha peningkatan sumber daya manusia KH. Hasyim
Asy’ari memulainya dengan ... .
a.
membuka pesantren untuk
perempuan
b.
memberikan mata pelajaran
membaca dan melulis latin, berhitung serta bahasa
melayu di pesantren
c.
menigkatkan metode pengajaran di
pesantren dengan metode halaqah
d.
melengkapi pesantrennya
dengan peralatan modern
e.
menggunakan bahasa Belanda dalam
percakapan sehari-hari di pesantrennya
32. Tokoh
yang mencetuskan ide dan mempersiapkan kelahiran Nahdlatul Ulama sampai
benar-benar berhasil berdiri adalah ... .
a.
KH. Chalil
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
33.
Petunjuk
Allah SWT untuk mendirikan organisasi bagi para ulama
dan
pengikutnya diterima oleh ... .
a.
KH. Cholil
b.
KH. Hasyim Asy’ari
c.
KH. Wahab Hasbullah
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
34. Sebutan
bapak Nahdlatul Ulama diberikan kepada ... .
a.
KH. Chalil
b.
KH. Wahab Habullah
c.
KH. Hasyim Asy’ari
d.
KH. As’ad Syamsul Arifin
e.
KH. Wahid Hasyim
35.
Dalam
proses kelahiran Nahdlatul Ulama lebih ditentukan oleh ... .
a.
petunjuk dari Allah SWT
b.
kegigihan ulama-ulama muda
c.
restu ulama-ulama tua
d.
dana para aghniya’
e.
rekomendasi pemerintah Hindia Belanda
II. Soal Uraian !
1.
Jelaskan
yang dimaksud dengan Pondok Pesantren!
2.
Pondok
Pesantren memiliki sejumlah jiwa yang membedakan dengan lembaga-lembaga pendidikan lain
yang disebut “ Panca Jiwa " sebutkan!
3.
Jelaskan
pengertian dari Ahlussunnah wal jamaah !
4.
Jelaskan pengertian dari madzab, dan madzahibul
arba’ah!
5.
Jelaskan bagaimana pendapatmu tentang faham atau
aliran NII ( Nagara Islam Indonesia)!
Selamat
mengerjakan !
Kunci Jawaban
Kelas : X ( Aswaja )
Pilihan Ganda
1. E
2. B
3. B
4. C
5. D
6. E
7. D
8. D
9. D
10.B
11.C
12. C
13. D
14. B
15. A
16. C
17. B
18. A
19. A
20. B
21. D
22. C
23. A
24. A
25. C
26. C
27. E
28. B
29. B
30. C
31. C
32. C
33. B
34. C
35. A
36. D
37. B
38. A
39. D
40. C
Uraian
- Yaitu lembaga pendidikan dan pusat Da;wah Islam tertua dan asli di Indonesia serta proses pendidikannya berlangssung 4 jam
- Yaitu : 1. Jiwa keikhlasan
-
2. Jiwa kesederhanaan tetapi agung
-
3. Jiwa persaudaraan yang
demokratis
-
4. Jiwa kemandirian
5. Jiwa
bebas dalam menentukan pilihan jalan hidup dan menentukan masa depan
3. Yaitu
golongan yang senantiasa mengikuti sunnah Nabi SAW dan toriqoh atau petunjuk
para
sahabatnya dalan aqidah, fiqih, dan tasawuf.
4.
Artinya : Kebenaran yang tidak
terorganisir akan dengan mudah dikalahkan oleh kebatilan
Yang
terorganisir.
5.
Yaitu :
Tahlilan, diba’an, manaqiban, hadrah dan khatmil qur’an