RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMP Negeri 3 Sumbawa besar
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 Menit ( 2 x pertemuan )
1. KOMPETENSI
INTI :
KI
1 : Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa
ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup sehat,
ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KI
4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai
sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori
2. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR :
1.1
Menerima,
menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikankarya seni rupa sebagai bentuk
rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
INDIKATOR :
1.1.1.
Menghargai
keragaman dan keunikankarya seni rupa tekstil sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan (sikap relegius)
2.1.
Menunjukkan sikap menghargai, jujur,
disiplin, melalui aktivitas berkesenian
INDIKATOR :
2.1.1.
Menunjukkan
sikap menghargai karya tekstil orang lain sebagai salah satu budaya daerah.(sikap soisial)
2.1.2.
Menunjukkan
sikap jujur dalam mengamati mutu bahan tekstil, makna dan keunikkan dalam pembuatan karya tekstil.
2.1.3.
Menunjukkan
sikap disiplin
dalam aktivitas mengamati pola hiasan pada bahan tekstil.
2.2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya
INDIKATOR(kegiatan inti):
2.2.1
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memahami karya seni rupa tekstil.
2.2.2
Menunjukkan sikap pedul iterhadap penciptaan
pola hiasan pada bahan tekstil.
2.2.3
Menunjukkan sikap satun dalam menciptakan
pola-pola bentuk hiasan pada bahan tekstil.
2.3.
Menunjukkan sikap percaya diri ,
motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
INDIKATOR (kegiatan inti):
2.3.1.
Menunjukkan sikap percaya diri dalam membuat hiasan pada bahan tekstil.
2.3.2.
Menunjukkan sikap motivasi internal yang baik dalam
pembuatan hias pada bahan tekstil.
2.3.3.
Menunjukkan sikap pedulit erhadap
lingkungan dalam berkarya seni hias pada bahan tekstil.
3.3.
Memahami konsep dan prosedur
penerapan ragam hias pada bahan
tekstil
INDIKATOR (kegiatan inti ):
3.3.1.
Mendeskripsikan konsep ragam hias pada bahan tekstil
3.3.2.
Menjelaskan obyek-obyek ragam hias yang dapat diungkapkan pada bahan tekstil
3.3.3.
Menjelaskan prosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
4.3.
Menerapkan ragam hias pada bahan
tekstil
INDIKATOR(kegiatan inti) :
4.3.1.
Menujukkan
kemampuan menerapkan prosudur dalam pembuatan hiasan tekstil
4.3.1.
Mepresentasikan hasil kegiatan penerapan prosudur dalam pembuatan hiasan tekstil
1.
TUJUAN PEMBELEJARAN :
(pendahuluan ):
Siswa diberi kesempatan mengamati keragaman dan keunikan karya seni rupa dari bahan teksil,
1.
Siswa dapat menujukkan sikap menghargai
keragaman dan keunikkan karya seni rupa hiasan dari bahan tekstil orang lain.
2.
siswa
dapat menujukkan sikap ekpresi yang jujur dalam
menikmati keindahan hiasan dari bahan teksil.
3.
siswa
dapat menujukkan sikap disiplin dalam aktivitas mengamati
pola hiasan pada bahan teksil.
(kegiatan inti):
1. Siswa
diberi kesempatan untuk membaca buku bahan ajar, melihat tanyangan karya keragaman
dan keunikankarya seni rupa dari bahan teksil,
siswa dapat menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendiskripsikan konsep hiasan pada bahan teksil
2. Setelah
memperhatikan penjelasan guru dan tanyangan obyek – obyek hiasan pada bahan teksil,
siswa dapat menjelaskan dan menerapkan prosedur menggambar obyek hiasan pada bahan tekstil
3. Siswa
diberi kesempatan untuk berpikir, siswa dapat memilih obyek gambar dan bahan tekstil
4. Siswa diberi kesempatan untuk berkarya, siswa dapat
menujukkan kemampuan menerapkan proses
karya tekstil.
5. Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kegiatan belajar karya tekstil,
siswa dapat membuat laporan hasil kegiatan belajar karya tekstil.
1. Penampilan gambar vidio ragam karya tekstil
a)
gambar busana-busana daerah untuk diamati bahan yang digunakan,
motif yang ditampilkan , teknik pencurahan gagasan menjadi sebuah
hiasan.
b) vidio proses pembuatan karya tekstil
2. Pengertian tekstil :
Bentuk ungkapan
kreativitas dalam membuat karya seni rupa terapan yang memiliki tujuan
menyiapkan bahan baku untuk pembuatan busana.
2. Obyek-obyek
hiasan yang dapat diungkapkan pada bahan tekstil
a)
Bentuk
–bentuk stilasi tumbuh-tumbuhan
b)
Bentuk
–bentuk stilasi binatang.
c)
Bentuk
–bentuk stilasi manuasia
d)
Bentuk
–bentuk stilasi bidang ilmu ukur.
e)
Bentuk
–bentuk stilasi huruf dan angka.
3.
Teknik penenerapan ragam hias pada bahan tekstil :
a)
Batik tulis
b)
Batik lukis
c)
Batik ikat
d)
Batik cetak
e)
Tenun
f)
Bodir
g)
Sulam
h)
Lukis
4. Jenis
dan sifat bahan tekstil
a)
Bahan
utama
1)
Katun
2)
Wol
3)
Sutera
4)
Dakron,
polyester dan nilon
5)
Broket,
lame, dan songket.
b)
Bahan
pendukung
1)
Pewarna
tekstil
a.
Pewarna
alami.
b.
Pewarna
sintetis
2)
Lilin
( bhs Jawa malam )
5.
Peralatan kegiatan karya tekstil.
a)Batik
1)
Batik
tulis.
2)
Batik
ikat.
3)
Batik
painting.
4)
Batik
sablon.
b)
Tenun
c) Brodir
d)
sulam
6. Proses
pembuatan ragam hiasan pada bahan tekstil
a) Perencanaan hiasan
b)
Penerapan
hiasan pada salah satu bahan tekstil