KATA- KATA KUNCI SISTEM AGRIBISNIS



·         Bisnis komoditas pertanian
Kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan untuk mencari atau memperoleh keuntungan dengan fokus pada bidang.

·         Produk agribisnis
Adalah semua produk yang dihasilkan melalui proses produksi biologikal, yang termasuk golongan pangan, sandang, dan papan.

·         Hulu-hilir
Penyebutan "hulu" dan "hilir" mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain).


·         Integrasi vertical – integrasi horizontal
integrasi vertical akan terjadi keterpaduan yang hanya dapat terselenggara bila terdapat hubungan saling menguntungkan secara proporsional dan saling mendukung antar pelaku dalam system komoditas. Sedangkan integrasi horizontal akan terjadi apabila terdapat keterkaitan yang erat antar lini komoditas pada tingkat usaha yang sama atau antar pelaku dalam suatu komoditas yang sama.

·         Sumber energy
Dalam perkembangan masa kini agribisnis tidak hanya mencakup kepada industri makanan saja karena pemanfaatan produk pertanian telah berkaitan erat dengan penyediaan energi.

·         Motivasi pelaku kegiatan
Kegiatan yang diperlukan agar pelaku utama pertanian dalam arti luas dapat meningkatkan kegairahan dan motivasi pembangunan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan maupun berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

·         System partisipan
Dalam mengembangkan program pembangunan yang perlu diutamakan adalah terciptanya peran serta aktif (partisipasi) positif dari masyarakat dalam pembangunan lewat dilakukannya komunikasi yang baik antar pelaku pertanian.

·         Natural system – man made system
Natural system mengandalkan pertanian berbasis alami dan tanpa bahan buatan. Sedangkan, man made system lebih mengandalkan bahan buatan manusia atau inovasi untuk mencapai kuantitas dan kulitas produk yang baik.


·         Pelaku bisnis
Dapat dikatakan sebagai seseorang yang melakukan kegiatan usaha atau bisnis.

·         System coordinator
Suatu system yang saling bekerjasama secara efisien untuk mencapai fungsi tertentu. Sistim ini sangat diperlukan untuk membangun usaha tani yang berkelanjutan.

·         Produk primer, skunder, tersier
Produk primer merupakan kebutuhan produk yang sangat harus terpenuhi, artinya apabila produk tersebut tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya. Produk skunder ialah produk kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer terpenuhi. Sedangkan, produk skunder yaitu produk kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

·         Siklus produksi konsumsi
Aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk konsumsi.

·         Transaksi
Suatu aktifitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, misalnya seperti menjual, membeli, membayar gaji, serta membayar berbagai macam biaya yang lainnya.
·         Value added
Aktivitas yang benar-benar memberikan keuntungan atas produk bagi konsumen dan dijadikan peningkatan harga atas produksi. (penciptaan nilai pasar oleh perusahaan).


·         Peranan teknologi
Merupakan penunjang keberhasilan produktivitas suatu usaha tani yang berbais peremajaan dan moderenisasi alat produksi.