LKS studytour ke candi borobudur

LEMBAR KERJA SISWA
ANALISIS KERUANGAN CANDI BOROBUDUR
Mata pelajaran          : Geografi
Kelas/Semester          : X/1
Standar Kompetensi : Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi.
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan pendekatan geografi.
Topik                          : Analisis keruangan objek wisata Candi Borobudur.
Tujuan Pengamatan : Siswa mampu menganalisis keruangan objek wisata Candi Borobudur.
Alat dan Bahan
1.      LKS
2.      Alat tulis
3.      Kamera
4.      Perekam suara/vidio (Smart phone)
Langkah kerja
1.      Lakukan pengamatan di lokasi Candi Borobudur mengenai tata ruang yang ada di dalam objek observasi.
2.      Catat pada LKS kondisi berbagai objek di dalam Candi Borobudur.
3.      Kumpulkan data melalui wawancara dari berbagai sumber mengenai kondisi dan peran Candiborobudur dalam bidang kebudayaan.
4.      Berdasarkan hasil pengamatan, analisislah dengan menggunakan ke tiga Pendekatan Geografi.
LEMBAR HASIL PENGAMATAN
Observasi Kondisi Objek Wisata
Lokasi pengamatan : ..............................................................................................................
Tanggal Pengamatan : ............................................................................................................
No
Kondisi Objek
Penilaian
Ket
SB
B
C
KB
SBr
A
Objek Biotik
1
·         Keadaan Flora
2
·         Keadaan Fauna
B
Nilai dan Norma
1
·         Nilai prilaku masyarakat sekitar
2
·         Nilai prilaku para wisatawan
3
·         Norma prilaku yang ada di objek observasi
4
·         Pelayanan yang di dapat
C
Objek Abiotik
1
·         kondisi tanah
2
·         Kondisi air
3
·         Kondisi udara
4
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
·         Kondisi fasilitas wisata
-          Kondisi objek wisata
-          WC
-          Tempat ibadah
-          Warung/kantin
-          Tempat duduk
-          Tempat sampah
-           
-           
-           
-           
Keterangan Penilaian :
SB : Sangat Baik; B : Baik; C : Cukup; KB : Kurang Baik; SBr : Sangat Buruk.
PEDOMAN WAWANCARA
Peran Candi Borobudur  dalam bidang Kebudayaan
Buatlah beberapa pertanyaan wawancara mengenai:
1.      Peran candi borobudur dalam melestarikan kebudayaan.
2.      Kebudayaan yang ada di Candi Borobudur.
3.      Peningkatan kawasan pariwisata di Borobudur.
4.      Daya tarik Candi Borobudur.
PEDOMAN WAWANCARA
Lokasi       : .......................................................................................................
Tanggal     : .......................................................................................................
Nama Narasumber : ..........................................................................................
Posisi/Jabatan         : ..........................................................................................
No
Pertanyaan
1
2
3
dst
Bagaimana cara melestarikan kebudayaan yang ada di dalam Candi Borobudur kepada masyarakat?
...
...
Pertanyaan setelah Observasi dan wawancara!
1.      Berdasarkan hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan objek wisata Candi Borobudur dengan menggunakan Pendekatan Keruangan!
2.      Berdasarkan hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan interaksi aktivitas alam dengan aktivitas manusia di dalam objek wisata Candi Borobudur dengan menggunakan Pendekatan Kelingkungan!

3.      Berdasarkan hasil observasi/wawancara, analisislah keadaan peranan Candi Borobudur dengan wilayah lain sebagai objek wisata dengan menggunakan Pendekatan Kompleks Kewilayahan!


diambil dari : http://aldisentrisme.blogspot.co.id/2015/10/lembar-kerja-siswa-study-tour.html