SIMULASI MENGAJAR


SIMULASI MENGAJAR…??
    Menerapkan pembelajaran tiruan dengan suatu metode, kepada teman seprofesi dengan maksud dapat mengaplikasikanya di kelas yang nyata (real class) serta melihat pengaruh positif dan negatif thd siswa dan dapat memberikan umpan balik kepada penyaji.

Manfaat Simulasi
•    Memperbaiki kualitas belajar-mengajar di kelas.
•    Meningkatkan Skill guru dalam belajar-mengajar.
•    Wadah penerapan metode mengajar sebelum ditampilkan di kelas.
•    Refleksi diri penyaji (Self-Assessment).
5 .  Menumbuhkan kepercayaan diri guru.
6 . Menjadi bahan perbaikan performance.

Merancang Simulasi Mengajar
•    Bentuklah sekelompok teman seprofesi dan bekerjalah yang kooperatif.
•    Tentukan KD yang akan ditampilkan.
•    Pilih metode yang cocok untuk mencapai KD.
•    Susun RPP , LK dan Pilih Sumber belajar yang diperlukan .
•    Tentukan Penyaji yang dipercaya.
•    Buatlah instrumen peniliaian kinerja
•    Sajikan dengan sungguh-sungguh
•    Berikan umpan balik yang konstruktif
•    Aplikasikan di kelas ,bila perlu kolaboratif.

10 KIAT MENGAJAR EFEKTIF
1 Rencanakan Metode Mengajar sebaik-baiknya.
2. Lakukan simulasi pembelajaran
3. Selipkan game-game menarik
4. Senyum yang tulus menjadi energi positif bagi siswa.
5. Jangan katakan, JANGAN, dalam PBM
6. Ciptakan suasana riang
7. Gunakan media yang mudah
8. Lontarkan kata-kata pujian,sanjungan,kekaguman dan kalimat yang positif.
9. Berikan kejutan setiap anda masuk kelas.
10. Tampillah mempesona dan meyakinkan
                                (http:// Ferdians.com)

PROSES PEMBELAJARAN
berdasarkan  PP 19 TH 2005
*    INTERAKTIF
*    INSPIRATIF
*    MENYENANGKAN(FUN)
*    MEMOTIVASI SISWA AKTIF
*    PRAKARSA
*    KREATIF
*    MANDIRI(SESUAI BAKAT,MINAT,PSIKIS DAN PSIKOLOGIS)

This is How I see technology
An ape discovers a tool
The tool gives him power
He throws the tool
into the sky.
and the future
Using the tool changed everything.

LANGKAH Kegiatan Pembelajaran
•    Kegiatan Pendahuluan
•    Kegiatan Inti  Eksplorasi
                     Elaborasi
                     Konfirmasi
•    Kegiatan Penutup

PRACTICE :
Guru memberikan latihan-latihan untuk menerapkan konsep yang telah dipelajari, dengan cara :
•    Latihan Berkelompok(Collaborative Learning)
•    Latihan Individu(Individual Learning)

Latihan Masih bersifat terkontrol( Control Exercise)

RODUCTION ;
Guru meminta siswa memproduksi,menghasilkan,membuat karya seperti konsep yang dipelajari secara mandiri,tidak ada campur tangan guru ataupun teman. Harapan guru siswa menjadi pembelajar mndiri(Independent Learner).