Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat
menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan
saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak
rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD
perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa
membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Hal seperti inilah
yang harus kita hindarkan bukan ?
Untuk itulah saya akan memberikan tips kepada anda cara membuat surat lamaran kerja dan dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk dapat anda tiru sehingga bisa anda pergunakan untuk melamar kerja secepatnya.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan tips seperti di bawah ini :
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu :
Bagian pembuka
Bagian isi atau uraian
Bagian penutup
1. Bagian Pembuka
Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )
2. Isi atau Uraian
Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.
3. Penutup
Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.
Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas.
sumber : http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/11/contoh-surat-lamaran-kerja-umum-baik-benar-terbaru.html
Untuk itulah saya akan memberikan tips kepada anda cara membuat surat lamaran kerja dan dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk dapat anda tiru sehingga bisa anda pergunakan untuk melamar kerja secepatnya.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan tips seperti di bawah ini :
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu :
Bagian pembuka
Bagian isi atau uraian
Bagian penutup
1. Bagian Pembuka
Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )
2. Isi atau Uraian
Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.
3. Penutup
Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.
Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas.
sumber : http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/11/contoh-surat-lamaran-kerja-umum-baik-benar-terbaru.html