surat lamaran kerja

Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Hal seperti inilah yang harus kita hindarkan bukan ?

Untuk itulah saya akan memberikan tips kepada anda cara membuat surat lamaran kerja dan dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk dapat anda tiru sehingga bisa anda pergunakan untuk melamar kerja secepatnya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan dan memperhatikan tips seperti di bawah ini :

1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
    Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
  Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

3. Usahakan menulis manual dengan rapi
    Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.

4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
    Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan

5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
   Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda

Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu  :

    Bagian pembuka
    Bagian isi atau uraian
    Bagian penutup


1.  Bagian Pembuka

Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )

2. Isi atau Uraian

Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.

3. Penutup

Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.

Sebuah surat lamaran kerja sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya, Tetapi Anda perlu melakukan dengan baik dan benar mengikuti kaidah maupun tata cara penulisan yang tepat seperti dijelaskan di atas.

sumber :  http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2013/11/contoh-surat-lamaran-kerja-umum-baik-benar-terbaru.html