Kekeliruan :
Masih banyak siswa yang beranggapan bahwa pelaku
penting dalam pergelaran karya tari adalah penari dan pemain musik, sementara
kepanitiaan tim produksi dianggap tidak perlu oleh siswa.
Pembahasan :
Sebenarnya tidaklah mengherankan apabila masih
banyak siswa yang masih memiliki anggapan bahwa penari dan pemain musik adalah
yang dianggap yang paling penting keberadaannya dalam sebuah kegiatan pertunjukan
tari. Peran lainnya seperti penanggung jawab produksi, ketua pelaksana,
sekertaris, tim artistik, penanggung jawab latihan, seksi dokuemntasi, humas,
bidang peralatan, publikasi dan dokumentasi, dan lain sebagainya tidak terlalu
penting untuk dipikirkan. Kondisi ini dianggap wajar mengingat dasar pengalam
berkesenian siswa belum dibekali dengan ilmu pengetahuan tari yang menyeluruh
dan mendalam. Dengan begitu perlu diterangkan secara jelas terhadap siswa bahwa
dalam perkembangan dunia seni pertunjukan tari di Indonesia pada umumnya dewasa
ini, peran tim produksi memiliki andil yang sangat besar dalam menyukseskan
sebuah kegiatan pertunjukan tari. Apapun jenis pertunjukan tari yang
ditampilkan oleh para pelaku seni pertunjukan tari. Oleh karena itu, penekanan
masalah ini dianggap penting untuk disampaikan terhadap siswa sehingga siswa memiliki
kesadaran utuh tentang pentingnya komponen pendukung lain yang
mampu mebuat pertunjukan tari menjadi lebih
berhasil dan berkualitas dari segi pelaksanaannya. Selain itu, kesadaran
pengetahuan ini dianggap penting untuk dipahami oleh siswa sebagai perangkat
dasar pengetahuan mereka pada saat mempersiapkan karya tari yang akan
diciptakannya nanti. Oleh karena dalam masalah ini, akan banyak dibicarakan
tentang kegiatan dalam proses garap tari yang akan dipentaskan pada suatu
tempat tertentu dengan persiapan kepantiaan yang baik dan terprogram dengan
sistematis. Intinya, materi ini sangat penting dipahami oleh siswa dalam
merancang atau membuat konsep garap tari sesuai dengan kebutuhan pertunjukan
yang akan dikemasnya. Tahap pengayaan merupakan tahap yang dilakukan oleh siswa
atau kelompok siswa yang memiliki tingkat kompetensi yang lebih tinggi daripada
siswa atau kelompok siswa yang lain. Bagi siswa atau kelompok siswa yang memiliki
kompetensi yang lebih tinggi, guru dapat mendorong mereka untuk dapat
menentukan tema pertunjukan tari dengan gagasan-gagasan yang sesuai dengan
perkembangan usia remaja sebagai upaya untuk mengembangkan potensi secara lebih
optimal. Tugas yang diberikan oleh guru dalam tahap ini adalah siswa atau
kelompok siswa diminta untuk mencari informasi lainnya yang menyangkut tentang
masalah seni pertunjukan tari yang berkembang di Indonesia sesuai dengan jenis
dan fungsinya.