Dinamika penduduk

􀂃 Natalitas menunjukkan data jumlah bayi yang lahir
􀂃 Mortalitas menunjukkan data jumlah penduduk yang meninggal
􀂃 Imigrasi menunjukkan data jumlah penduduk yang masuk atau datang ke wilayah tersebut
􀂃 Emigrasi menunjukkan data jumlah penduduk yang meninggalkan atau keluar dari wilayah tersebut

Jawaban pertanyaan
1. terjadi perubahan jumlah penduduk setiap tahunnya, perubahan ini dapat dilihat dengan melihat jumlah bayi yang lahir dari tahun ke tahun, jumlah penduduk yang meninggal, jumlah penduduk yang masuk atau datang ke wilayah tersebut, dan jumlah penduduk yang meninggalkan atau keluar dari wilayah tersebut.
2. pada keadaan yang sesungguhnya, komposisi penduduk di suatu wilayahmselalu mengalami perubahan. Kondisi ini akan dapat menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah penduduk ataupun penurunan jumlah penduduk. Peningkatan jumlah penduduk dapat terjadi apabila jumlah bayi yang lahir dan jumlah penduduk yang datang ke wilayah tersebut jumlahnya lebih besar apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang meninggal dan jumlah penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut. Sedangkan penurunan jumlah penduduk akan terjadi apabila jumlah penduduk yang meninggal dan jumlah penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut jumlahnya lebih besar apabila dibandingkan dengan jumlah bayi yang lahir dan jumlah penduduk yang datang ke wilayah tersebut. Dapat juga jumlah penduduk di suatu wilayah dari tahun ke tahun sama. Kondisi ini dapat terjadi apabila jumlah bayi yang lahir atau jumlah penduduk yang datang ke wilayah tersebut sama dengan jumlah penduduk yang meninggal ataupun jumlah penduduk yang meninggalkan wilayah tersebut. Meskipun demikian, kondisi ini sangat jarang terjadi.
3. Pada suatu daerah selalu terjadi perubahan komposisi penduduk dari waktu ke waktu karena setiap saat di daerah tersebut selalu terjadi kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk (keluar atau masuk wilayah tersebut).

􀂃 Dinamika populasi dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi).

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX