penerapan teknologi ramah lingkungan

Pada teknologi ramah lingkungan diterapkan prinsip-prinsip antara lain:
1. Mengganti penggunakan bahan-bahan atau sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, misalnya minyak bumi dengan bahan-bahan atau sumber daya yang dapat diperbaharui misalnya sinar matahari.
2. Mengganti penggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.
3. Tidak menghasilkan emisi atau limbah yang berbahaya bagi lingkungan, seperti mobil surya yang menggunakan energi dari cahaya matahari untuk menggerakkan motor.
4. Memperhatikan keseimbangan antara lingkungan, sosial, kesehatan, dan ekonomi masyarakat. Dengan menggunakan energi matahari untuk menggerakkan motor tidak ada sisa gas buang (asap) seperti SO2, CO, CO2 sehingga lingkungan lebih bersih dan kesehatan kita pun juga tidak terganggu dengan adanya asap.
5. Memperhatikan kondisi lingkungan saat ini dan keberlangsungannya di masa depan. Gas CO2 yang dikeluarkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak dapat menyebabkan suhu bumi semakin meningkat, akibatnya es di kutub mencair sehingga be berapa pulau akan tenggelam. Mobil surya tidak menghasilkan gas CO2 sehingga akan menjaga lingkungan di masa depan.

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX