Soal air penduduk dan Alternatif Jawaban:

1. Berapa liter jumlah air minum yang kamu konsumsi dan dikonsumsi oleh anggota keluargamu lainnya selama satu hari? Hitung pula berapa jumlah air minum yang diperlukan selama satu minggu!
Jawab: Misalnya jumlah anggota keluarga siswa adalah 5 orang dan selama satu hari jumlah air minum yang dikonsumsi oleh setiap orang kurang lebih sebanyak 2 liter. Maka, jumlah air yang dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga peserta didik dalam satu hari kurang lebih sebanyak 10 liter (5 x 2 liter = 10 liter).
Dengan demikian jumlah air yang dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga peserta didik dalam satu minggu kurang lebih sebanyak 70 liter (7 hari x 10 liter = 70 liter).

2. Diantara kesepuluh temanmu, keluarga siapakah yang paling banyak dan paling sedikit mengkonsumsi air minum?
Jawab: Diantara kesepuluh teman yang mengkonsumsi air minum paling banyak adalah keluarga Beni dan paling sedikit adalah keluarga Jodi.

3. Bagaimanakah hubungan antara jumlah keluarga dengan kebutuhan air minum?
Jawab: Semakin banyak jumlah keluarga, maka semakin banyak pula jumlah air minum yang dikonsumsi. Begitu pula sebaliknya, semakin sedikit jumlah keluarga, maka semakin sedikit pula jumlah air minum yang dikonsumsi.

4. Bagaimanakah hubungan angara pertumbuhan penduduk dengan ketersediaan air bersih?
Jawab: Semakin banyak jumlah penduduk, maka akan semakin banyak pula jumlah air bersih yang dibutuhkan. Dengan demikian, apabila selalu terjadi pertumbuhan jumlah penduduk/ peningkatan jumlah penduduk, maka jumlah air bersih yang diperlukan juga semakin banyak.

5. Seandainya jumlah penduduk Indonesia adalah 250 juta dan setiap penduduk mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas dalam satu hari. Berapa liter air yang dikonsumsi oleh seluruh penduduk di Indonesia dalam waktu satu hari? (1 gelas air volumenya 200 ml)
Jawab: Jika 1 gelas air volumenya 200 ml maka 8 gelas air volumenya = 200 x 8 = 1600 ml = 1,6 liter.
Jumlah air yang dikonsumsi penduduk Indonesia dalam satu hari = 250.000.000 x 1,6 liter = 400.000.000 liter.

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX