Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Ulang Biografi

Perjalanan kehidupan umat manusia dalam berbagai peristiwa di muka bumi ini, dari zaman kuno hingga saat ini, merupakan bagian dari rangkaian sejarah dunia. Namun, perlu dipahami bahwa hanya sebagian kecil penghuni bumi ini yang memiliki kepandaian dan kemampuan untuk menentukan arah dan warna perjalanan sejarah dunia. Dengan kecemerlangan pemikirannya, para tokoh dunia tersebut dapat mengubah atau memberi bentuk baru pada kehidupan manusia. Mereka punya potensi untuk meraut lonjong bulatnya wajah dunia.

Sebagai contoh, sebut saja Martin Luther King, yang dikenal sebagai pejuang emansipasi rasial. Dengan melakukan perlawanan tanpa kekerasan, ia menentang usaha yang menempatkan orang kulit hitam sebagai “manusia kelas dua” di Amerika.
Usahanya ini telah meretas perbedaan serta mengubah Amerika dan pandangan dunia terhadap rasialisme. Adolf Hitler, yang dijuluki Sang Diktator, turut pula memberi andil dalam perjalanan sejarah dunia. Dia mengubah Jerman menjadi negara militer terkuat dan mengobarkan Perang Dunia II pada 1939. Ia bercita-cita menaklukkan dunia dan sempat menguasai sebagian besar Eropa pada masa itu.

Untuk mengetahui apa saja peran para tokoh dunia, peserta didik bisa mempelajari berbagai catatan dan rekaman sejarah dari sejumlah sumber. Pencatatan peristiwa tersebut termasuk salah satu bentuk teks cerita ulang, sementara catatan perjalanan kehidupan tokohnya disebut biografi, yang dalam buku ini disebut bentuk teks cerita ulang biografi.

Perlu dikemukakan disini bahwa dalam pembuatan cerita ulang biografi ada empat tahap pembelajaran teks yang harus kalian pahami, yaitu
 (1) pembangunan konteks,
(2) pemodelan teks cerita ulang,
(3) kerja sama membangun teks cerita ulang, dan
(4) membangun atau menyusun teks cerita ulang tersebut secara mandiri.

 Biografi ditulis oleh orang lain tentang riwayat hidup seseorang. Biografi dapat dipaparkan dalam beberapa kalimat, tetapi dapat juga diuraikan panjang lebar dalam bentuk buku. Di pihak lain, autobiografi juga berupa tulisan tentang riwayat hidup yang ditulis secara lebih mendetail oleh orang yang bersangkutan.
Sebagai tokoh terkemuka, karya dan sumbangan pemikiran mereka yang luar biasa tentu sudah mendapat pengakuan dari berbagai kalangan di dunia internasional. Siapa sajakah tokoh dunia yang kalian ketahui? Mengapa mereka disebut sebagai tokoh dunia? Apakah perannya yang luar biasa bagi kehidupan umat manusia? Untuk mengetahui riwayat hidup para tokoh tersebut, kalian bisa membaca biografi mereka.

Sumber :  Buku Bahasa Indonesia k13 kelas xi