Panduan Pembelajaran Kerajinan Fungsional dari Limbah


Informasi untuk Guru
Pada bagian awal semester dua, siswa kembali diberikan penjelasan tentang tujuan dari pembelajaran. Siswa diperkenankan memaparkan pemahamannya tentang tujuan-tujuan pembelajaran yang tertera padahalaman buku teks. Siswa juga diperkenankan untuk menanyakan kegiatan apa saja yang akan terjadi dalam pembelajaran satu semester. Kegiatan bertukar pikiran ini bertujuan agar siswa dapat mempersiapkan dirinya, baik secara mental maupun !sik, untuk menjalankan proses pembelajaran yang akan berlangsung selama satu semester.
Konsep Umum
Materi dan proses pembelajaran Prakarya dari kelas VII hingga Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI telah memberikan kesempatan siswa mengenal produk-produk kerajinan dan berkreasi dengan beragam material dan teknik untuk menghasilkan beragam jenis produk kerajinan. Pada Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII semester kedua, siswa akan lebih jauh melihat peluang pengembangan wirausaha dengan membuat keragaman produk.
Apabila pada semester pertama siswa sudah membuat produk hiasan, pada semester dua siswa akan membuat produk fungsional sebagai upaya pengembangan wirausahanya.
Limbah
Pada umumnya wirausaha kecil dan menengah hanya membuat satu jenis produk selama usahanya berdiri.
Sebuah wirausaha seharusnya terus berinovasi dalam pengembangan desain dari produkproduknya. Wirausaha yang hanya memproduksi satu jenis produk dalam jangka waktu yang lama memiliki peluang untuk mengalami penurunan penjualan. Persaingan dan perubahan selera pasar dapat menyebabkan minat pembeli terhadap produk wirausaha menurun. Inovasi produk baru dibutuhkan untuk memastikan pasar sasaran membeli produk, sehingga wirausaha dapat terus berjalan dan berkembang.

Hukum ekonomi dasar menjelaskan hubungan antara ketersediaan barang di pasar (supply) dan permintaan pembeli (demand). Ketersediaan barang yang melebihi permintaan pembeli akan menurunkan harga barang. Apabila banyak produsen memproduksi barang yang sama dan ketersediaan barang menjadi terlalu tinggi dibandingkan dengan permintaan pasar, maka harga akan menjadi sangat mudah atau barang tidak laku. Pada saat itulah diperlukan inovasi untuk pengembangan desain produk baru atau target pasar yang baru.
Pengembangan produk baru dari wirausaha kerajinan hiasan dari limbah dapat berupa pengembangan produk-produk hiasan  dengan desain baru atau pengembangan produk baru selain hiasan yaitu produk fungsional. Produk fungsional tersebut dapat terbuat dari bahan baku limbah yang sama, sehingga perolehan bahan baku, teknik, dan alat kerja tidak akan banyak berubah. Perbedaan dapat terdapat pada cara pengemasan dan promosi produk.
Produk fungsional dapat memiliki pasar yang berbeda daripada produk hiasan yang sebelumnya telah dibuat. Pasar yang berbeda menyebabkan pasar sasaran menjadi lebih luas sehingga memberikan tantangan sekaligus peluang lebih luas bagi wirausaha untuk berkembang.

Produk fungsional selalu ada dalam setiap kegiatan sehari-hari. Kegiatan manusia sangat beragam, demikian juga produk fungsional yang dibutuhkan untuk membantu kegiatan tersebut. Kegiatan manusia pun berkembang, sehingga kebutuhan akan produk fungsional baru akan selalu ada. Produk fungsional yang sederhana dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan limbah.
Tugas Individu 1
Amati lingkungan sekitar, lihat buku, majalah, dan internet, perhatikan keragaman produk yang ada. Adakah penggunaan limbah untuk produk selain hiasan? Apa fungsi dari produk tersebut? Apakah produk tersebut berfungsi dengan baik? Tempelkan potongan gambar atau gambarkan produk fungsional itu pada selembar kertas, dan tuliskan fungsi dari produk tersebut, paparkan bagaimana cara kerja atau cara menggunakan produk tersebut, dan apa yang masih dapat dikembangkan dari produk tersebut. Tuliskan hasil pengamatanmu dan kemukakan pendapatmu di depan kelas.

Produk fungsional selalu berhubungan dengan kegiatan dan cara penggunaan. Pemahaman tentang kegiatan dan cara menggunaan merupakan hal yang penting dalam perancangan produk fungsional.
Suatu produk pada umumnya memiliki fungsi dan mengandung unsur estetika. Produk fungsional juga memiliki nilai estetika. Produk yang berhubungan gaya hidup (lifestyle) dan fashion pada umumnya memiliki nilai estetik yang lebih tinggi daripada produk yang tidak berhubungan dengan gaya hidup. Produk fungsional seperti alat pertanian pada tidak memiliki nilai estetik lebih tinggi daripada tas yang menjadi bagian dari produk fashion.
Bahan produk fungsional dapat dibagi menjadi bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama adalah material limbah sebagai bahan utama produk fungsional. Bahan pendukung adalah bahan yang digunakan agar produk lebih nyaman digunakan. Pada produk tas dari bahan limbah dapat digunakan tali dan retsleting, agar lebih nyaman dan lebih mudah digunakan.