Kejujuran Seorang Penggembala Domba

Ibnu Umar melewati seorang budak yang sedang menggembala domba di gurun. Umar berkata untuk mengujinya, ”Hai, juallah kepada kami dombadomba itu!” Penggembala domba itu berkata, “Saya bekerja kepada seseorang dan saya diamanahkan untuk menjaga domba-domba ini.”
Kemudian Ibnu Umar berkata untuk menguji keimananannya, “Beritahu saja pemiliknya bahwa segerombolan serigala telah memakannya.”
Penggembala domba yang hatinya dipenuhi oleh perasaan takut kepada Allah itu berkata,
“Apa yang akan saya katakan kepada Allah?”, “Apa yang akan saya katakan kepada Allah jika saya memberitahu pemilik domba ini bahwa segerombolan serigala telah memakannya?”,
“Jadi apa yang akan saya katakan kepada Allah?”, “Apa yang akan saya katakan ketika anggota tubuh saya kelak yang berbicara?”.
Kemudian Ibnu Umar menangis, dan mengutus seseorang untuk membayar dan memerdekakannya dari statusnya sebagai budak.

Sumber : buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti k 13 kelas IX