Perencanaan Wirausaha

a. Pemetaan dan Pemanfaatan Peluang Usaha
Pemetaan peluang usaha dilakukan untuk menemukan peluang usaha dan potensi yang bisa dimanfaatkan, serta untuk mengetahui seberapa besar potensi usaha yang ada dan berapa lama suatu usaha dapat bertahan. Wirausaha yang kreatif adalah wirausaha yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan disekitarnya, yang tidak pernah melewatkan waktunya dengan sia-sia. Orang yang kreatif tidak akan ikut dalam deretan panjang pencari kerja, karena dia sendiri yang akan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan bahkan orang lain.

b. Analisis SWOT
Globalisasi merupakan proses yang melintasi batas negara dimana antar individu, antarkelompok dan antar negara saling berinteraksi, bergabung, terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Dampak globalisasi ekonomi pada kondisi saat ini baik itu positif maupun negatif sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dan diharapkan adanya kolaborasi bersama antara industri, pemerintah, elemen masyarakat yang membawa manfaat bagi masyarakat banyak.
Dampak positif dari globalisasi antara lain munculnya kreavi!tas dan daya saing, adanya dorongan untuk tetap eksis di tengah persaingan global yang pada gilirannya dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas di dalam negeri. Hal ini berakibat semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dan diharapkan tumbuhnya kreati!tas dan peningkatan kualitas produksi. Ber!kir menjadi wirausaha dan memanfaatkan peluang usaha yang dimiliki, merupakan bagian integral proses globalisasi dan masuk dalam sistem ekonomi.
Pembentukan jiwa kewirausahaan yaitu jiwa yang pantang menyerah dan penuh kreativitas menjadi penunjang untuk bertumbuhnya ekonomi Indonesia. Namun di sisi lain jika kemampuan daya saing rendah, tidak mampu mengelola persaingan akan menimbulkan mimpi buruk dan berdampak negatif dengan indikasi membanjirnya produkproduk luar negeri dan semakin terbatas lowongan pekerjaan karena adanya gelombang pekerja asing untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan skill, sementara di sisi lain menjadi tenaga kasar yang bergaji murah karena rendahnya daya saing dan kemampuan.
Analisa SWOT adalah suatu analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal wirausaha/perusahaan, dimana analisa internal lebih menitikberatkan pada Kekuatan (Strenght) dan Kelemahan (Weakness), sedangkan analisa eksternal untuk menggali dan mengidenti!kasi semua gejala peluang (Opportunity) yang ada dan yang akan datang serta ancaman (Threat) dari adanya/kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing.

Proposal Usaha
Proposal usaha karya rekayasa elektronika praktis disusun berdasarkan :
1) Deskripsi Perusahaan
- Deskripsi umum
- Riwayat dan dokumen
- Visi, misi dan tujuan
- Jenis usaha
- Produk yang dihasilkan
2) Pasar dan pemasaran
- Gambaran lingkungan usaha
- Kondisi pasar : pasar sasaran, peluang pasar, estimasi pangsa pasar
- Rencana pengemasan : penetapan harga, strategi pemasaran, estimasi penjualan
3) Aspek produksi
- Analisa lokasi usaha
- Fasilitas dan peralatan produksi
- Kebutuhan bahan baku
- Kebutuhan tenaga kerja
- Proses produksi
- Kapasitas produksi
- Struktur biaya produksi
4) Aspek Keuangan
- Tahapan pelaksanaan
- Biaya prainvestasi
- Biaya investasi
- Biaya pemasaran, administrasi dan umum
- Sumber pembiayaan dan penggunaan dana
- Proyeksi rugi laba
- Proyeksi aliran kas
- Analisis manfaat !nansial usaha