Soal rangkaian listrik dan alternatif jawaban

1. Bandingkan hasil pengamatan besarnya kuat arus dengan jumlah buah yang digunakan. Bagaimanakah hubungan besarnya kuat arus dengan jumlah buah?
Jawab: Semakin banyak jumlah buah, maka arus listrik yang terukur pada amper meter akan semakin besar.

2. Bandingkan hasil pengamatan nyala lampu dengan jumlah buah yang digunakan. Bagaimanakah hubungan nyala lampu dengan jumlah buah?
Jawab: Semakin banyak jumlah buah yang dirangkai, maka nyala lampu juga akan semakin terang, hal ini dikarenakan kuat arusnya yang semakin besar.

3. Mengapa buah dapat digunakan untuk menyalakan lampu?
Jawab: Karena buah merupakan elektrolit yang baik, sehingga dapat mengionkan paku besi dan seng yang ditancapkan pada buah.

4. Apa fungsi pemberian lempeng seng dan paku besi pada percobaan baterai buah ini?
Jawab: Lempeng seng berperan sebagai kutub negatif baterai dan paku besi berperan sebagai kutub positif baterai. Perbedaan potensial kedua muat an pada masing-masing kutub baterai inilah yang memicu timbulnya arus yang mengalir pada rangkaian baterai buah.

Jelaskan apa perbedaan dari rangkaian listrik tertutup dan terbuka?
Jawab: Rangkaian listrik tertutup adalah rangkaian listrik dengan semua ujung kabel tersambung dengan baik pada lampu dan sumber arus (baterai). Pada rangkaian tertutup arus listrik dapat mengalir dengan baik sehingga dapat menyalakan lampu.

Sumber : buku Ilmu Pengetahuan Alam k 13 kelas IX