Sumber Belajar Bahasa Inggris

􀂇􀀃 Sumber belajar adalah semua (orang, bahan, data, pesan) yang berada di lingkungan sekitar peserta didik yang berfungsi mengoptimalkan proses dan hasil belajar untuk mencapai kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) yang telah ditentukan.
􀂇􀀃 Orang-orang yang dapat menjadi sumber belajar bahasa Inggris antara lain guru Bahasa Inggris, guru lain, orang tua, kerabat, dan siapa saja di lingkungan peserta didik yang memiliki penguasaan bahasa Inggris yang baik, termasuk peserta didik lain. Dari orang-orang tersebut banyak yang dapat dipelajari peserta didik, misalnya cara  embacakan
cerita, cara menyanyikan lagu, cara membuat surat, cara pengucapan, cara penulisan kata, penggunaan ungkapan, penggunaan sikap, dan sebagainya. Pada zaman dulu, guru dianggap sebagai sumber belajar utama, namun seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru tidak dapat lagi dianggap sebagai sumber belajar utama. Namun demikian guru masih tetap diharapkan sebagai sumber belajar yang sangat penting bagi peserta didik untuk belajar bahasa Inggris dalam berbagai aspeknya.
􀂇􀀃 Lingkungan sekitar peserta didik, di rumah, di kelas, di sekolah, di kampung, di kota, dan seterusnya. tidak jarang menjadi sumber berbagai benda, tayangan, dan kegiatan dalam bahasa Inggris, lisan maupun tulis, yang diperlukan peserta didik untuk mempelajari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang disebutkan dalam KI dan KD.
􀂇􀀃 Teknologi informasi dan komunikasi, terutama dengan internet (Google, dll
Sumber : Buku K13  Bahasa Inggris  kelas IX