Keutamaan sholawat atas dizkir yang lain

*SHALAWAT*

اللهم صل على سيدنا محمد و على آل سيدنا محمد

*Allaahumma Shalli' alaa sayyidinaa Muhammadin wa ' alaa aali sayyidinaa Muhammad.*

⭐ *Imam Muhammad Ibn Ahmad al-Ramliy* pernah ditanya:
ﻫَﻞْ ﺍﻟْﺄَﻓْﻀَﻞُ ﺍﻟِﺎﺷْﺘِﻐَﺎﻝُ ﺑِﺎﻟِﺎﺳْﺘِﻐْﻔَﺎﺭِ ﺃَﻡْ ﺑِﺎﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻭْ ﻳُﻔَﺮَّﻕُ ﺑَﻴْﻦَ ﻣَﻦْ
ﻏَﻠَﺒَﺖْ ﻃَﺎﻋَﺎﺗُﻪُ ﻓَﺎﻟﺼَّﻠَﺎﺓُ ﻟَﻪُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﺃَﻡْ ﻣَﻌَﺎﺻِﻴﻪِ ﻓَﺎﻟِﺎﺳْﺘِﻐْﻔَﺎﺭُ ﻟَﻪُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ؟ ) ﻓَﺄَﺟَﺎﺏَ ( ﺑِﺄَﻥَّ ﺍﻟِﺎﺷْﺘِﻐَﺎﻝَ ﺑِﺎﻟﺼَّﻠَﺎﺓِ
ﻭَﺍﻟﺴَّﻠَﺎﻡِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺍﻟِﺎﺷْﺘِﻐَﺎﻝِ ﺑِﺎﻟِﺎﺳْﺘِﻐْﻔَﺎﺭِ ﻣُﻄْﻠَﻘًﺎ .
Artinya: ”Lebih afdhal mana antara menyibukan diri membaca istighfar dengan membaca shalawat kepada Nabi? Atau jawabannya dikondisikan bagi orang yang banyak perbuatan taatnya, maka menyibukan membaca shalawat lebih utama dan orang yang banyak perbuatan ma’shiatnya, maka menyibukan diri membaca istighfar lebih utama? Kemudian *Imam al-Ramliy* menjawab bahwa menyibukan diri dengan membaca shalawat kepada Nabi lebih utama dari pada menyibukan diri membaca istighfar secara mutlak.”

⭐ *Sayyidina Abu Bakar R.A.* berkata:
ﺍَﻟﺼَّﻼَﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺃَﻣْﺤَﻖُ ﻟِﻠﺬُّﻧُﻮْﺏِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤَﺎﺀِ ﺍﻟْﺒَﺎﺭِﺩِ ﻟِﻠﻨَّﺎﺭِ . ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﻋِﺘْﻖِ ﺍﻟﺮِّﻗَﺎﺏِ . ﻭَﺣُﺐُّ
ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺿَﺮْﺏِ ﺍﻟﺴَّﻴْﻒِ ﻓِﻲ ﺳَﺒِﻴْﻞِ ﺍﻟﻠﻪِ .
Artinya: ”Membaca shalawat kepada Nabi paling dahsyat untuk memusnahkan dosa-dosa, lebih hebat dari pada air dingin memadamkan api. Membaca salam kepada Nabi lebih utama dari pada membebaskan budak. Cinta kepada Nabi lebih utama dari melakukan jihad dengan pedang di jalan *Allah*.”

⭐ *Imam Ahmad Ibn Muhammad al-Qusthullaniy* mengatakan:
ﺍِﺫَﺍ ﺻَﻌُﺐَ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﺍﻟْﻤَﺮَﺍﻡُ , ﻓَﻌَﻠَﻴْﻚَ ﺑِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻭَﺍﻟﺴَّﻼَﻡِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤُﻈَﻠَّﻞِ ﺑِﺎﻟْﻐَﻤَﺎﻡِ .
Artinya: ”Apabila dirimu sulit mencapai cita-cita, maka lazimkanlah olehmu dengan memperbanyak shalawat dan salam kepada *Nabi Muhammad* yakni manusia yang selalu dinaungi oleh awan.”

⭐ *Imam Abdullah Ibn Ahmad Basaudan* mengutip perkataan *Imam Ahmad Ibn Muhammad Athaillah al-Sakandariy* dalam kitab beliau *Tajul Arus al-Hawiy Li Tahdzib al-Nufus* :
ﻟَﻮْ ﻓَﻌَﻠْﺖَ ﻓِﻲ ﻋُﻤْﺮِﻙَ ﻛُﻞَّ ﻃَﺎﻋَﺔٍ ﺛُﻢَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﺻَﻼَﺓً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﺭَﺟَﺤَﺖْ ﺗِﻠْﻚَ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓُ ﺍﻟْﻮَﺍﺣِﺪَﺓُ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻣَﺎ
ﻋَﻤِﻠْﺖَ ﻓِﻲ ﻋُﻤْﺮِﻙَ ﻛُﻠِّﻪِ ﻣِﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﺍﻟﻄَّﺎﻋَﺎﺕِ ِﻷَﻧَّﻚَ ﺗَﻔْﻌَﻞُ ﻋَﻠَﻰ ﻗَﺪْﺭِ ﻭُﺳْﻌِﻚَ ﻭَﻫُﻮَ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﺣَﺴَﺐِ
ﺭُﺑُﻮْﺑِﻴَّﺘِﻪِ . ﻫَﺬَﺍ ﺍِﺫَﺍ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺻَﻼَﺓٌ ﻭَﺍﺣِﺪَﺓٌ ﻓَﻜَﻴْﻒَ ﺍِﺫَﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺑِﻜُﻞِّ ﺻَﻼَﺓٍ ﻛَﻤَﺎ ﺟَﺎﺀَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ
ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢِ ﻓَﻤَﺎ ﺃَﺣْﺴَﻦَ ﺍﻟْﻌَﻴْﺶَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﻃَﻌْﺖَ ﺍﻟﻠﻪَ ﻓِﻴْﻪِ ﺑِﺬِﻛْﺮِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺃَﻭِ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ
ﻭَﺳَﻠَّﻢَ .
Artinya: ”Seandainya engkau melakukan segala perbutan taat sepanjang umurmu, kemudian *Allah* memberikan satu shalawat, maka satu shalawat tersebut akan mengungguli setiap bentuk perbuatan taat yang engkau lakukan sepanjang umurmu. Sesungguhnya engkau melakukan ketaatan sesuai dengan kemampuanmu, sedangkan *Allah* memberikan salawat kepadamu sesuai dengan kedudukannya sebagai Tuhan. Hal ini merupakan keutamaan satu shalawat yang *Allah* berikan, maka bagaimana apabila *Allah* memberikan balasan dengan 10 shalawat bagi setiap shalawatmu. Sebagaimana datang keterangannya dalam hadits Shahih. Alangkah indahnya kehidupan, apabila engkau menjadi orang yang taat kepada *Allah* dengan selalu berdzikir dan bershalawat kepada *Nabi Muhammad*.”

*Imam al-Dailamiy dalam Musnad al-Firdaus* meriwayatkan dari *Sayyidina Anas Ibn Malik*, *Imam Al-Baihaqi* meriwayatkan dalam kitab Syu’ab al-Iman dari *Sayyidina 'Ali*:
ﻛُﻞُّ ﺩُﻋَﺎﺀٍ ﻣَﺤْﺠُﻮْﺏٌ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺼَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ
Artinya: ”Setiap Doa itu akan terhalang untuk diijabah sehingga dibacakan shalawat kepada *Nabi Muhammad Shallallaahu' alaihi wa sallam*.”

اللهم صل على سيدنا محمد و على آل سيدنا محمد