Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah termasuk salah satu sifat orang yang beriman, hal ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim terutama dalam hal-hal yang memang perlu dimusyawarahkan.”
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah termasuk salah satu sifat orang yang beriman.”
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah perlu dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim terutama dalam hal-hal yang memang perlu dimusyawarahkan".
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah perlu dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim.”
Jika peserta didik menjawab:
1) bersikap lemah lembut;
2) menghargai pendapat orang lain;
3) berlapang dada untuk saling memaafkan;
4) memohonkan ampun untuk saudara-saudara yang bersalah;
5) menerima keputusan bersama dengan ikhlas;
6) melaksanakan keputusan-keputusan musyawarah dengan tawakal;
7) senantiasa bermusyawarah tentang hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat/bersama;
8) menolak segala bentuk diskriminasi atas nama apapun;
9) berperan aktif dalam bidang politik sebagai bentuk partisipasi dalam membangun bangsa.”
ika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri. Nilai islami bukanlah sesuatu yang berasal dari kaum muslimin saja (dari dalam), tetapi semua nilai yang mengandung kebaikan dan kemaslahatan, baik dari Barat maupun Timur, karena islam tidak mengenal Barat dan Timur (diskriminasi), justru sikap Islam terhadap hal-hal baru yang baik adalah “akomodatif.”
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri. Nilai islami bukanlah sesuatu yang berasal dari kaum muslimin saja (dari dalam), tetapi semua nilai yang mengandung kebaikan dan kemaslahatan.’
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri.”
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi.”
Jika peserta didik menjawab: “Menurut Al-Qardhawi, substansi demokrasi sejalan dengan Islam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal. Misalnya:
a) Dalam demokrasi proses pemilihan melibatkan banyak orang untuk mengangkat seorang kandidat yang berhak memimpin dan mengurus keadaan mereka;
b) Usaha setiap rakyat untuk meluruskan penguasa yang tiran juga sejalan dengan Islam;
c) Pemilihan umum termasuk jenis pemberian saksi yang juga sejalan dengan Islam;
d) .Penetapan hukum yang berdasarkan suara mayoritas juga tidak bertentangan dengan prinsip Islam;
e) Juga kebebasan pers dan kebebasan mengeluarkan pendapat, serta otoritas pengadilan merupakan sejumlah hal dalam demokrasi yang sejalan dengan Islam.
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah termasuk salah satu sifat orang yang beriman.”
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah perlu dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim terutama dalam hal-hal yang memang perlu dimusyawarahkan".
Jika peserta didik menjawab: “karena musyawarah perlu dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim.”
Jika peserta didik menjawab:
1) bersikap lemah lembut;
2) menghargai pendapat orang lain;
3) berlapang dada untuk saling memaafkan;
4) memohonkan ampun untuk saudara-saudara yang bersalah;
5) menerima keputusan bersama dengan ikhlas;
6) melaksanakan keputusan-keputusan musyawarah dengan tawakal;
7) senantiasa bermusyawarah tentang hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat/bersama;
8) menolak segala bentuk diskriminasi atas nama apapun;
9) berperan aktif dalam bidang politik sebagai bentuk partisipasi dalam membangun bangsa.”
ika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri. Nilai islami bukanlah sesuatu yang berasal dari kaum muslimin saja (dari dalam), tetapi semua nilai yang mengandung kebaikan dan kemaslahatan, baik dari Barat maupun Timur, karena islam tidak mengenal Barat dan Timur (diskriminasi), justru sikap Islam terhadap hal-hal baru yang baik adalah “akomodatif.”
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri. Nilai islami bukanlah sesuatu yang berasal dari kaum muslimin saja (dari dalam), tetapi semua nilai yang mengandung kebaikan dan kemaslahatan.’
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi. Pada sisi lain, nilai-nilai luhur yang diusung oleh konsep demokrasi adalah nilai-nilai yang sejalan dengan visi islam itu sendiri.”
Jika peserta didik menjawab: “Di satu sisi, syμr± merupakan bagian dari proses berdemokrasi. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang diusung demokrasi.”
Jika peserta didik menjawab: “Menurut Al-Qardhawi, substansi demokrasi sejalan dengan Islam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal. Misalnya:
a) Dalam demokrasi proses pemilihan melibatkan banyak orang untuk mengangkat seorang kandidat yang berhak memimpin dan mengurus keadaan mereka;
b) Usaha setiap rakyat untuk meluruskan penguasa yang tiran juga sejalan dengan Islam;
c) Pemilihan umum termasuk jenis pemberian saksi yang juga sejalan dengan Islam;
d) .Penetapan hukum yang berdasarkan suara mayoritas juga tidak bertentangan dengan prinsip Islam;
e) Juga kebebasan pers dan kebebasan mengeluarkan pendapat, serta otoritas pengadilan merupakan sejumlah hal dalam demokrasi yang sejalan dengan Islam.