Hukum menelan dahak ketika puasa

*MENELAN DAHAK*

  ketika di luar bulan romadlon, *dahak* seakan akan tidak ada, kecuali jika sedang terkena influenza.

Disini ada dua masalah, yaitu hukum menelan dahak ketika sholat dan ketika puasa.

Menelan dahak bagi yang puasa  adalah mem *BATAL* kan Jika telah mencapai batas luar tenggorokan (makhrojnya huruf Kho').

*Jika masih di batas dalam tenggorokan*, *maka boleh dan* *tidak membatalkan puasa*. Dalam kifayatul akhyar :

وَلَوْ نَزَلَتْ نُخَامَةٌ مِنْ رَأْسِهِ وَصَارَتْ فَوْقَ الْحُلْقُوْمِ نُظِرَ إِنْ لَمْ يَقْدِرْ عَلَى إِخْرَاجِهَا ثُمَّ نَزَلَتْ إِلَى الْجَوْفِ لَمْ يُفْطِرْ وَإِنْ قَدَرَ عَلَى إِخْرَاجِهَا وَتَرَكَهَا حَتَّى نَزَلَتْ بِنَفْسِهَا أَفْطَرَ أَيْضًا لِتَقْصِيْرِهِ اهـ

Perlu diketahui
setiap perkara yang membatalkan puasa itu juga membatalkan shalat kecuali makan yang banyak yang terjadi dalam keadaan lupa itu dapat membatalkan shalat bukan puasa.
Dalam kasyifatus saja disebutkan :
والحاصل أن كل ما أبطل الصلاة إلا الأكل الكثير فيبطلها دونه . . . الخ

*Maka Menelan dahak saat sholat dapat MemBatalkan karena termasuk pembatal puasa*

Lebih jelasnya
Menelan dahak saat sholat dapat MemBatalkan sholat, jika dahak sdh berada di batas dzohir (makhroj huruf "KHO") dan bisa untuk dikeluarkan / diludahkan.

*Jika belum pada batas tsb maka Tidak batal sholatnya*, *terlebih jika ia tidak mampu mengeluarkannya*.

Dalam I'anatu Al-Tholibin :

، فلو ابتلع نخامة نزلت من رأسه لحد الظاهر من فمه، أو ريقا متنجسا بنحو دم لثته، وإن ابيض، أو متغيرا بحمرة نحو تنبل، بطلت. أما الاكل القليل عرفا - ولا يتقيد بنحو سمسمة - من ناس، أو جاهل معذور، ومن مغلوب، كأن نزلت نخامته لحد الظاهر وعجز عن مجها، أو جرى ريقه بطعام بين أسنانه وقد عجز عن تمييزه ومجه، فلا يضر للعذر

Maka harus dikeluarkan dahaknya, Kan dahak itu suci. Sebagaimana hadits

tidaklah Nabi saw berdahak, kecuali dahaknya tersebut akan ditampung oleh para Sahabat, mereka mengusap dahak Nabi tersebut di wajah dan kulitnya.

. وَمَا تَنَخَّمَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – نُخَامَةً إِلاَّ وَقَعَتْ فِى كَفِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ فَدَلَكَ بِهَا وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ

Hadits ini memberikan faedah kesucian ludah dan dahak, Al Hafidz Ibnu Hajar dalam “Fathul bari” berkata :

وَالْغَرَضُ مِنْ هَذَا الِاسْتِدْلَالُ عَلَى طَهَارَة الرِّيق وَنَحْوِهِ

“tujuan dari membawakan hadits ini adalah untuk berdalil atas kesucian air liur dan semisalnya,

قد أمر النبى المصلى أن يبزق عن يساره أو تحت قدمه، ويبزق – صلى الله عليه وسلم – فى طرف ردائه، ثم رد بعضه على بعض وقال: أو تفعل هكذا – .

Nabi saw telah memerintahkan bagi orang yang sholat untuk berludah di sebelah kirinya atau dibawah kakinya. Nabi sholallahu alaihi wa salam pernah berdahak lalu meletakkanya di salah satu ujung ridha'nya, kemudianya digosok-gosookan dan beliau bersabda : ‘lakukan seperti itu’.

selamat menjalankan ibadah puasa.
Wallahu A'lam