21. 1. Paru
2. Tenggorokan
3 Pangkal Tenggorokan
4.Rongga Hidung
5 Pangkal Tenggorokan
Dari penyajian di atas mana yang termasuk Saluran udara dan bertindak sebagai pembentukkan suara?
A 1
B 2
C 5
D 4
E 3
22. Sinyal suara memasuki saluran telinga dan variasi tekanan yang dihasilkan menekan gendang telinga, merupakan ….
A getaran suara yang masuk ke membran
B getaran suara yang masuk ke martil
C sinyal suara yang masuk ke incus
D sinyal suara yang masuk ke stapes
E proses pendengaran pada telinga manusia
23. Dalam naskah Sangkuriang karya Utuy Tatang Sontani terdapat tokoh Sangkuriang dan Dayang Sumbi sebagai tokoh utama, diceritakan tokoh Sangkuriang jatuh cinta pada Dayang Sumbi, namun Dayang Sumbi menolak cinta dari Sangkuriang dengan alasan mereka mempunyai hubungan sebagai....
A sepasang kekasih
B ibu dan anak
C sahabat
D ayah dan anak
E adik dan kakak
24. Berikut merupakan langkah-langkah pemeranan dalam produksi teater yang benar adalah ....
A memilih naskah, mempelajari naskah, menentukan pemain, mengevaluasi, melatih, mementaskan
B memilih naskah, mempelajari naskah, menentukan pemain, melatih, mementasakan, mengevaluasi
C mempelajari naskah, memilih naskah, melatih, menentukan pemain, mengevaluasi, mementaskan
D mengevaluasi, memilih naskah, melatih, mempelajari naskah, mementaskan, menentukan pemain
E menentukan pemain, memilih naskah, mementaskan, mempelajari naskah, melatih, mengevaluasi
25. Memberikan suasana baru, memberikan gambaran tentang karakter yang dimainkan atau perubahan suasana adegan yang dimainkan termasuk ke dalam teknik ....
A muncul
B memberi isi
C penonjolan
D pengembangan
E mencipta peran
26. Panjang atau pendek, keras atau lemah, tinggi rendahnya dialog serta variasi gerak sehubungan dengan timing, penonjolan bagian, pemberian isi, progresi dan pemberian variasi pentas dengan menggunakan teknik ….
A irama
B tempo permainan
C timing
D muncul
E penonjolan
27. Melakukan kegiatan acting, atau melontarkan dialog berkali-kali untuk membuat suatu penegasan pada pemeranan adalah tujuan pemeranan yang termasuk kedalam teknik ....
A tempo permainan
B timing
C muncul
D pengulangan
E irama
28. Pemenggalan kalimat dengan maksud untuk memberi tekanan pada kata dan berfungsi untuk memunculkan rasa ingin tahu lawan bicara, maupun penonton termasuk ke dalam teknik ....
A memberi isi
B muncul
C irama
D tempo permainan
E jeda
29. Merupakan tokoh yang berada atau memiliki hubungan kepentingan dengan protagonis. Tokoh ini sering digambarkan sebagai teman atau pendamping tokoh utama adalah ….
A antagonis
B tritagonis
C deutargonis
D utility
E foil
30. Rukmana adalah orang tua dari Ratna. Agus adalah anak dari teman atau tetangga Rukmana. Agus dan Rukmana sering bertengkar karena persoalan status ekonomi dan kepemilikan harta benda. Pun demikian dengan Agus dan Ratna, mereka sering bertengkar karena soal-soal sepele. Namu di balik itu semua, Agus menyimpan rasa dengan Ratna demikian juga sebaliknya. Untuk itulah Agus berbaik hati dan percaya pada Rukmana. Di sisi lain, sebenci apapun Rukmana dengan Agus, ia tetap saja mengharap Agus menjadi bagian dari keluarganya karena Agus berasal dari keluarga yang kaya.
Dari kondisi ini Rukmana adalah tokoh ....
A antagonis
B utility
C tritagonis
D foil
E raisoner
31. Langkah –langkah pemeranan dalam produksi pementasan teater adalah ....
A menentukan pemain, memilih naskah, mempelajari naskah melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
B memilih naskah,mempelajari naskah,menentukan pemain,melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
C mempelajari naskah ,memilih naskah, menentukan pemain,melatih pemain,mementaskan,mengevaluasi
D mengevaluasi,memilih naskah, menentukan pemain,melatih pemain, mempelajari naskah ,mementaskan
E melatih pemain,memilih naskah, mempelajari naskah,menentukan pemain, mengevaluasi ,mementaskan
32. Roleplay jenis ini dilakukan dengan memainkan cerita yang sudah disusun dan sudah disepakati oleh pemain lain. Cerita yang disusun hanya kerangka cerita dan peran yang ada dalam cerita, ini merukan ciri dari improvisasi berbasis ....
A tubuh
B kata-kata
C alat
D teks
E mini kata
33. Cerita bertema mitologi atau kehidupan sehari-hari. Tata busana dan dekorasi yang dipergunakan sangat inovatif. Pelaksanaan bentuk teater diatur oleh kerajaan maupun universitas. Menggunakan panggung proscenium yaitu bentuk panggung yang memisahkan area pementasan dengan penonton. Ini merupakan ciri teater pada zaman ....
A yunani
B romawi
C renaisannce
D elizabethan
E abad pertengan
34. Teknik memberi hidup dengan cara memperlihatkan emosi dan pikiran di balik kalimat-kalimat yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan. Teknik ini menggunakan pengucapan ,gerak anggota badan, dan mimik. Termasuk di dalamnya adalah teknik memberi dinamik, nada, dan tempo, disebut ....
A jeda
B timing
C memberi isi
D irama
E muncul
35. Nana memarahi dan memukul Kiki, dengan cepat Kiki memegang salah satu bagian tubuh Nana yang terkena pukulan dan merasa kesakitan hingga menangis.
Dari cerita diatas memperlihatkan adanya kerja ....
A imajinatif
B perspektif
C konflik
D nalar
E aksi reaksi
36. Menekankan pada pengembangan suasana cerita, perasaan dan pikiran, merupakan salah satu teknik ... dalam pemeranan.
A improvisasi
B kata-kata
C penonjolan
D imajinasi
E pengembangan
37. Aktor tidak mempunyai naskah, tidak mempunyai sutradara. Ia benar-benar sendiri, bahkan si aktor tidak mempunyai persiapan apapun, satu-satunya yang ia miliki hanyalah persiapan mental. Karena ia berimprovisasi sendirian tanpa pasangan, maka disebut teknik improvisasi ....
A solo
B pasangan
C handproperty
D kerangka cerita
E menanggapi bunyi
38. KENT : .......... tapi ada sifat tuan yang saya inginkan sebagai majikan saya
LEAR : yaitu?
KENT : Kewibawaan
GONERILL : Juga pada saatnya yang paling baik dan sehat ia suka naik darah; mudah dimengerti, dalam usia lanjut ini tak hanya ada cacat-cacat yang lama berakar, tapi ia juga keras kepala. Kekerasan dan kemarahan.
Potongan dialog tersebut diatas menunjukkan dimensi tokoh Raja Lear secara ….
A psikologis
B fisiologis
C sosiologis
D filosofis
E histori
39. Berikut ini yang bukan konsep teks roleplay dalam hubungannya dengan kebutuhan peran adalah ….
A. pola permainan roleplay dilakukan dengan cara spontan
B. memahami kerangka cerita yang dimainkan
C. pemeran bebas memainkan peran dalam situasi tertentu sesuai hasil imajinasinya
D. seorang pemeran harus menguasai teknik pemeranan
E. calon pemeran harus membuang rasa tidak percaya diri dan mau tampil didepan umum
40. Penulis naskah pada jaman Yunani Kuno dengan karya terkenalnya Lysistrata adalah ....
A Aeschylus
B Euripides
C William Shakespeare
D Aristophanes
E Anton Chekov
kunci jawaban
29. C
30. C
31. B
32. B
33. C
34. C
35. E
36. E