Cerai talak/ cerai gugat/ ta’lik talak.

    Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 227 :

وإن عزموا الطلاق فإن الله سميع عليم
Dan jika mereka ber’azam (bertetap hati untuk) talak, maka sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 229 :

الطلاق مرتان فإمساك بمعروف أو تسريح بإحسان
Talak (yang dapat dirujuk) itu dua kali, setelah itu boleh rujuk lagi atau menceraikan dengan cara yang baik.

    Al Qur’an Surat An Nisa ayat 130 :

وإن يتفرقا يغن الله كلا من سعته وكان الله واسعا حكيما
Jika keduanya bercerai maka Allah akan memberi kecukupan kepada masing-masingnya dari limpahan karunianya. Dan adalah Allah Maha Luas (karunia Nya) lagi Maha Bijaksana.
§ Al-Qur’an surat An Nisa’ ayat 34 :
فإن أطعنكم فلا تبغوا عليهن سبيلا إن الله كان عليا كبيرا
Maka jika isteri-isteri itu telah taat kepadamu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan kesalahan mereka, sesungguhnya Allah Maha Tinggi dan Maha Besar

    Sabda Rasulullah dalam Kitab Al Bajuri Juz II halaman 145 :

الطلاق بالرجل والعدة بالنساء
Talak itu di tangan laki-laki (suami) dan ‘iddah itu di pihak perempuan.

    Kitab Ath Thalaq minasy Syariatil Islamiyah wal Qanun, halaman 40:

إن سببه الحاجة إلى الخلاص عند تباين الأخلاق وعروض البغضاء الموجبة عدم إقامة حدود الله
Sesungguhnya sebab diperbolehkannya melakukan perceraian adalah adanya kehendak untuk melepaskan ikatan perkawinan ketika terjadi pertengkaran akhlaq dan timbulnya rasa benci antara suami isteri yang mengakibatkan tidak adanya kesanggupan untuk menegakkan hukum Allah.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 208 :

…… وإنما كان حراما لأنه ضرر بنفس الزوج وضرر بزوجته وإعدام للمصلحة الحاصلة لهما من غير حجة إليه
……… Talak itu hukumnya haram, jika akan mendatangkan madlarat bagi suami sendiri dan madlarat bagi isterinya, karena akan meniadakan kemaslahatan yang dihasilkan bagi keduanya, tanpa adanya kebutuhan yang mendesak terhadap talak itu.

    Kitab I’anatut Thalibin juz IV halaman 1 :

طلاق المندوب كأن يعجز عن القيام بحقوقها ولو بعدم الميل إليها أو تكون غير
عفيفة ما لم يخش الفجور أو سيئة الخلق
Talak sunnah, seperti jika suami tidak sanggup memenuhi hak-hak isterinya, walaupun dengan tidak adanya kecenderungan kepada si siteri, atau isteri tidak dapat menjaga diri, tidak takut berbuat dosa atau berakhlak jelek.

    Kitab Syarqawi alat tahrir juz II halaman 302 :

ومن علق طلاقا بصفة وقع بوجودها عملا بمقتضى اللفظ
Barang siapa menggantungkan talak dengan suatu sifat, jatuhlah talak tersebut dengan terwujudnya sifat yang digantungkan menurut dhahirnya ucapan.

    Kitab Kifayatul Akhyar halaman 104 :

فلوكان الطلاق رجعيا ثم راجعها ثم وجدت الصفة طلاقت بلاخلاف لأنه ليس
نكاحا مجددا ولم تحدث حالة تمنع وقوع الطلاق
Jika talak itu adalah talak raj’i, kemudian suami merujuk isterinya, kemudian didapati sifat (yang dita’liqkan) maka jatuhlah talak itu, tidak ada khilaf, karena rujuk itu bukanlah nikah baru dan tidak terjadi hal baru yang mencegah jatuhnya talak.

    Kitab Tuhfah juz VIII halaman 118 :

بخلاف ما إذا أطلق أو قصد التعليق بمجرد صورة الفعل فإنه يقع مطلقا
Kecuali jika ta’liq talak itu diikrarkan oleh suami dengan mutlak atau dengan melulu atas terjadinya suatu perbuatan, maka jatuhlah talaknya dengan mutlak.

    Kitab Fatawa Kubra juz III halaman 227 :

فيقع الطلاق مطلقا لوجود صفات الطلاق المعلق
Maka jatuhlah talak dengan mutlak karena telah terwujudnya sifat talak yang digantungkan.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 222 :

علق الطلاق بغيبته عن بلده أو بجلوسه من موضع كذا ثلاث سنين وإعطاء أو
ضمان فلان له فرشا مثلا فلابد من وجود الغيبة المذكور والإعطاء ويقع بائنا
Apabila seseorang menggantungkan talaknya dengan kepergiannya atau dengan tinggal di suatu tempat selama tiga tahun, atau dengan jaminan dari seseorang sebanyak ..... umpamanya, maka dengan adanya kepergian yang disebutkan atau pemberian yang dimaksud, jatuhlah talaknya.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 231 :

ولا طريق للرجوع عن الطلاق المعلق بل يقع عند وجود الصفة
Dan tidak ada jalan untuk mencabut kembali talak yang digantungkan, bahkan jatuh talak itu bila ada shifat yang digantungkan.

    Hadits riwayat At Turmudzi :

المسلمون على شروطهم إلا شرطا أحل حراما أو حرم حلالا
Orang Muslim itu terikat dengan janjinya/syaratnya, kecuali janji/ syarat menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal.

    Kitab Qurratul ‘aini halaman 134 :

إن ترك وطأها ضرارا إلى قوله فرفعت أمرها للحاكم لتضررها بترك الوطء فله أن
يطلق عليه بالإجتهاد
Apabila suami sengaja tidak mau menyetubuhi isterinya sehingga menderitakan isterinya, dan isterinya itu mengadukan kepada hakim tentang deritanya karena tidak disetubuhi, maka hakim berwenang untuk menceraikannya.

    Kitab I’anatut Thalibin juz IV halaman 5 :

واتفقوا على وقوع الطلاق بالغضبان وإن ادعى زوال شعوره بالغضب
Para Ulama sepakat bahwa ucapan talak orang dalam keadaan marah itu tetap jatuh, walaupun ia menyatakan perasaannya hilang karena marahnya itu.

    Kitab Nidhamul ‘Usrah karangan Dr. Abdur Rahman ash Shabuni halaman 95 :

جاء رجل أعربي إلى عمر ابن الخطاب يستشيره في طلاق إمرأته فقال له عمر لا تفعل فقال أعربي لكني لا أحبها فقال عمر ويحك فأين الرعاية وأين التذميم
Seorang laki-laki pedesaan datang menghadap Shahabat ‘Umar bin Khaththab mohon petunjuk untuk menalak isterinya. ‘Umar berkata : “jangan lakukan itu”. Orang itu berkata :”tetapi saya tidak mencintainya lagi”. ‘Umar berkata :”Celaka kamu, apakah kamu kira rumah tangga itu dibina hanya karena cinta saja, lalu dimana letak kepemimpinanmu (pengayomanmu) dan rasa tanggung jawabmu (terhadap isteri).

    Hadits Rasulullah saw.

إن أبغض الحلال عند الله الطلاق
Sesungguhnya perbuatan halal yang paling dibenci Allah adalah perceraian.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 379 :

إذا ارتد الزوج أو الزوجة إنقطعت علاقة كلامنهما بالأخر لأن الردة أي واحد منهما موجبة للفرقة بينهما
Apabila suami atau isteri murtad, putuslah ikatan keduanya satu sama lain, karena murtadnya salah satu diantara mereka memestikan perceraian antara keduanya.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 223 :

لايثبت الطلاق منجزا او معلقا إلا بشهادة رجلين سمعا لفظه من الزوج
Tidak tetap talak itu, kecuali dengan adanya dua orang saksi yang mendengarkan ucapan talak si suami.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 176 :

صريح القعود لا يحتاج إلى نية بل إلى قصد معنى اللفظ بحروفه فى الجملة
Perikatan yang sharih tidak membutuhkan niat, melainkan membutuhkan kesengajaan melepaskannya dalam suatu susunan kalimat.
I. Fasakh Nikah karena i’sar dan cacat pada pihak lain.

    Kitab Fiqhus Sunnah juz II halaman 314 :

فسخ العقد نقضه , وحل الرابطة التي تربط بين الزوجين
Faskhul ‘aqdi adalah membatalkan aqad, dan melepaskan tali ikatan perkawinan suami isteri.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 91 :

فإن انقطع خبره ولا مال له حاضر جاز لها الفسخ
Apabila telah terputus khabar tentang suami dan tidak ada harta benda yang ditinggalkan untuk isteri, boleh bagi si isteri untuk fasakh nikahnya.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 94 :

ولا يجوز الفسخ إلا يشرط ملازمتها للمسكن وعدم سدور نشوزمنها
Tidak boleh fasakh kecuali apabila si isteri tinggal di tempat dan tidak nusyuz.

    Kitab Al Iqna’ juz II halaman 133 :

يثبت للمرأة فسخ نكاحها منه …… بالجنون
Dapat ditetapkan gugatan fasakh/perceraian seorang isteri dari suaminya ......dengan alasan gila (sakit ingatan).

    Kitab I’anatut thalibin juz III halaman 33 :

فلكل من الزوجين الخيار فورا في فسخ النكاح بما وجد من العيوب المذكور في
الأخر بشرط أن يكون بحضور الحاكم
Bagi masing-masing suami isteri boleh memilih dengan seketika untuk memfasakh pernikahannya dengan sebab terdapatnya cacat pada pihak lain, dengan syarat di muka hakim.

    Kitab I’anatut thalibin juz III halaman 336 :

وتقبل دعوه الجهل بأصل ثبوت الخيار أو بفوريته
Dan diterima pengakuan si isteri bahwa dia tidak tahu tentang hal-hal yang menjadi pokok mengenai khiyar atau tidak tahu tentang keharusan segera melaporkan kejadian penyakit gilanya suami.

    Kitab Al Muhadzab juz II halaman 48 :

وإن وجدت المرأة زوجها مجنونا أو مجذوما أو عنينا ثبتت لها الخيار
Jika seorang isteri mendapati suaminya sakit gila/ ingatan, lepra atau impotent/ lemah syahwat, isteri boleh memilih untuk memfasakh nikahnya atau meneruskannya.

    Kitab Subulussalam juz III halaman 134 :

عن ابن عباس أن جارية بكرا أتت النبي ص م أن أباهازوجها وهي كارهة فتخيرها
رسول الله ص م
Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas ra., bahwasanya seorang budak wanita/ gadis menghadap kepada Nabi saw., ia menerangkan bahwa ia telah dinikahkan oleh ayahnya, tetapi ia tidak senang, maka Nabi saw. menjawab, ia boleh memilih meneruskan atau tidak meneruskan perkawinan tersebut.

    Kitab Al Muhadzab juz II halaman 134 :

إذ أعسر الزوج بنفقة المعسر فلها أن تفسخ النكاح لما روي أبو هريرة
Apabila si suami tidak mampu memberikan nafkah yang cukup, boleh bagi isteri memfasakh nikahnya , sbagaimana hadits riwayat Abu Hurairah.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 92 :

ولو عجزة المرأة عن بينة الإعسار جاز لها الإستقلال بالفسخ
Apabila isteri tidak dapat mengajukan bukti saksi tentang i’sar/ kemiskinan suami, isteri boleh memfasakh dirinya sendiri.

    Kitab I’anatut thalibin juz IV halaman 92 :

إذا تعذر القاضي أوتعذر الإثبات عنده لفقد الشهود أو غيبتهم فلها أن تشهد بالفسخ وتفسخ بنفسها
Jika hakim kesulitan untuk menetapkan i’sar/ kemiskinannya suami karena tidak adanya saksi/ saksi ghaib maka isteri boleh memfasakh dirinya sendiri.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 239 :

لا تستحق الزوجة المؤن ويباح لها الفسخ بالإعسار إلا إذا كم تخرج عن طاعة
الزوج
Isteri tidak berhak mendapatkan nafkah dan tidak boleh menggugat fasakh ketika suami dalam kesukaran, kecuali apabila ia tidak keluar (tetap) taat kepada suami.

    Kitab Bughyatul mustarsyidin halaman 243 :

لو تعذر تحصيل النفقة من الزوج فى ثلاثة أيام جاز لها الفسخ حضر الزوج أم غاب
Apabila suami berhalangan (tidak sanggup) memberikan nafkah dalam tiga hari, maka si isteri berhak memfasakh, baik suami tersebut hadir atau ghaib.

    Kitab Bujairimi Wahab halaman 239 :

ولا يمنع إعساره عقار او عرض لا يتيسر بيعها في مدة قريبة
Apabila suami berhalangan (tidak sanggup) memberikan nafkah dalam tiga hari, maka si isteri berhak memfasakh, baik suami tersebut hadir atau ghaib.

    Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

فإذ جن أحد الزوجين كان للأخر الحق في طلب فسخ النكاح
Apabila salah satu dari suami isteri berubah gila, maka fihak lain berhak mengajukan gugatan cerai fasakh.

    Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

ولا فرق أيضا بين أن يكون جنونا مطبقا أو متقطعا
Dan tidak ada perbedaan keadaannya baik penyakit gila itu tetap atau temporer.

    Kitab Al Fiqhu ‘ala madzahibil arba’ah Juz IV halaman 193 :

…… والمراد بالجنون نا يشمل فقد الشعور القلبي
....... yang dimaksud dengan gila ialah hilangnya perasaan atau pikiran.

    Kitab al Muwaththa’ Imam Malik, juz III, halaman 145 :

أيمارجل تزوج إمرأة وبه جنون أو ضررفلها تخيرفإن شاءت قرت وإن شاءت فارقت
Bagi seorang isteri yang suaminya menderita sakit gila atau cacad, diberi hak memilih untuk tetap sebagai isterinya atau bercerai.

    Kitab Syarqawi ‘alat Tahrir Juz II halaman 252 :

العيوب المثبتة للخيار في فسخ النكاح سبعة جنون ولو منقطعا
Adapun ‘aib-’aib yang membolehkan fasakh nikah ada tujuh macam, diantaranya penyakit gila meskipun temporer.

    Kitab Fiqhus sunnah juz II halaman 389 :

إذا ارتد الزوج أو الزوجة إنقطعت علاقة كل منهما بالأخر لأن ردة أي واحد
منهما موجبة للفرقة بينهما وهذه الفرقة تعتبر فسخا
Apabila seorang suami atau isteri murtad, maka putuslah hubungan perkawinan mereka satu sama lain. Karena sesungguhnya riddah salah seorang diantara mereka itu menjadikan putusnya hubungan perkawinan mereka. Dan putusnya hubungan perkawinan itu berupa fasakh.