soal jawab ukk uas kelas xi b indonesia

17.    (1) Peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda dalam proses pembelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonom Marco Francesconi menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10.000 individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian ini dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih wanita karier yang bekerja keras.
Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat ....

a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    3 dan 4
d.    4 dan 5
e.    5 dan 6

18.    Gizi yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan, terutama untuk anak-anak balita dan usia sekolah. Dalam situasi krisis moneter seperti sekarang ini, banyak anak usia sekolah yang perlu mendapatkan bantuan. Ibu-ibu pengajian mengadakan kegiatan sosial dengan nama “peduli balita” misalnya pemberian minuman susu gratis dan pemberian makanan bergizi.
Pernyataan yang sesuai dengan fakta dalam bacaan di atas adalah ...
a.    Kegiatan itu baik tapi apakah tidak menimbulkan kecemburuan sosial?
b.    Kegiatan-kegiatan positif dalam menunjang perbaikan gizi balita perlu direalisasikan.
c.    Sebaliknya, sebelum kita melaksanakan kegiatan perlu dievaluasi untung ruginya.
d.    Pikiran saya sejalan dengan gagasan Anda, yaitu bahan faktor tentang anak putus sekolah perlu dicari.
e.    Saya sependapat dengan Anda dan siap membantunya.
19.    (1) Setiap makhluk hidup memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam. (3) Minyak bumi yang digunakan terus-menerus akan terancam habis. (4) Hendaknya dilakukan penghematan energi. (5) Energi listrik digunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik.
Opini yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ....

a.    1
b.    2
c.    3
d.    4
e.    5

20.    Dra. Sutarsih selanjutnya mengatakan bahwa perkembangan penduduk untuk semua pulau dan daerah di Indonesia tidak sama. Dari 1961-1971 tercatat perkembangan penduduk Jawa dan Madura dari 314 juta menjadi 76,1 juta, Sumatera 15,7 juta menjadi 20,8 juta, Kalimantan 4,1 juta menjadi 5,2 juta, dan pulau-pulau lain 7,1 juta menjadi 7,9 juta.
Fakta utama dari paragraf di atas adalah perkembangan penduduk tahun 1961-1971 untuk ....
a.    Jawa dan Madura tercatat dari 63 juta menjadi 76,1 juta
b.    Sumatera tercatat dari 15,7 juta menjadi 20,8 juta
c.    Kalimantan tercatat dari 4,1 juta menjadi 5,2 juta
d.    Pulau-pulau lain tercatat dari 7,1 juta menjadi 7,9 juta
e.    Perkembangan penduduk semua pulau dan daerah di  Indonesia tercatat tidak merata
21.    Hal-hal yang tidak perlu dicantumkan dalam notulen rapat, adalah...

a.    Waktu, tempat diadakannya rapat
b.    Topik pembicaraan
c.    Perincian biaya rapat
d.    Urutan acara rapat
e.    Tanda tangan sekretaris dan ketua

22.    Fungsi utama notulen adalah ...

a.    Mencatat hasil pembicaraan dalam rapat
b.    Mendokumentasi rumusan pertemuan
c.    Melengkapi kegiatan panitia penyelenggara
d.    Memenuhi mata acara pertemuan
e.    Memenuhi formalitas suatu pertemuan

23.    Di tempat inilah terjadi peristiwa yang menyesatkan. Namun Monang bertanggung jawab dan akan mengawininya. Dan kenyataan lain, ibu Monang telah menjodohkannya dengan  gadis Batak pilihan ibunya. Monang sendiri tidak kuasa menolaknya. Dia kawin dengan gadis pilihan ibunya. Sementara itu janin yang dikandung Manen mengalami kelainan, bayi itu akan lahir cacat.
Raumanen, karya Mariane Katopo
Nilai kehidupan yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah ...

a.    Agama
b.    Moral
c.    Etika
d.    Budaya
e.    Sosial 

24.    Perempuan tua itu beriba-iba, meminta dibolehkan di kelas satu saja. Terlalu sempit di sana Tuan, saya tak bisa. Ya kalau tak bisa bayar lagi. Lambat-lambat perempuan tua itu pergi ke kelas dua. Tiba di sana ia melihat dengan marah kepada kondektur dan katanya, Ah, berlagak betul. Sedikit saja dikasih Nippon kekuasaan sudah begitu. Sama orang tua berani. Tapi coba kalau orang Nippon, membungkuk-bungkuk,  
Harmoni, karya Idrus
Latar belakang kutipan prosa di atas adalah ....

a.    Zaman pra-Indonesia merdeka
b.    Zaman penjajahan Belanda
c.    Zaman revolusi kemerdekaan
d.    Zaman penjajahan Jepang
e.    Zaman Orde Lama

25.    ... tapi itu tak dapat dicapai dengan kenduri saja. Masa dan keadaanlah yang menentukan. Ompi yakin masa itu pasti akan datang. Dan, ia menunggu dengan hati yang disabar-sabarkan. Pada suatu hari yang gilang-gemilang, angan-angannya pasti merupa jadi kenyataan. Dia yakin itu bahwa Indra Budiman-nya akan mendapat nama tambahan. Budiman-nya akan mendapat nama tambahan dokter di muka namanya sekarang. Atau salah satu titel yang mentereng lainnya. Ketika Ompi mulai mengangankan nama dambaannya itu, diambilnya kertas dan potlot ditulisnya nama anak-anak, Dr. Indra Budiman. Dan, Ompi merasa bahagia sekali. Ia yakinkan kepada para tetangganya akan cita-citanya yang pasti tercapai.
Anak Kebangsaan, karya A.A. Navis
Amanat yang terkandung dalam penggalan prosa di atas adalah ....
a.    Janganlah terlalu yakin dengan angan-angan sendiri.
b.    Hendaklah kita yakin dengan apa yang kita cita-citakan.
c.    Cita-cita pasti tercapai kalau dilandasi keyakinan akan keberhasilannya.
d.    Asal kita yakin, pengaruh dari orang lain tak ada artinya.
e.    Cita-cita orang tua akan tercapai kalau didukung oleh anaknya.
26.    Dalam penjara, Guru Isa juga bingung oleh ketakutannya. Untuk membongkar rahasia perjuangan ia takut kepada kawan-kawannya sedangkan untuk bungkam juga takut disiksa. Tapi ia memilih tetap bungkam meskipun disiksa. Ketika dipertemukan dengan Hazil dalam suatu interogasi, tahulah ia bahwa Hazil yang katanya gagah berani justru telah buka mulut. Peristiwa itulah yang membuat Guru Isa menemukan jati dirinya.
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan cerita di atas adalah ...

a.    Ketakutan yang mendorong pengkhianatan
b.    Keberanian untuk menanggung penderitaan
c.    Kecurangan demi keselamatan
d.    Kebohongan karena ketakutan
e.    Keteguhan hati yang dalam

27.    Aku terlalu sombong dan angkuh. Aku menghendaki manusia sempurna, sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar dan berusaha untuk menjadi sempurna. Kini aku sadar, kemanusiaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci ……
Mochtar Lubis, Harimau-harimau
Watak tokoh Aku dalam penggalan novel di atas adalah ...

a.    Tinggi hati
b.    Rendah hati
c.    Suka merendahkan orang lain
d.    Tidak tahu malu
e.    Penuh kasih sayang

28.    Hadi      : Berani betul engkau berkata demikian di hadapanku. Kau betul-betul sudah menghina aku. Perlu peluruku yang kukirim untukmu, barang kali?
Sayem   : Silakan menakut-nakuti aku. Aku tak akan mundur selangkah pun sebab pendirianku benar. Memang tak semua orang masuk kemari jelek. Banyak orang kemari dari kota bertujuan baik, kami hargai mereka.
Hadi      : Yem, sebaiknya aku dan engkau tidak bertengkar, tapi mari kita membentuk rumah tangga. Kau dan aku, aku sekarang kaya!
Sayem    : Sekali lagi, aku tidak silau dengan kekayaanmu.
Isi dialog penggalan drama di atas adalah ....
a.    Dua insan muda akan membentuk rumah tangga.
b.    Orang menjadi sombong karena kaya.
c.    Orang akan membunuh temannya karena cintanya ditolak.
d.    Seseorang merasa dirinya kalah karena bersalah.
e.    Orang tidak takut menghadapi kesombongan orang lain karena merasa dirinya benar.
29.    Satilawati   : Engkau pengarang?
Ishak          : (Terkejut) Mengapa? (Mengeluh) Ah, engkau juga.
Satilawati   : ... sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak          : (Sambil menunjuk ke kanan) Pergi dariku! Kau pun boleh memusuhiku. Untuk cita-cita, aku bersedia mengorbankan segalanya.
Unsur intrinsik yang paling menonjol dalam penggalan drama di atas adalah ...

a.    Perwatakan
b.    Latar
c.    Tema
d.    Alur
e.    Sudut pandang

30.    Anton   : Aku perlu bantuanmu. Menyusun surat protes itu.
Rini      : kurasa tak ada guna, kita protes. Kita sudah kalah. Bagi kita, kepala sekolah kita bukan guru lagi. Bukan pendidik. Ia berlagak berkuasa.
Kardi    : Itu tafsiranmu, Rin. Menurut dia tindakannya mendidik.
Anton   : Mendidik, tetapi mendidik pemberontak. Bukan mendidik anak-anaknya sendiri.
Kardi    : Masa begitu?
Rini      : Sudahlah. Kalau kalian menuruti aku, sebaiknya kita protes diam. Mau apa Pak Kepala Sekolah itu, kalau kita diam. Tenaga inti masuk staf redaksi semua.
Anton  : Bahaya?
Dialog tokoh Kardi pada penggalan drama di atas dapat diucapkan dengan nada ....

a.    Sedih
b.    Gelisah
c.    Meremehkan
d.    Kaget
e.    Bingung


17. D    22. A    27. B
18. B    23. B    28. E
19. D    24. D    29. A

20. E    25. C    30. D