Memahami sebuah teks bacaan

(1) Untuk menemukan tema, terlebih dahulu harus diidentifikasi berbagai masalah yang ditemukan dalam cerita. Masalah inilah yang kemudian akan menggiring pada penemuan tema sebuah novel.

(2) Tema sifatnya mengikat keseluruhan masalah yang ada dalam cerita. Setelah semua permasalahan teridentifikasi dengan baik, tentukanlah tema teks tersebut.

(3) Jalur tempat lewatnya rentetan peristiwa yang merupakan rangkaian polah para tokoh yang berusaha memecahkan konflik dalam sebuah cerita disebut alur. Alur, yang merupakan perpaduan semua unsur pembangun cerita sehingga menjadi kerangka utama, mempunyai penekanan pada hubungan kausalitas tiap peristiwa yang ada.

(4) Untuk mengetahui bentuk alur sebuah cerita, perlu disimak rangkaian peristiwa yang terdapat dalam karya tersebut.  berbagai bentuk alur dalam cerita rekaan, seperti alur progresif atau alur lurus, dan alur regresif (flashback) atau sorot balik, bahkan ada alur yang bolak-balik. Baik cerpen maupun novel, memiliki salah satu bentuk alur tersebut.

 (6) Jika setiap peristiwa dalam cerita fiksi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu
bagian awal, tengah, dan akhir,

(7) Pada umumnya, bagian awal teks cerita fiksi berisikan paparan dan sedikit rangsangan yang akan mengantarkan pada permasalahan sebenarnya. Pada bagian tengah tekslah komplikasi terjadi. Setelah komplikasi berhasil diuraikan dan dievaluasi, pada bagian akhir cerita biasanya ditutup dengan penyelesaian.

(8) Setiap teks pasti memiliki struktur yang membangunnya, yang memperlihatkan sistem berpikir pengarangnya.

 (9) Sebuah teks cerita fiksi terdiri atas beberapa unsur yang saling berkaitan, sehingga dapat terlihat ide yang disampaikan pengarang kepada pembacanya. Teks cerita fiksi ini merupakan karya sastra berbentuk prosa. Mengingat hakikat prosa adalah narasi (cerita), maka di dalamnya ada pelaku cerita (tokoh), rangkaian cerita (alur), pokok masalah yang diceritakan (tema), siapa yang menyampaikan cerita (pencerita), serta tempat, waktu, dan suasanan seperti apa cerita itu berlangsung (latar). Itulah yang kemudian disebut unsur intrinsik prosa atau teks cerita fiksi.

(10) Secara keseluruhan, struktur yang membangun teks cerita fiksi adalah abstrak^orientasi^komplikasi^evaluasi^resolusi^koda. Akan tetapi, karena teks novel ini termasuk genre makro, terdapat beberapa jenis genre mikro (teks tunggal) yang mengisi keseluruhan struktur teks novel.

(13) Teks cerita fiksi, khususnya novel, termasuk genre makro, sebab dalam tubuh teks ini terdapat beberapa genre mikro. Sebuah teks cerita fiksi memiliki urutan struktur abstrak^orientasi^komplikasi^evaluasi^resolusi^koda. Akan tetapi, ternyata di dalam struktur besar tersebut, terdapat teks cerita ulang (rekon) seperti di atas. Teks ini pun dibangun oleh teks lain lagi.

 (15) Dengan mempelajari informasi yang kalian peroleh, kalian mendapat gambaran bahwa penulis teks memaparkan secara rinci keadaan di sekitar tokoh. Beberapa penjelasan bahkan memberikan keterangan waktu untuk menyatakan keadaan faktual yang dideskripsikan.

 (16) Agar kalian lebih memahami berbagai genre mikro yang membangun sebuah teks makro, baca dan tentukan masing-masing jenis teks yang membangun nukilan

(13) Jika dilihat dari sudut pandang penceritaan, kutipan I dan II memiliki sudut pandang yang berbeda.

(20) Untuk melukiskan sosok dan watak tokoh, serta suasana latar belakang cerita, baik waktu maupun tempat, kalian bisa melihat pengarang menggunakan perumpamaan, yang dikenal dengan sebutan majas atau gaya bahasa.

 (21) Dalam sebuah novel, untuk melukiskan sesuatu, kerap menggunakan kata sifat yang meluas, agar dapat memberikan penggambaran yang lebih jelas. Misalnya, untuk menggambarkan wanita itu menangis sedih, pembaca tidak mengetahui seberapa dalam kesedihan yang dialami si wanita. Akan tetapi, jika digambarkan: wanita itu tak dapat menahan isak tangisnya dengan terus mengucurkan air mata, pembaca bisa membayangkan kesedihan seperti apa yang dialami si wanita.