Pelaksanaan Aktivitas Apresiasi Seni Lukis

a. Mengamati
Peserta didik pertama, maju ke depan kelas melaksanakan pengamatan dan menginformasikan hasil pengamatannya secara lisan kepada semua peserta didik dan guru di kelas. Notulen mencatat semua informasi itu atau merekamnya secara auditif atau audio visual (bila memungkinkan) sebagai data yang akurat.
b. Menanyakan
Peserta didik kedua, maju ke depan kelas dan mengamati lukisan, kemudian bertanya: “Faktor apakah pada lukisan ini yang dapat menimbulkan perasaan menyenangkan (atau sebutkan perasaan lainnya) dalam diri saya. Bagaimana teknik melukisnya? Apakah yang menjadi sumber inspirasi lukisan ini? dan apakah makna lukisan ini?”
c. Mencoba
Peserta didik ketiga, maju ke depan kelas dan mengamati lukisan, kemudian mencoba menjawab pertanyaan: Dengan menunjukkan faktor rupa atau unsur yang menimbulkan perasaan menyenangkan (perasaan lain) itu. Dengan cara menunjukkan bagian-bagian lukisan itu ke semua teman-teman sekelas dan guru seni budaya. Berdasarkan hasil pengamatannya terhadap aspek teknik artistik lukisan, peserta didik menyampaikan asumsi tahapan proses kreasi yang dilakukan pelukis. Bertolak dari gambaran objekobjek dan struktur penataannya dalam bidang lukisan, peserta didik akan menyampaikan dugaannya tentang sumber inspirasi atau tema lukisan.
d. Menalar
Ketiga notulen kemudian membacakan hasil pengamatan, jawaban atas pertanyaan, dan hasil asumsi yang di sampaikan oleh tiga peserta didik yang mengamati karya seni lukis. Berdasarkan data ini, guru membuka kegiatan diskusi kelas dan bertindak sebagai moderator. Fokus kajian diskusi adalah menyepakati atau merevisi kebenaran data pengamatan, jawaban pertanyaan yang diajukan, dan asumsi yang telah dikemukakan.
Dari data dan bukti-bukti yang telah disepakati itu para peserta didik diminta mengerjakan karya tulis menganalisis dan merumuskan nilai keindahan dan nilai seni secara mandiri (tugas individual). Berdasarkan data dan bukti-bukti yang ada secara logis, argumentatif, apresiatif, dengan penggunaan bahasa Indonesia yang jelas, logis, dan sistematis. Dari tugas penulisan para peserta didik guru memilih 5 makalah terbaik untuk dipresentasikan dalam pertemuan berikutnya.
e. Menyajikan
Untuk aktivitas ini guru memandu kegiatan diskusi secara bergiliran di depan kelas. Pada akhir kegiatan diskusi diharapkan diperoleh kesimpulan yang memuaskan tentang aspek keindahan (estetika), aspek seni (artistik) dan aspek nilai (makna) lukisan.