Menulis teks opini

Menulis teks opini berarti menyebarluaskan gagasan kepada khalayak. Dengan berbagai argumentasi, penulis teks opini harus berusaha memengaruhi khalayak melalui opininya. Apakah gagasannya diterima atau bahkan diperdebatkan oleh pembaca bergantung seberapa kuat argumentasi yang diberikan penulis. Tentu saja untuk menghasilkan sebuah teks opini, terdapat beberapa hal yang harus kalian perhatikan.

Kecenderungan pembaca teks opini adalah membaca tulisan yag tidak panjang, enak dibaca, dan mudah dicerna. Oleh sebab itu, sebagai penulis, gunakanlah bahasa yang komunikatif, tidak bertele-tele, serta ringkas penyajiannya. Dalam mengeksplorasi gagasan dan argumentasi kalian, gunakanlah kalimat yang efektif, efisien, dan mudah dimengerti. Kata yang tidak efektif bisa kalian pangkas. Jika kalian menggunakan istilah asing atau bahasa daerah, buatlah padanannya dalam bahasa Indonesia. Satu hal yang perlu kalian ingat, tulisan yang kalian bangun bukan untuk menggurui, tetapi hanya berbagi gagasan dan berharap pembaca dapat menerima pendapat kalian terhadap suatu hal.
Argumentasi yang kalian bangun haruslah konstruktif, agar pesan dalam tulisan bisa diserap secara baik oleh pembaca. Kemudian, kalian harus memberikan solusi yang komprehensif.

Teks opini bisa diartikan sebagai pandangan seseorang tentang suatu masalah. Teks opini tidak sekadar mengemukakan pendapat, tetapi juga berdasarkan data dan fakta. Pendapat yang diutarakan harus bisa dipertanggungjawabkan. Data dan fakta yang dikumpulkan penulis melalui penelitian dari berbagai sumber merupakan penguat argumentasi untuk menekankan gagasannya.
Membangun opini sesungguhnya merupakan pekerjaan yang mengasah otak dan menajamkan pikiran untuk memunculkan gagasan baru dalam menyikapi isu aktual yang sedang berkembang dalam masyarakat. Dengan mengemukakan berbagai argumentasi yang mampu menguatkan pendapat yang kalian ajukan, sebagai seorang panulis teks opini, kalian harus siap diperdebatkan.
Membangun opini publik dengan bergaya jurnalistik yang menjadi tema Pelajaran IV ini, dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan menulis teks opini, berarti kalian telah memberikan wawasan dan pengetahuan untuk orang lain.
Dalam media cetak, seperti surat kabar ataupun majalah, teks opini bisa ditulis oleh orang di luar media cetak tersebut maupun redaksi pada media yang bersangkutan. Teks opini yang ditulis oleh redaksi dikenal dengan sebutan tajuk rencana atau editorial. Sebuah tajuk rencana biasanya mengungkapkan opini redaksi terhadap suatu permasalahan yang sedang hangat dibicarakan.
Tajuk rencana (editorial) merupakan opini berisi pendapat dan sikap resmisuatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal,  atau kontroversial yang berkembang di masyarakat. Opini yang ditulis redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi yang bersangkutan.
Tajuk rencana (editorial) biasanya ditulis secara berkala, bergantung jenis terbitan media: ada yang harian (daily), mingguan (weekly), dua mingguan (biweekly), serta bulanan (monthly). Isi tajuk rencana tersebut menyikapi situasi yang berkembang di masyarakat luas, baik itu aspek sosial, politik, ekonomi, kebudayaan, hukum, pemerintahan, olah raga, hiburan, dan sebagainya. Tajuk rencana ini berkaitan dengan kebijakan media yang bersangkutan, sebab setiap media mempunyai perbedaan iklim tumbuh dan berkembang dalam kepentingan yang beragam. Karena merupakan suara lembaga, tajuk rencana ini tidak ditulis dengan mencantumkan nama penulisnya, seperti halnya penulis berita atau features. Idealnya, sebuah tajuk rencana merupakan hasil pemikiran kolektif dari segenap awak media yang merupakan hasil kesepakatan bersama dalam menyikapi suatu permasalahan krusial yang sedang berkembang di tengah masyarakat. Meskipun tajuk rencana kerap ditulis secara bergantian oleh orang yang berbeda dalam sebuah media, semangat isinya tetap harus mencerminkan suara bersama setiap jajaran redakturnya.
Satu hal yang perlu kalian ingat, setiap media memiliki kepentingan yang berbeda. Oleh sebab itu, tajuk rencana dari media yang berbeda, akan memperlihatkan pendapat yang tidak sama dalam menyikapi sebuah persoalan yang sama. Hal ini bergantung dari kepentingan yang menaungi media yang bersangkutan.