Simulasi wirausaha produk pangan

Proyek simulasi wirausaha ini merupakan bagian terakhir dari semester pertama. Siswa akan melakukan simulasi wirausaha. Simulasi terbagi atas sepuluh (10) kegiatan yang dilakukan di dalam kelompok. Kegiatan-kegiatan ini dapat dilakukan pada beberapa pertemuan dan ditambah dengan tugas di luar kelas (beberapa minggu). Pada akhir proyek, siswa melakukan promosi dan penjualan produk yang telah dibuatnya. Penjualan dapat dilakukan bersama-sama dalam bentuk suatu bazar atau terpisah, tergantung dari pasar sasaran dan konsep wirausaha yang dipilih. Evaluasi akhir dibuat oleh masingmasing kelompok dan menjadi bagian dari laporan proyek.

Simulasi wirausaha produk pangan khas daerah adalah bagian terakhir dari pembelajaran. Pada pembelajaran ini produk pangan khas daerah yang telah direncanakan akan diproduksi, dikemas, serta dijual. Proyek simulasi dilaksanakan dalam kelompok. Setiap kelompok mendiskusikan target penjualan dan strategi pencapaian target. Anggota kelompok akan bermusyawarah untuk pembagian tugas secara adil dan sesuai kompetensi agar tujuan kelompok dapat tercapai dengan efektif dan e!sien. Kegiatan yang akan dilakukan di dalam proyek ini terdiri atas tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi. Organisasi usaha adalah kelompok proyek. Penyusunan struktur dan pembagian kerja dimusyawarahkan dengan seluruh anggota kelompok. Perencanaan produksi telah dilakukan melalui tugas-tugas pada pembelajaran sebelumnya, dan dapat disesuaikan dengan perkembangan yang ada.
Tahap kedua adalah produksi hingga penjualan. Masingmasing kelompok melakukan pengolahan modi!kasi pangan khas daerah dengan jumlah sesuai kesepakatan kelompok, dengan pertimbangan kapasitas produksi dan target penjualan.
Tahapan ketiga adalah evaluasi. Proses evaluasi dapat menggunakan metode analisis SWOT (Strenght,  Weakness,  Opportunities, dan Treats) yaitu dengan cara menguraikan kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman dari luar (Treats) dari produk pengolahan yang telah dibuat, proses produksi, proses pemasaran dan distribusi, serta pasar sasaran.

Tahap 1
1.Pembentukan organisasi dan pembagian tugas
2.Menetapkan target dan strategi
3.Membuat jadwal kegiatan
4.Menetapkan biaya produksi dan harga jual, pembiayaan serta alur keuangan
Tahap 2
5. Melakukan Produksi
6. Melakukan Quality Control (QC)
7. Melakukan Pengemasan
8. Melakukan Promosi, Penjualan dan Distribusi
Tahap 3
9. Evaluasi Kinerja dan Keuangan
10. Penyusunan Laporan Evaluasi