Pelaksanaan Pengayaan
·
Secara umum pengayaan dapat
diartikan sebagai pengalaman atau kegiatan peserta didik yang melampaui
persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak semua peserta
didik dapat melakukannya.
·
Pembelajaran Pengayaan
dilaksanakan secara :
1)
Belajar kelompok
2)
Belajar mandiri
3)
Pembelajaran berbasis tema
4)
Pemadatan kurikulum
5)
Pembelajaran pengayaan
diintegrasikan dengan kegiatan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak
terstruktur.
·
Pemberian pembelajaran hanya
untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian
tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau
bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas
masing-masing. Pembelajaran pengayaan dapat pula dikaitkan dengan kegiatan
penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur.
·
Penilaian hasil belajar kegiatan
pengayaan, dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang
normal.