A.
Tujuan Pengembangan KTSP
Pengembangan
kurikulum di SMK dilaksanakan di
masing-masing satuan pendidikan dengan tujuan:
1.
Menjaga agar kurikulum yang digunakan mengarah kepada tercapainya
visi misi sekolah sesuai dengan perkembangan IPTEK dan harapan stakeholder
2.
Pengembangan kurikulum dilaksanakan untuk mengevaluasi kurikulum
dengan membandingkan antara kompetensi
dasar atau standar kompetensi atau kompetensi bidang studi yang dipersyaratkan
secara nasional dengan kondisi nyata di sekolah
3.
Menajmin kualitas lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan
kurikulum
4.
Meningkatkan mutu pembelajaran yang variatif sesuai dengan
assessment proses dan hasil belajar
Sebagaimana
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya, KTSP SMK dikembangkan
berdasarkan Tujuh prinsip berikut.
a.
Sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman bagi dirinya sehingga dia dapat menoptimalkan pemanfaatan sumberdaya
yang tersedia untuk memajukan lembaganya
b.
Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya
input pendidikan yang akan dikembangkan dan didayagunakan dalam proses
pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik
c.
Pengambilan
keputusan yang dilakukan oleh sekolah lebih cocok untuk memenuhi kebutuhan
seklah karena pihak sekolahlah yang paling tahu apa yang terbaik bagi
sekolahnya.
d.
Keterlibatan semua warga sekolah dan masyarakat dalam
pengembangan kurikulum menciptakan transparansi dan demokrasi yang sehat, serta
lebih efesien dan efektif bilamana dikontrol oleh masyarakat sekitar.
e.
Sekolah
dapat bertanggung jawab tentang mutu pendidikan masing-masing kepada
pemerintah, orangtua peserta didik, dam masyarakat pada umumnya, sehingga dia
akan berupaya semaksimalkam mungkin unutk melaksanakna dan mencapai sasaran
KTSP.
f.
Sekolah dapat melakukan persaingan yang sehat
dengan sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui
upaya-upaya inovatif dengan dukungan orangtua peserta didik, masyarakat, dan
pemerintah daerah setempat.
Sekolah
dapat secara cepat merespon aspirasi masyarakat dan lingkungan yang berubah
dengan cepat, serta mengakomodasikannya dalam KTSP