Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Sejarah Indonesia pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kajian Sejarah Indonesia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Memahami konsep dasar sejarah
(berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang dan waktu serta perubahan
dan keberlanjutan)
|
4.1 Menyajikan hasil
pemahaman tentang konsep dasar sejarah
(berpikir kronologis, diakronik, sinkronik,
ruang dan
waktu serta perubahan dan keberlanjutan)
|
3
|
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dan hasil-hasil budaya masyarakat Pra Aksara Indonesia
|
4.2 Menyajikan
informasi mengenai manusia dan hasil-hasil
budaya khususnya masyarakat Pra Aksara
Indonesia
|
9
|
3.3 Menganalisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
4.3 Membuat tulisan tentang berbagai teori masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha
serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Indonesia (pemerintahan, budaya)
|
9
|
3.4 Menganalisis berbagai teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam serta
pengaruhnya terhadap
kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
4.4 Menyajikan hasil analisis
berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam serta pengaruhnya terhadap
kehidupan masyarakat Indonesia (ekonomi, pemerintahan, budaya)
|
6
|
3.5
Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis,
Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia
|
4.5
Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa
Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
|
6
|
3.6
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan pendidikan pada
masa penjajahan bangsa Eropa dan Jepang dalam kehidupan bangsa Indonesia masa
kini
|
4.6 Menalar dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah
|
9
|
3.7
Menganalisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan
di Indonesia pada masa kini
|
4.7
Menyajikan hasil analisis nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini
|
3
|
3.8
Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
4.8
Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial,
budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia
|
6
|
3.9
Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan Indonesia masa
kini
|
4.9 Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan
Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
kebangsaan Indonesia masa kini
|
6
|
3.10
Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda
|
4.10
Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia
dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda
|
6
|
3.11
Mengevaluasi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
4.11
Merekonstruksi upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi
bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI,
Permesta, G-30-S/PKI
|
9
|
3.12 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi
Liberal
|
4.12
Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia
pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal
|
9
|
3.13 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
4.13 Melakukan penelitian sederhana tentang
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
3
|
3.14 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
4.14
Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru
|
3
|
3.15 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
4.15
Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan
ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
|
3
|
3.16
Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia
|
4.16
Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan
politik dan ketatanegaraan Indonesia
|
6
|
3.17
Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA,
Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta
Informal Meeting
|
4.17 Menyajikan hasil telaah tentang peran
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting
|
6
|
3.18
Mengevaluasi kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
4.18
Membuat studi evaluasi tentang kehidupan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak proklamasi sampai
dengan Reformasi)
|
6
|
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
108
|
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
5.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja _________________________________(diisi Nama Mapel)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
6. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kajian/kerja __________________________ ___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks penggunaannya.
|
6
|
3.2
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.2
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to)
|
4.3
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
|
6
|
3.4
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana
terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.4.Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.5
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5.Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.6
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.7
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.7. Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.8
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8
Menyajikan
teks naratif pendek dan sederhana
terkait legenda rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.9 Menganalisis fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.9
Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
12
|
3.10
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
|
4.10
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member
dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
9
|
3.11
Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi tentang petunjuk arah (direction)
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di
dunia kerja.
|
9
|
3.12
Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.12
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.13
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan should, can)
|
4.13
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
6
|
|
|
|
3.14
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
|
4.14
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.15 Menerapkan fungsi social, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat
telephone (taking simple phone message)
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Menuliskan kembali
teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar
dan sesuai konteks dunia kerja.
|
12
|
3.16 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.16 Menyusun teks khusus dalam bentuk
undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan
memperhatikan fungsi nsure, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks
|
9
|
3.17 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima
informasi terkait kegiatan diri
sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.17 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat
pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.18 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan
konteks penggunaannya
|
4.18
Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.19
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan passive voice)
|
4.19
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
15
|
3.20
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.20
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika
terjadi suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
3.21
Menganalisis struktur
teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan
menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala
dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran
di pelajaran lain.
|
4.21
Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain.
|
12
|
3.22
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.23
Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.23
Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
12
|
|
|
|
3.24
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan because of ..., due to ...,
thanks to ...)
|
4.24
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.25
Menganalisis fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.25
Menyusun
teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
8
|
3.26
Menganalisis fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report
presentation)
|
4.26
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.27
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.27
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.28
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.28
Menyusun
teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.29
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.29
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara
pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
3.30
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan
tentang keharusan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
6.30
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.31
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
6.31
Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks news items lisan
dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV
|
6
|
3.32
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.32
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
284
|