Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam
ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah,
serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1 Memahami
laporan hasil observasi berkaitan
dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan
dengan lisan dan tulis
|
4.1
Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil
observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks
laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.2
Mengonstruksikan
teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun
tulis
|
8
|
3.3 Mendeskripsikan(permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
8
|
3.4 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi yang
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur
dan kebahasaan
|
8
|
3.5 Menganalisis
teks anekdot dari aspek makna tersirat
|
4.5
Mengonstruksi
makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.6 Mengevaluasi
struktur dan kebahasaan teks anekdot
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis.
|
8
|
3.7 Mendeskripsikan
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis
|
4.7
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
|
8
|
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
|
4.8
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai
|
8
|
3.9 Menguraikan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca
|
8
|
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam
teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
|
8
|
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.11 Mengonstruksikan teks negosiasi
berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan
|
8
|
3.12 Menganalisis permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan
untuk menemukan esensi dari debat
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
|
8
|
3.13 Menganalisis isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan )
|
4.13
Mengembangkan
permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.14 Menganalisis butir-butir penting
yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.14 Menyajikan hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
|
8
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.15 Membuat
teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis
|
8
|
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi
dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi
(tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
8
|
3.17 Menganalisis unsur
pembangun puisi
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema,
diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
8
|
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku
nonfiksi yang sudah dibaca
|
4.18
Menyajikan replikasi
isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
|
8
|
|
|
|
3.19 Menganalisis
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.19
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan
dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
6
|
3.20 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.20
Mengembangkan
teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan
|
6
|
3.21 Menganalisis
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
|
4.21
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam
teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan tulis
|
6
|
3.22 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.22
Memproduksi
teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
6
|
3.23 Menganalisis
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.23
Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam
ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.24
Mengonstruksi
ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur
yang tepat
|
6
|
3.25 Mendeskripsikan
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.25
Menyajikan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.26 Menemukan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
4.26
Menyajikan persamaan dan perbedaan
isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang
dibaca
|
6
|
3.27 Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.27
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
6
|
3.28 Mendeskripsikan informasi
penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.28
Melengkapi
informasi dalam proposal berkaitan
dengan bidang pekerjaan supaya lebih efektif
|
6
|
3.29 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.29
Merancang
sebuah proposal karya ilmiah berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi,
tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
6
|
3.30 Menganalisis
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.30
Merancang
informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6
|
3.31 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.31
Mengonstruksi
sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
|
6
|
3.32 Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan
untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.32
Menyajikan isi sebuah
resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
6
|
3.33 Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.33
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca
|
6
|
3.34 Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
4.34
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau
ditonton secara lisan
|
6
|
3.35 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton
|
4.35
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan
|
6
|
3.36 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan
buku kumpulan puisi) yang dibaca
|
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan
puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
|
6
|
|
|
|
3.37 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.38 Menganalisis
unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
6
|
3.39 Menganalisis
informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan,
komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam
sebuah teks eksplanasi
|
8
|
3.40 Menganalisis kebahasaan
cerita atau novel sejarah
|
4.40 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
8
|
3.41 Mendeskripsikan
informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam
teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.42 Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks editorial berkaitan
dengan bidang pekerjaan
|
4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.43 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan
puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik
secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.44 Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks
iklan sesuai bidang pekerjaan
|
6
|
3.45 Menganalisis struktur dan
ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
|
4.45 Menyusun teks iklan sesuai bidang pekerjaan dengan
memerhatikan struktur dan
kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
8
|
3.46 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah
artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
|
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
8
|
3.47 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
8
|
3.48 Mendeskripsikan
isi dan sistematika surat dinas
berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
|
6
|
3.49 Menganalisis
unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
|
4.49
Menyusun
surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
8
|
3.50 Menganalisis
nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.50 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah
buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
8
|
Jumlah
|
354
|