UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL Tingkat : SMA - SMK Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti


PILIHAN GANDA                                                                                      
1.             Kata “talenta” yang disampaikan Yesus dalam perumpamaan tentang talenta (Mat 25:14-30),  mempunyai makna....
A.    bakat atau kemampuan yang dimiliki seseorang
B.     cita-cita dan pengharapan sebagai pribadi
C.     ciri lahiriah seseorang yang bermartabat
D.    pengisi acara dalam suatu pertunjukan drama
E.     kemampuan berakting dalam sosio drama

2.             “Anton adalah siswa kelas dua SMA. Setiap hari ia selalu diolok-olok teman sekelasnya karena ia berjerawat dan memakai kacamata yang tebal. Anton menjadi malu dan minder sehingga beberapa hari ini tidak masuk sekolah lagi“.
Membaca kasus Anton diatas, tindakan tepat yang dapat kita lakukan sesuai dengan ajaran Gereja Katolik adalah ….
A.    membantu mendekati Anton agar ia mau membeli obat jerawat yang mahal agar lekas sembuh
B.     menghibur dan memberikan motivasi agar tetap semangat dan berusaha menjauhi teman sekelasnya
C.     mengajak teman sekelasnya untuk menghentikan perbuatan buruk dan menerima Anton sebagaimana adanya.
D.    mendatangi rumah Anton dan mengajaknya pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik
E.     mendekati semua guru dan teman-teman sekelasnya untuk mendoakan agar Anton tidak minder lagi

3.             Saat hendak berangkat ke sekolah, Nila melihat korban tabrak lari tergeletak di jalan, dan tidak ada seorang pun yang mau menolongnya. Sekalipun akan terlambat mengikuti ujian sekolah, Nila menolong orang tersebut dan mengantarnya ke rumah sakit.    Peran hati nurani bagi tindakan Nila adalah ....
A.    memberi perintah bertindak dengan hati-hati agar tidak dipersalahkan orang
B.     mengoreksi perbuatan yang telah dilaksanakan apakah sudah benar atau tidak
C.     menunjukkan bahwa menolong orang yang sedang membutuhkan bantuan adalah tindakan mulia
D.    memberi kesadaran atau pengetahuan tentang yang baik dan yang buruk
E.     memberi peringatan kepada manusia akan hukuman Allah bagi orang yang tidak peduli

4.             Berikut klasifikasi Kitab Suci Perjanjian Lama (KSPL) yang benar adalah....
A.    Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, dan Kitab Para Nabi
B.     Kitab Sejarah, Kitab Kebijaksanaan, Kitab Keluaran
C.     Kitab Sejarah, Kitab Keluaran, dan Kitab Para Nabi
D.    Kitab Para Nabi, Kitab Keluaran, Kitab Taurat
E.     Kitab Taurat, Kitab Sejarah, dan Kitab Keluaran



5.             Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)      Martabat manusia dan cinta kasih.
2)      Solidaritas kelompok yang eksklusif.
3)      Pelayanan, cinta kasih dan solidaritas.
4)      Solidaritas suku, agama, ras dan keluarga.
5)      Mengasihi musuh dan mendoakannya.

Nilai-nilai Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus terdapat pada nomor ....
A.    (1), (2) dan (4)
B.     (1), (3) dan (5)
C.     (2), (3) dan (4)
D.    (2), (4) dan (5)
E.     (3), (4) dan (5)

6.             Contoh penghayatan akan makna sengsara dan wafat Yesus bagi kehidupan jaman sekarang adalah....
A.    melaksakan kegiatan gerejani karena diperintah
B.     melaksakan kegiatan sekolah dengan terpaksa
C.     setia dalam menjalankan tugas meski banyak menghadapi tantangan
D.    mudah menyerah ketika menghadapi tantangan dan kesulitan
E.     mengeluh bila diberi tugas oleh orang tua yang agak berat

7.             Contoh peran Roh Kudus  bagi kehidupan umat Kristiani adalah...
A.    Menyemangati, membimbing dan melahirkan kehidupan jemaat.
B.     Mematikan, menguasai, dan menyemangati perkembangan jemaat.
C.     Membiarkan, menguasai dan membimbing setiap orang yang beriman Katolik.
D.    Menuntut, membimbing, dan menguasai semua umat yang berkumpul.
E.     Membiarkan, menuntut dan menguasai setiap jemaat yang berdosa.

8.             Dalam peristiwa Pentakosta, Roh Kudus turun atas Para Rasul memenuhi mereka dengan daya dan kekuatan Roh Kudus sehingga mereka (Para Rasul) dapat berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Karya Roh Kudus yang turun atas Para Rasul dilambangkan dengan ....
A.    Air
B.     Urapan
C.     Awan dan Sinar
D.    Burung Merpati
E.     Lidah-lidah Api

9.             Konsekuensi dari pandangan Gereja sebagai umat Allah bagi pimpinan Gereja adalah ….
A.    menyadari dan menghayati persatuannya dengan pimpinan umat lain
B.     menyadari fungsi pimpinan sebagai fungsi pelayanan
C.     pimpinan Gereja harus aktif dalam hidup bermasyarakat
D.    pimpinan harus menggunakan segala karisma untuk menyembuhkan orang
E.     menghayati kehidupan imannya sebagai pmpinan yang bijak

10.         Amatilah dua gambar berikut!
 







Gambar di atas menunjukkan dua model Gereja, yaitu model Gereja Institusional Hierarkis Piramidal dan model Gereja sebagai Persekutuan Umat.
Berikut ini yang merupakan salah satu ciri yang sangat menonjol dalam model Gereja sebagai Persekutuan Umat adalah ....
A.      organisasi (lahiriah) yang berstruktur piramidal tertata rapi
B.       kepemimpinan tertahbis hampir identik dengan Gereja itu sendiri
C.       hukum dan peraturan digunakan untuk menata kelangsungan suatu institusi
D.      sikap yang agak triumfalistik dan tertutup
E.       hidup persaudaraan karena iman dan harapan yang sama

11.              Kekudusan Gereja adalah kekudusan (kesucian) Kristus. Gereja menerima kekudusan sebagai anugerah dari Allah dalam Kristus oleh iman. Kekudusan tidak datang dari Gereja, tetapi dari Allah yang mempersatukan Gereja dengan Kristus dalam Roh Kudus. Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan kekudusan Gereja adalah …
A.      saling memberi kesaksian untuk hidup sebagai putra-putri Allah
B.       berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan menggereja
C.       setia dan taat kepada persekutuan umat, termasuk hierarki
D.      lebih bersifat jujur dan terbuka satu sama lain
E.       mengadakan berbagai kegiatan sosial dan peribadatan bersama

12.         ” Gereja bersifat Katolik berarti terbuka bagi dunia, tidak terbatas pada tempat tertentu, waktu tertentu, bangsa dan kebudayaan tertentu, serta golongan masyarakat tertentu ”. Bentuk penerapan yang tepat di lingkungan sekolah dari pengertian di atas adalah ....
A.    memperkenalkan cara hidup suci pada semua orang
B.     mewartakan Injil pada orang-orang yang berbeda keyakinan
C.     setia pada hierarki sebagai pengganti para rasul
D.    berdialog dengan teman-teman yang berbeda agama dan budaya
E.     aktif dalam kegiatan-kegiatan di Gereja terutama perayaan Ekaristi

13.         Fungsi khusus hierarki Gereja Katolik ialah ....
A.    menjalankan tugas kepemimpinan dalam komunikasi iman
B.     memimpin doa dalam pertemuan-pertemuan umat
C.     memimpin koor atau nyanyian dalam ibadat
D.    membagi komuni sebagai prodiakon
E.     menjadi pelayan altar, lector, pemazur

14.         Contoh peran kaum awam dalam Tritugas Kristus, khususnya tugas kenabian adalah....
A.    mengajar agama, sebagai katekis atau guru agama
B.     memimpin doa dalam pertemuan-pertemuan umat
C.     memimpin koor atau nyanyian dalam ibadat
D.    membagi komuni sebagai prodiakon
E.     menjadi pelayan altar, lektor, pemazmur

15.         Bentuk-bentuk penghormatan/ kebaktian khusus orang atau umat beriman kepada rahasia kehidupan Yesus yang tertentu, misalnya kesengsaraan-Nya, Hati-Nya yang mahakudus, sakramen mahakudus, kepada orang-orang kudus, kepada Bunda Maria dengan berdoa rosario.
Pernyataan di atas merupakan pengertian dari ....
A.    Liturgi
B.     Sakramen
C.     Devosi
D.    Sakramentali
E.     Pemberkatan

16.         Pewartaan verbal pada dasarnya merupakan tugas hierarki, tetapi para awam
diharapkan untuk berpartisipasi dalam tugas ini. Berikut adalah contoh bentuk pewartaan verbal masa kini, yaitu ....
A.    mengunjungi orang sakit
B.     membuat tanda salib di tempat umum
C.     membagi komuni sebagai prodiakon
D.    mengajar Sekolah Minggu
E.     memberi teladan hidup       

17.         Pengertian Ajaran Sosial Gereja (ASG) adalah...
A.    ajaran yang dikeluarkan Gereja Katolik bagi dunia
B.     himbauan yang diberikan Gereja Katolik bagi hidup bermasyarakat
C.     keinginan manusia untuk senantiasa berkembang dengan seutuhnya
D.    ajaran Gereja berisi tanggapan masalah sosial yang terjadi dalam dunia
E.     tanggapan Gereja Katolik terhadap kemiskinan yang ada di dunia

18.         Baca kasus euthanasia berikut.
Jakarta – Indonesia Koma selama 3,5 bulan setelah menjalani operasi di RSUD Pasar Rebo pada bulan Oktober 2004 dengan diagnosa hamil di luar kandungan. Namun setelah dioperasi ternyata hanya ada cairan di sekitar rahim. Setelah diangkat, operasi tersebut mengakibatkan Siti Zulaeha, 23 tahun mengalami koma dengan tingkat kesadaran di bawah level binatang. Sang suami, Rudi Hartono 25 mengajukan permohonan euthanasia ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tangggal 21 Februari 2005. Permohonan yang ditandatangani oleh suami, orang tua serta kakak dan adik Siti Zulaeha.

Permohonan keluarga Siti Zulaeha ditolak. Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh keluarga Siti Zulaeha, adalah....
A.    tetap merawat Siti Zulaeha sampai dia sadar dan sembuh dari penyakitnya
B.     menghimpun dana secara bersama-sama demi pengobatan tetap berlangsung
C.     mengajukan permohonan keringanan bagi pengobatan Siti Zulaeha
D.    mencari pengobatan alternatif agar pengobatan dilakukan di rumah
E.     menerima kondisi Siti Zulaeha agar tetap hidup sehat dan segar

19.         Contoh tindakan Gereja Katolik dalam rangka membantu seseorang agar bebas dari jerat narkoba adalah....
A.    mendekati pecandu narkoba dengan penuh kasih sayang
B.     mendirikan pusat rehabilitasi bagi para pecandu narkoba
C.     mengusahakan kerja sama dengan lembaga penegak hukum
D.    menghormati keputusan pengguna narkoba untuk rehabilitasi
E.     memberikan penyuluhan bagi keluarga tentang bahaya narkoba

20.         Sifat perkawinan Katolik adalah....
A.    monogami dan terceraikan
B.     monogami dan tak terceraikan
C.     poligami dan terceraikan
D.    poligami dan tak terceraikan
E.     poliandri dan terceraikan




1.            A
2.            C
3.            D
4.            A
5.            B
6.            C
7.            A
8.            E
9.            B
10.       E
11.       B