14 pertanyaan kehidupan sehari tapi jawabannya nggak banget

1. Zat kimia apa sih yang terdapat di kolam renang?

Berenang di kolam renang umum bisa bikin mata kamu merah. Kebanyakan orang menganggap hal itu disebabkan oleh klorin atau zat kimia yang dipakai buat merawat kejernihan air. Padahal, penyebab mata merah ketika berada di kolam renang adalah kloramina, perpaduan antara klorin dan urin (air kencing).

2. Berapa banyak sel bakteri di tubuh kita?

Banyak sekali. Bahkan sel bakteri yang kamu punya 10 kali lebih banyak dibandingkan sel manusia di tubuh kamu. Tapi tenang aja, sebagian besar bakteri di dalam tubuh kita merupakan bakteri baik yang berguna untuk menjaga kesehatan.

3. Apakah minuman beralkohol bisa mengkerutkan otak?

Ya, penelitian teranyar dari American Academy of Neurology mengungkapkan bahwa meminum alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama bisa mengurangi volume otak.

4. Benarkah sebagian orang punya binatang yang hidup di lubang pantat mereka?

Ya, binatang itu adalah cacing gelang atau cacing kremi. Biasanya yang terkena cacing kremi adalah anak-anak. Saat malam hari cacing tersebut keluar dari rektum untuk bertelur di sekitar kulit korban.

5. Di mana kah bagian rumah yang paling kotor?

Wastafel dapur punya materi kotoran yang lebih banyak dibandingkan toilet. Soalnya bakteri E.coli berkembang dengan baik pada makanan dan kelembapan.

6. Apakah eyeshadow mengandung serangga yang ditumbuk?

Terkadang eyeshadow mengandung beberapa bagian tubuh kumbang yang sudah ditumbuk. Kenapa? Untuk membuatnya semakin mengkilap.

7. Berapa banyak kita berkeringat di waktu tidur setiap tahunnya?

Rata-rata, 119 liter keringat per tahun.

8. Apakah mesin pendeteksi kebohongan (poligraf) benar-benar ampuh?

Tidak sama sekali. Yang dideteksi poligraf adalah tingkat kegembiraan kamu (denyut nadi, berkeringat, dll). Sebenarnya, banyak psikolog dan ilmuwan menentang keras penggunaan poligraf dalam dunia kerja karena sangat buruk dalam mendeteksi kebohongan, dan terkadang hasilnya tetap sama pada satu individu selama beberapa waktu.
Seringkali, para psikopat dan orang yang biasa berbohong bisa dengan mudahnya lolos dari poligraf, sebab tidak terdapat perubahan psikologis saat mereka mengatakan kebohongan.

9. Berapa banyak bakteri yang kita dapat saat berciuman?

Dalam 10 detik, rata-rata 80 juta bakteri saling bertukar tempat ketika dua orang berciuman.

10. Apakah keyboard yang ada di kantor atau sekolah begitu kotor?

Kemungkinan besar sih, iya. Para ilmuwan menyimpulkan kalau keyboard atau papan ketik, adalah salah satu benda paling kotor yang kita sentuh sehari-hari. Rata-rata, papan ketik kantor mempunyai bakteri 400 kali lebih banyak dibanding bakteri di toilet kantor.
Makanya, jangan dibiasakan makan sambil mengetik, atau makan di atas meja kerja.

11. Apa yang terdapat di dalam pusar?

Ketika para ilmuwan dari North Carolina menyeka pusar beberapa partisipan, mereka menemukan ribuan spesies bakteri. Dan setengahnya adalah spesies yang baru ditemukan.

12. Apakah burung bisa menjatuhkan pesawat?

Ya, tapi tergantung jumlah burung dan bagian pesawat mana yang ditabrak. Faktanya, beberapa kecelakaan pesawat pernah terjadi karena bertabrakan dengan burung.

13. Berapa banyak orang yang sudah meninggal di Disneyland?

Lebih banyak dari yang kamu bayangkan. Setiap tahun selalu ada keluarga yang meminta izin untuk menaburkan abu anggota keluarga yang sudah meninggal. Meskipun pihak yang berwenang selalu menolak, ada saja orang yang nekat dan kemudian kepergok menaburkan abu di sekitar Disneyland.
Hmm… kayaknya terlalu percaya sama mitos, nih.

14. Seberapa jauh internet tahu tentang kamu?

Kamu perlu tau, setiap pencarian yang kamu lakukan di internet sudah diarsipkan. Untuk apa tujuannya saya gak tau. Tapi yang jelas, informasi tentang kamu sudah tersimpan, bahkan untuk 200 tahun ke depan.
Peringatan: kemampuan internet gak sampai di situ saja lho, dan saya rasa aman untuk berkata kalau kita gak punya lagi rahasia jika “hidup” di dunia maya.