Motivasi dari sang pengusaha

Siapa yang tidak mengenal Bob Sadino, namanya masih terus eksis di berbagai media masa meskipun kini telah tiada. Bob Sadino membuktikan sendiri, bahwa ketika dia tiada, ilmu pengetahuan dan pengalamannya masih tetap ada. Bob Sadino adalah seorang pengusaha sukses dari Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Meskipun telah tiada, Bob selalu memberi semangat untuk para kaum millenial untuk hidup sebagai pengusaha ketimbang menjadi karyawan. Hal tersebut masih ada dan menjadi motivasi untuk para pengusaha muda.

1. Bisnis yang bagus adalah yang dikerjakan bukan yang ditanyakan terus
"Bisnis yang bagus adalah yang dikerjakan bukan yang ditanyakan terus"
Nah loh, siapa yang masih saja banyak tanya dari pada kerja? Bener banget nih, semua bisnis memiliki peluang dan kesuksesan masing-masing. Semua bisnis bagus tetapi ditentukan oleh orang yang benar-benar ulet dan mau bekerja, bukan yang terus bertanya bisnis apa yang bagus dan terus menunggu sampai banyak orang yang berhasil. Lalu, kamu masih duduk manis memikirkan bisnis bagus apa yang bakalan sukses, yah!

2. Berhentilah membuat rencana, melangkahlah
"Berhentilah membuat rencana, melangkahlah"
Jangan membuat sebuah rencana dan alur apa yang akan kamu kerjakan untuk menjadi pengusaha dan meraih kesuksesan. Melangkahlah, kerjakanlah, jangan hanya diam dan terus buat rencana tanpa kamu kerjakan. Kamu tidak akan pernah bisa tahu, apakan rencana tersebut berhasil atau tidak jika kamu masih terus diam.

3. Kalau mau berhasil carilah kegagalan sebanyak-banyaknya
"Kalau mau berhasil carilah kegagalan sebanyak-banyaknya"
Ketika seseorang ingin menjadi pengusaha, apa yang mereka takutkan? Ya, kegagalan. Kegagalan pada setiap usaha itu pasti ada, hanya saja ada orang yang mau melewati dan menikmati jatah kegagalannya atau orang yang lebih baik mundur di saat gagal. Gagal itu pasti kok, kalau mau berhasil jangan takut gagal dan habiskan jatah kegagalanmu saat ini mumpung masih muda nih!

4. Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, anda tetaplah karyawan. Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya
"Setinggi apapun pangkat yang anda miliki, anda tetaplah karyawan. Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya"
Yakin enggak mau jadi pengusaha? Bener banget nih, setinggi apapun pangkatmu, kamu tetap karyawan. Kamu enggak bisa menjadi bos karena tetap masih ada atasanmu ketika kamu tetap bertahan menjadi karyawan. Tetapi ketika kamu memutuskan menjadi pengusaha, meskipun hanya memiliki rumah makan sederhana sekecil apapun, kamu tetap bosnya. Tidak ada yang mengatur dan yang paling penting, bebas mengekspresikan ide dan kreativitas yang kamu miliki.

5. Bisnis itu hanya modal dengkul. Bahkan jika anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain
" Bisnis itu hanya modal dengkul. Bahkan jika anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain"
Kalau ada yang bilang bisnis itu perlu modal uang banyak, salah banget yah! Bisnis itu modal kemauan dan keinginan, tanpa itu semua usahamu tidak akan bisa sukses dan berjalan. Percaya deh, memulai usaha dari titik 0 akan mendapatkan hasil lebih baik dibandingkan dengan orang yang membangun usaha dengan banyak modal dan peluang. Karena kesuksesan berasal dari kekuatan niat seseorang loh!

6. Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karenai hasil kegilaan saya
"Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karenai hasil kegilaan saya"
Semua pengusaha itu banyak yang gila! Coba deh kamu search bagaimana keberhasilan pengusaha limbah, hanya dari limbah mereka bisa menopang kehidupannya hingga memiliki aset yang luar biasa banyak, loh! Siapa coba yang akan menyangka, hanya dari sampah seseorang bisa meraih kesuksesan. Jadi ingat, semua pengusaha itu gila ide. Karena dari hal tidak biasa, bisa mereka ubah menjadi sebuah kesuksesan yang luar biasa

7. Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia tangguh
" Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia tangguh"
Kegagalan memang seperti bumbu, jika tidak ada kegagalan, semua kesuksesan yang kamu dapatkan akan terasa hambar dan biasa saja. Kenikmatan dari sebuah kesuksesan adalah kegagalan dalam proses menuju kesuksesan. Jadi, jika ada kegagalan yang datang ketika kamu baru memulai usaha, jangan menyerah yah. Karena kegagalan pasti ada dan kamu hanya perlu menyiasatinya bagaimana bisa melalui kegagalan dan menjadi manusia tangguh.

8. Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak
" Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak"
Orang pintar tidak akan takut jika kepintarannya dicuri oleh orang lain, karena mereka selalu membagi pengetahuan dan pengalamannya untuk membuat orang-orang menjadi pintar. Karena ketika seseorang telah tiada, mereka tidak akan membawa apapun kecuali illmu yang bermanfaat bagi orang lain. Nah, jadi jangan pernah berpikir untuk takut memiliki saingan ketika kamu membagi ilmu yang kamu miliki yah!

9. Gaji tinggi bukan jaminan kepuasan hidup. Bersyukur, berbagi, dan saling menyayangi, itulah kunci kepuasan hidup
"Gaji tinggi bukan jaminan kepuasan hidup. Bersyukur, berbagi, dan saling menyayangi, itulah kunci kepuasan hidup"
Tingkat kepuasan seseorang berbeda-beda, ada yang mereka puas ketika sudah mencapai sebuah kesuksesan, ada juga yang merasa puas ketika bisa berbagi dengan sesamanya dan juga ada yang merasa puas ketika memiliki pasangan yang sangat mencintai dirinya. Jadi, jangan mengatur kepuasan hanya dari materi saja yah!

10. Jika ingin bahagia dan sukses, jangan jadi karyawan
"Jika ingin bahagia dan sukses, jangan jadi karyawan"
Kebahagiaan dan kesuksesan memiliki alur yang sama. JIka mau sukses dan bahagia, jangan jadi karyawan. Kenapa? Orang yang menjadi karyawan memiliki hidup yang tidak damai, berangkat dari pagi sampai rumah lagi sudah malam. Keluarga dari tidur sampai tidur tidak pernah bertemu, badan pun dipaksa untuk mengikiuti aturan yang ada. Bagaimana jika menjadi pengusaha? Kamu sendiri yang memiliki aturan. Jadi, jika mau sekses dan bahagia, jangan jadi karyawan dan buatlah usaha.
Semoga motivasi dari Bob Sadino bisa menjadi acuanmu untuk menjadi pengusaha muda yang sukses yah!