Perjalanan Haji dan umroh mngajarkan adab

Haji Umroh; Ziyarah Rasulullah
Ziarah Rasulullah adalah sebuah proses pembelajaran adab yang luar biasa. Dahulu orang yang ingin melaksanakan haji, dituntut dengan membawa bekal yang luar biasa pula. Waktu perjalanan yang ditempuh selama berbulan bulan. Namun demikian perjalanan mereka yang jauh dan berat itu menuju Rasulullah dipenuhi dengan rasa rindu yang luar biasa sehingga perjalanan mereka tiada terasa. Lantaran mereka dibekali dengan bekal yang cukup secara ruhaniah dan amaliah. Itulah yang membedakan semuanya.
Orang terdahulu melakukan haji dan umroh telah dibekali ilmu dan doa restu dari para auliya assholihun sehingga seluruh waktunya dihabiskan dengan mengaji, berdzikir dan berdoa selama di perjalanan.
Sekali lagi, inilah yang membedakan perjalanan haji atau umroh di zaman sekarang, semuanya serba cepat dan terlayani. Memang kita tiada bisa kembali ke era yang lalu, tetapi setidaknya kita bisa mempelajari adab mereka orang-orang terdahulu dalam beribadah sehingga akan terbentuk lompatan spiritualitas menuju keutuhan adab yang sebenarnya.
Salam almadad