Mengenal apa itu prosesor

Dalam sebuah CPU terdapat yang namanya Motherboard, fungsi dari Mobo bukan lain dan bukan tidak yaitu untuk menyatukan semua perangkat komponen agar komputer dapat hidup serta dioperasikan. Biasanya dalam sebuah mesin sistem memiliki otak untuk menopang kinerja, otak inilah yang bernama Prosesor.

Penjelasan Prosesor
Prosessor sangat memiliki peran aktif di dalam suatu komputer tak terkecuali, hadirnya prosesor sangat dibutuhkan karena merupakan otak dari semua komponen yang terdapat di CPU. Prosesor yang berkualitas memungkinkan kalian menambah performa dari PC itu sendiri, seperti misalnya kedalam segi bermain game.
Unit Proses Sentral atau yang sering disebut Prosesor merujuk kepada perangkat keras (Hardware) komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak (Software) . Komponen ini dapat diartikan sebagai otak utama yang menjalankan proses dikomputer dan perangkat lainnya.

Bagian Terpenting Prosesor :
Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
Control Unit (CU) : Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Satuan kecepatan pada Prosessor yaitu Mhz (Mega Heartz) dan Ghz(Giga Heartz) , semakin besar kecepatan suatu prosessor maka akan semakin cepat pula hasil kinerja sistem yang dihasilkan. Bagi kalian yang berhobi bermain game di PC, ada baiknya menggunakan satuan kecepatan yang lebih besar dan telah ditopang oleh spesifikasi RAM serta VGA.

Fungsi Prosesor
Pada dasarnya prosessor hanya sebagai memproses data yang diterima dari masukkan atau di input lalu akan menghasilkan pengeluaran berupa output, otak komputer tentunya tidak dapat bekerja sendirian dan membutuhkan bantuan dari komponen lainya.
Saat ini telah banyak pengembang yang telah tersohor dan terkenal dalam memperoduksi prosesor, namun ada dua developer paling ternama di dunia ini yaitu perusahaan Intel dan AMD. Tentu saja dari keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan yang bergam serta berfariasi, namun keduanya tetap saja menjanjikan kualitas prosessor yang gahar pada setiap kelasnya



0 Response to "Mengenal apa itu prosesor"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.