I.
Pilihlah jawaban di bawah ini yang paling
tepat!
1.
Ajaran pokok mu’tazilah adalah At Tauhid, Al-Adl, Al
Wa’ad wal wa’id, Al Manzilatu bainal Manzilatain dan Amar ma’ruf nahi munkar.
Kelima ajaran ini disebut ... .
a.
Al ushul al ismah
b.
Al ushul as sab’ah
c.
Mabadi al khamsah
d.
Al ushul al salsah
e.
Al ushul al wahidah
2.
Arti dari doktrin mu’tazilah, manzilah bainal manzilatain
adalah ... .
a.
pemisahan antara tokoh penting
b.
memisahkan diri dari dua aliran
c.
tempat surga dan
neraka
d.
suatu tempat diantara dua tempat
e.
memisahkan diri dari washil bin atho’
3.
Ketika washil bin Atho’ keluar dari perguruan Bashrah dan
mendirikan perguruan sendiri, maka Hasan Al Basri menyatakan ...
a.
i’tazala anna
b.
manzilah bainal manzilatain
c.
dhaharah fasad
d.
la hukma illallah
e.
lakum dinukum waliyadin
4.
Faktor yang menyebabkan masyarakat awam kurang bisa
memahami dan mengikuti faham Mu’tazilah adalah ... .
a.
ajarannya lebih mengutamakan sunnah
b.
ajarannya banyak yang menyimpang
c.
fahamnya memang sulit di fahami
d.
ajarannya bersifat rational dan filosofis
e.
masyarakat belum mempelajari secara mendalam
5.
Nama Asy ‘ariyah, karena
dinisbahkan kepada pendirinya yaitu ... .
a.
KH. Hasyim Al Asy’ari
b.
Abu Husain Al Asy’ari
c.
Abu Hasan Al Asy’ari
d.
Abu Daud Al Asy’ari
e.
Abu Musa Al Asy’ari
6.
Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk ruang lingkup kajian ilmu kalam adalah ... .
a.
keesaan Allah
b.
akal dan wahyu Allah
c.
keadilan Allah
d.
cara beribadah kepada Allah
e.
sifat-sifat Allah
7.
Ilmu kalam dinamakan juga teologi Islam karena membahas ...
.
a.
tentang ke esaan allah
b.
konsep ketuhanan dalam islam
c.
pokok-pokok agama
d.
sifat 20
e.
qadha dan qadar
8.
Ilmu kalam dinamakan juga ilmu ushuluddin karena membahas...
.
a.
pokok-pokok agama
b.
ke esaan Allah
c.
konsep ketuhanan dalam islam
d.
sifat Tuhan yang ke-20
e.
asma’ul husna
9.
Fungsi ilmu kalam adalah sebagai berikut, kecuali ... .
a.
menolak akidah yang sesat
b.
menjelaskan akidah Islam yang benar
c.
membela akidah islam
d.
mengajarkan akidah Islam kepada kaum kafir
e.
memperkuat akidah Islam
10.
Golongan yang keluar dari kelompok Ali karena tidak
setuju dengan tahkim atau arbitrase yang dilakukan oleh Ali dan Mu’awiyah dalam
perang shifin adalah ... .
a.
Syi’ah
b.
Khawarij
c.
Mu’tazilah
d.
Maturidiyah
e.
Ahli sunnah wal jama’ah
11.
Khilafah, dosa, iman adalah 3 hal yang menjadi inti
ajaran ... .
a.
Mu’tazilah
b.
Khawarij
c.
Asy’ariyah
d.
Maturidiyah
e.
jabariyah
12.
Salah satu aliran dalam Islam yang meyakini bahwa Ali bin
Abi Thalib adalah yang paling berhak memimpin umat Islam setelah wafatnya nabi
Muhammad adalah ... .
a.
Khawarij
b.
Syi’ah
c.
Mu’tazilah
d.
Asy’ariyah
e.
Ahli sunnah wal jama’ah
13.
Tokoh aliran Qadariyah adalah ... .
a.
Washil bin Atho’
b.
Ma’bad al Juhaini
c.
Hasa al Basri
d.
Al Jubba’i
e.
Al Maturidi
14.
Di bawah ini yang termasuk ayat Qadariyah adalah ...
a.
Jk
b.
Jk
c.
Fg
d.
Fg
e.
fg
15.
Manusia mempunyai kemampuan untuk mewujudkan perbuatannya
dan mempunyai kemampuan untuk memilih, sebab semua yang dilakukan adalah
kehendaknya sendiri, demikian ini adalah pendapat ... .
a.
Mu’tazilah
b.
Qadariyah
c.
Asy’ariyah
d.
Ahlisunnah wal jama’ah
e.
Syi’ah
16.
Tokoh ajaran Jabariyah adalah ... .
a.
Washil bin Atha’
b.
Abu Mansur al Maturidi
c.
Abu Hasan Al Asy’ari
d.
Jahm bin Shofwan
e.
Al Jubba’i
17.
Di bawah ini yang termasuk ayat jabariyah adalah ... .
a.
Kl
b.
Kl
c.
Kl
d.
Kl
e.
kl
18.
Manusia tidak mempunyai kemampuan untuk mewujudkan
perbuatannya dan tidak mempunyai kemampuan untuk memilih, sebab yang dilakukan
manusia pada dasarnya adalah kehendak Allah. Ini adalah pendapat ... .
a.
Murji’ah
b.
Syi’ah
c.
Jabariyah
d.
Qadariyah
e.
Mu’tazilah
19.
Tokoh aliran Maturidiyah adalah ... .
a.
Jahm bin Shafwan
b.
Abu Mansur Al-Maturidi
c.
Abu Hasan Al-Asy’ari
d.
Al-Jubba’i
e.
Al-Ghazali
20.
Dalam term teologi Ahli sunnah wal jama’ah adalah
perpaduan antara ... .
a.
Syi’ah dan Murji’ah
b.
Asy’ariyah dan Maturidiyah
c.
Mu’tazilah dan Qadariyah
d.
Jabariyah dan Qadariyah
e.
Khawarij dan Syi’ah
21.
Fungsi pakaian menurut Al Qur’an adalah untuk ... .
a.
Ppenghangat badan karena aurat
b.
menutup aurat dan perhiasan
c.
menghias tubuh yang bukan aurat
d.
menunjukkan status sosial
e.
menjadi pembeda dengan yang lainnya
22.
Sesuatu yang harus di tutupi oleh seseorang karena merasa
malu atau rendah diri jika dilihat oleh orang lain disebut ... .
a.
harga diri
b.
citra diri
c.
cacat
d.
aurat
e.
aib
23.
Di bawah ini termasuk dalam kategori molimo, kecuali ... .
a.
main
b.
maling
c.
madun
d.
madat
e.
madon
24.
Hukum minum-minuman keras atau mabuk adalah haram dan
termasuk prilaku dosa besar. Hal ini dinyatakan dalam Al Qur’an surat ... .
a.
Al-Maidah : 60
b.
Al-Amidah : 90
c.
At-Taubah : 60
d.
Al-Hajj : 27
e.
Al-Waqiah : 30
25.
Artinya “ Hai orang-orang
yang beriman janganlah shalat sedangkan kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu
mengetahui apa yang kamu ucapkan (Q.S. An Nisa’ : 43). Maksud ayat diatas
adalah ... .
a.
boleh mabuk sebeluml shalat
b.
bacaan shalat diucapkan
dengan benar
c.
larangan untuk mabuk
d.
orang yang mabuk tetap berkewajiban shalat
e.
hanya orang beriman yang melaksanakan shalat
26.
Khamr yang diperbolehkan adalah bermanfaat untuk ... .
a.
bahan kosmetik
b.
parfum
c.
antibiotik
d.
campuran makanan ternak
e.
metode pengobatan
27.
Masuknya alat vital laki-laki ke dalam alat vital
perempuan tanpa ikatan perkawinan yang sah menurut agama, demikian adalah
pengertian ... .
a.
zina mukhsan
b.
zina
c.
zina ghairu mukhsan
d.
zina khata’
e.
zina jali
28.
Zina adalah dosa besar, hukuman tentang pelaku zina
terdapat dalam Al Qur’an surat ... .
a.
At-Taubah : 60
b.
An-Nisa’ : 1
c.
Al-Abqarah : 100
d.
An-Nur : 2
e.
Al-Ahfi : 10
29.
Seseorang yang
menuduh zina, namun tidak dapat menunjukkan bukti ataupun empat orang saksi
disebut ... .
a.
mukhsan
b.
qadzaf
c.
ghairu mukhsan
d.
fitnah
e.
mujassimah
30.
Mengambil milik orang lain dengan cara yang tidak absah
disebut mencuri, yang termasuk mencuri kategori mencuri adalah di bawah ini, kecuali ... .
a.
mencopet
b.
gadhab
c.
korupsi
d.
merampok
e.
menyamun
31.
Keesaan Allah berarti Allah esa dalam ... .
a.
wujudnya
b.
sifat dan zatnya
c.
kekuasaannya
d.
ma’rifatnya
e.
zat, sifat dan perbuatannya
32.
Daya untuk memperoleh ilmu pengtahuan dan daya yang
membuat seseorang dapat membedakan antara dirinya dengan benda-benda lain dan
antara benda satu dengan lainnya adalah pengertian akal menurut ...
a.
Abu Hanifah
b.
Abu huzail
c.
Abu Hasa Al Asy’ari
d.
Washil bin Atha’
e.
Imam Ghazali
33.
Pembahasan para mutakallimin adalah mengenai kekuasaan
akal dan fungsi wahyu dihubungkan dengan masalah-masalah berikut, kecuali ... .
a.
mengetahui tuhan
b.
mengetahui baik dan jahat
c.
kewajiban memahami ajaran tuhan
d.
kewajiban menegtahui tuhan
e.
kewajiban mengetahui baik dan jahat
34.
Dalam pengetahuan Islam akal bukan otak tetapi daya
berfikir yang terdapat dalam jiwa manusia yang memperoleh pengetahuan dengan
memperhatikan alam sekitarnya, sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surat
... .
a.
Ali Imran : 195
b.
Ali Imran : 191
c.
Al Baqarah : 5
d.
As syura : 190
e.
Al kahfi : 30
35.
Ayat yang diperoleh melalui pengamatan kita terhadap alam
semesta disebut ayat ... .
a.
Basyirah
b.
Qauliyah
c.
Kauniyah
d.
Umiyah
e.
arkaniyah
II.
Soal uraian!
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan keesaan Allah ditinjau
dari berbagai segi!
2.
Ada 7 ruang lingkup pembahasan ilmu kalam, jelaskan lima
saja!
3.
Sebutkan lima ajaran pokok mu’tazilah dan jelaskan!
4.
Uraikan secara kronologis firqah-firqah dalam Islam mulai
khawarij sampai Ahli sunnah wal jama’ah!
5.
Tulislah ayat yang berkaitan dengan faham qadariyah dan
jabariyah!
Selamat
mengerjakan!
KUNCI JAWABAN UAS I
2010-2011
AQIDAH AKHLAK XII
I.
Pilihan Ganda
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
C
|
D
|
A
|
D
|
C
|
D
|
B
|
A
|
D
|
B
|
B
|
B
|
B
|
A
|
B
|
D
|
A
|
C
|
B
|
B
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
|
|
|
|
|
B
|
D
|
E
|
B
|
C
|
E
|
B
|
D
|
B
|
B
|
E
|
B
|
C
|
B
|
C
|
|
|
|
|
|
II.
Uraian
1.
Esa dalam dzatnya : dzat Allah itu tidak ada persamaanya
dengan zat-zat lainnya yang ada di alam ini
Esa dalam sifatnya : tidak ada satupun diantara makhluk dialam ini yang
memiliki sifat seperti sifat tuhan
Esa dalam perbuatannya : perbuatan Allah dalam menciptakan alam ini sama
sekali tidak memerlukan bantuan siapapun
2.
– akal dan wahyu
- keesaan Allah
- keadilan Allah
-sifat-sifat tuhan
- kekuasaan dan kehendak mutlak tuhan
3.
At Tauhid, Al Adl, Al Wa’ad wal Wa’id, Al Manzilatu
bainal manzilatain, Amar ma’ruf nahi munkar
4.
Khawarij, syi’ah, murji’ah, jabariyah, qadariyah,
mu’tazilah, asy’ariyah, maturidiyah, ahli sunnah wal jama’ah
5.
Ayat
qadariyah
Sesungguhnya Allah
tidak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka merubah nasibnya sendiri
Ayat jabariyah
Allahlah yang
menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat