aswaja uas ganjil kls xi



I.          Pilihlah jawaban di bawah ini yang paling tepat!
1.        Empat sumber yang menjadi rujukan pemahaman keagamaan Aswaja yaitu : Al-Qur’an, Al-hadits, Al-Qiyas adalah ... .

a.    Al-Ijmal
b.    Al-Mujmal
c.    Al-Ijma’
d.   Al-Jamil
e.    Al-Mujmil

2.        Faham kegamaan yang menolak Al-Qiyas yaitu ... .

a.    Syi’at
b.    Syi’ah
c.    Syi’ar
d.   Syu’ar
e.    Syu’ur

3.        Faham Mu’tazilah menolak adanya penetapan hukum dari... .

a.    Al-Qur’an
b.    Al-Hadits
c.    Al-Ijma’
d.   Al-Qiyas
e.    Al-ijmal

4.        Pengertian Al-Hadits adalah ... .

a.    sesuatu yang disepakati antara nabi dan sahabat-sahabatnya
b.    segala sesuatu yang disandarkan pada nabi Muhammad
c.    kesepakatan dari perjanjian-perjanjian yang pernah dilakukan nabi dengan orang-orang muslim
d.   kumpulan-kumpulan khutbah nabi baik pada periode makkah maupun madinah
e.    ucapan nabi yang bersumber dari wahyu Allah

5.        Sumber hukum Islam yang identik dengan analogi yaitu ... .

a.    Al qur’an
b.    Al hadits
c.    Al ijma’
d.   Al qiyas
e.    Al ijmal

6.        Dasar penggunaan Al-Ijma’ sebagai sumber hukum Islam adalah firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat ... .

a.    An-Nisa’ 5
b.    An-Nisa’ 15
c.    An-Nisa’ 35
d.   An-Nisa’ 105
e.    An-Nisa’ 115

7.        Firqah-firqah dalam Islam tidak berbeda dalam meyakini ... . sebagai sumber dasar hukum Islam.

a.    Al Qur’an – Hadits
b.    Al Ijma’ – Al Qiyas
c.    Al Ijmal – Al Mujmal
d.   Al Jamil – Al Mujmil
e.    Al Ithlaq – Al Muthlaq

8.        Perbedaan di antara firqah yang ada dalam Islam hanya disebabkan oleh hal-hal yang bersifat ... .

a.    ushuliyah
b.    furu’iyah
c.    ubudiyah
d.   khuluqiyah
e.    ruhaniyah

9.        Mendahulukan dalil naqli di atas dalil aqli, merupakan metode berpikir yang digunakan oleh .. .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Aswaja
e.    Murjiah

10.    Karakter dasar ajaran agama Islam yaitu mengambil sikap jalan tengah dalam berbagai situasi dan kondisi serta ...

a.    demokrat
b.    sosialisme
c.    moderat
d.   klasikisme
e.    liberalisme

11.    Pokok-pokok ajaran Aswaja meliputi aqidah, syari’ah, dan tasawwuf  atau ... .

a.    ibadah
b.    muamalah
c.    akhlaq
d.   ubudiyah
e.    mamluk

12.    Allah SWT itu maha Esa baik dzat, sifat, maupun ... .nya

a.    a’mal
b.    af’al
c.    a’wal
d.   afwal
e.    ahwal

13.    Allah SWT mempunyai sifat wajib, mustahil, dan jaiz, hal tersebut dipaparkan oleh paham firqah ... .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Aswaja
e.    Murji’ah

14.    Kita dapat melihat Allah SWT kelak di  akhirat, hal tersebut berdasarkan firman Allah dalam surat Al-Qiyamah ayat ... .

a.    2-3
b.    11-12
c.    12-13
d.   21-22
e.    22-23

15.    Hukum membaca basmalah ketika membaca surat Al-Fatihah adalah ... .

a.    wajib
b.    sunnah
c.    makruh
d.   mubah
e.    fardhu

16.    Pertanyaan pada soal no.15 berdasarkan atas pendapat ulama bermadzhab ... .

a.    Maliki
b.    Syafi’i
c.    Hambali
d.   Hanafi
e.    Auza’i

17.    Dasar Aswaja melaksanakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat adalah ijma’ sejak masa sahabat ... .

a.    Abu bakar Ashiddiq
b.    Umar bin khattab
c.    Usman bin Affan
d.   Ali bin Abi Thalib
e.    Hamzah bin Abdul Muthalib

18.    Tasawwuf yang merupakan gabungan antara filsafat dan unsur-unsur mistik lainnya disebut ... .

a.    sunni
b.    falsafi
c.    syi’i
d.   tasawufi
e.    sufi

19.    Tasawuf  yang diajarkan dan diamalkan oleh Aswaja adalah ... .

a.    sunni
b.    falsafi
c.    syi’i
d.   tasawufi
e.    sufi

20.    Inti tasawwuf adalah mesucikan hati agar lebih  dekat dengan Allah dan mencapai ... .

a.    khalilullah
b.    kalamullah
c.    ma’rifatullah
d.   salamullah
e.    hablullah

21.    Tingkatan seorang  hamba dihadapan Tuhannya dalam hal ibadah dan latihan-latihan jiwa disebut ... .

a.    maqam
b.    maqamat
c.    mubah
d.   mubahat
e.    subhat

22.     
Merupakan penjelasan taubat menurut ... .

a.    Ibrahin Adham
b.    Dzun nun Almishri
c.    Abu Usman Ali
d.   Abu Dzar Al-Ghifari
e.    Daud Adzdzahir

23.    Meninggalkan sesuatu yang di dalamnya terdapat hal yang syubhat disebut ... .

a.    zuhud
b.    faqru
c.    ridla
d.   wara’
e.    shabru

24.    Kamu meninggalkan dunia kemudian tidak peduli siapa yang mengambilnya adalah pengertian zuhud menurut ... .

a.    Ibrahim adham
b.    Abu Darda’
c.    Daud Adzdzahir
d.   Abu Usman
e.    Yusuf  Muqaddas

25.    Yang dikenal sebagai tokoh sufi wanita yaitu ... .

a.    Halimatus Sa’diyah
b.    Tsuabah aslamiyah
c.    Muthiatus sholichah
d.   Farhatul imamah
e.    Rabi’ah Al-Adawiyah

26.    Berdasarkan hadist Nabi Muhammad saw,  umat Islam pecah menjadi ... .golongan.

a.    70
b.    71
c.    72
d.   73
e.    74

27.    Firqah dalam Islam yang  juga dikenal dengan nama “Haruriyah” yaitu ... .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Murji’ah
e.    Khawarij

28.    Yang dikenal sebagai pendukung dan pengikut Ali bin Abi Thalib adalah firqah ...

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Syi’ah
d.   Qadariyah
e.    Murji’ah

29.    Pendiri firqah Mu’tazilah yaitu ... .

a.    Jahm bin Shafwan
b.    Husain bin Najjar
c.    Dhihar bin Amir
d.   Washil bin Atha’
e.    Abdullah Kawwa”

30.    Firqah dalam Islam yang dikenal sebagai                                     yaitu ... .

a.    Mu’tazilah
b.    Jabariyah
c.    Qadariyah
d.   Aswaja
e.    Murji’ah

31.    Hal yang identik dengan ijtihad yaitu ... .

a.    Istisla’
b.    Istidraj
c.    Istimdad
d.   Istidla’
e.    Istimbath

32.    Para ulama  Nahdliyin lebih banyak menggunakan ijtihad dengan istilah ... .

a.    Istisla’
b.    Istidraj
c.    Istimdad
d.   Istidla’
e.    Istimbath

33.    Mengikuti pendapat orang lain yang diyakini kebenarannya seseuai dengan Al-Qura’an dan Al-Hadits disebut ... .

a.    Mujtahid
b.    Taqlid
c.    Ijtihad
d.   Muqallid
e.    Ittiba’


34.    Jalan, aliran, ajaran atau doktrin adalah pengertian madzhab menurut ... .

a.    istilah
b.    falsafah
c.    bahasa
d.   balaghah
e.    retorik

35.    Di bawah ini adalah tokoh atau imam mujtahid mutlaq, kecuali ... .

a.    Abu Hanifah An-Nu’man
b.    Muhammad ibnu Al-Idris
c.    Malik bin Anas
d.   Abu Daud Adz-Dzahiri
e.    Ahmad bin Hambal

II.       Soal uraian!
1.        Jelaskan bahwa Al-qur’an adalah sebagai sumber utama dalam memahami ajaran Islam!
2.        Jelaskan pengertian tawakkal para sufi diibarakan sebagai mayat di hadapan orang yang merawatnya!
3.        Jelaskan pendapat Aswaja tentang orang mu’min yang berbuat dosa besar dan meninggal dunia sebelum bertaubat!
4.        Jelaskan tentang ditutupnya pintu ijtihad menurut firqah Aswaja!
5.        Sebut dan jelaskan tentang dua pihak yang selalu terlibat dalam bermadzhab!

Selamat mengerjakan!




















KUNCI JAWABAN UAS I 2010-2011
ASWAJA XI

I.          Pilihan Ganda
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
C
B
C
B
D
E
A
B
D
C
C
B
D
E
A
B
B
B
A
C
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35





B
B
D
D
E
D
E
C
D
D
E
E
B
C
D







II.       Uraian
1.        Yang dimaksud adalah : apabila terjadi permasalahan dalam memahami Islam, terlebih dahulu harus dicari di dalam Al-qur’an, kalau tidak ada dicari dalam Al hadits, kalau tidak ada dicari dalam AlIjma’, kalau tidak ada baru digunakan Al qiyas
2.        Berserah diri kepada Allah dengan sesungguhnya ibarat mayat di hadapan orang yang merawatnya, maksudnya diapakan saja menurut, mengikuti (sami’na wa atha’na)
3.        Dosa besar yang diperbuat akan dihisab, akibatnya ia akan mendapat siksa di neraka sesuai dengan kadar dosanya yang berarti tidak kekal karena masih memiliki iman
4.        Menurut firqah Aswaja pintu ijtihad tetap terbuka, namun tidak semua orang Islam bisa melakukannya hanya mereka yang memenuhi persyaratan diantaranya : memahami ilmu ushul fiqh dan qowaidul fiqhiyah, diperlukan juga penguasaan terhadap banyak macam ilmu seperti : Al qur’an hadits, bahasa arab, tafsir dan lain-lain
5.        Pertama : -      pihak yang di ikuti pendapatnya atau hasil ijtihadnya
-          Mereka adalah para mujtahid dengan berbagai macam tingkatannya
Kedua : - pihak yang mengikuti pendapat atau hasil ijtihad para mujtahid
             – mereka adalah orang-orang awam yang tidak memnuhi persyaratn untuk melakukan ijtihad