pengertian dari F - P

Film : lakon (cerita) gambar hidup. Film sering disebut sinema. Film ini dihasilkan dengan rekaman dari orang atau benda (termasuk fantasi dan figur palsu) dengan kamera dan/atau oleh animasi. Film mempunyai banyak genre, seperti film horor, komedi, animasi, dan sebagainya.

fungsi ideasional : fungsi untuk mengungkapkan realitas fisik dan biologis serta berkenaandengan interpretasi dan representasi pengalaman.

fungsi interpersonal : fungsi untuk mengungkapkan realitas sosial serta berkenaan denganinteraksi antara penutur/penulis dan pendengar/pembaca.

fungsi tekstual: fungsi untuk mengungkapkan realitas semiotis/simbol dan berkenaan dengancara penciptaan teks dalam konteks.

gagasan : pendapat; opini.

genre : secara sempit, jenis teks atau wacana; secara luas, konteks budaya yang melatarbelakangi lahirnya teks. => teks.
Pada konteks budaya yang lebih luas, genre adalah proses sosial yang berorientasi padatujuan yang dicapai secara bertahap. Dikatakan sosial karena manusia berkomunikasidengan menggunakan genre atau teks; dikatakan berorientasi pada tujuan karena orang menggunakan genre atau teks untuk mencapai tujuan komunikasi; dan dikatakan bertahap karena untuk mencapai tujuan tersebut, biasanya dibutuhkan beberapa tahap melalui pembabakan dalam struktur teks. => struktur teks.

habitat : tempat tinggal khas bagi orang atau masyarakat. Di bidang biologi, istilah ini berartilingkungan kehidupan bagi organisme, seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan. hierarki (nomina), hierarkis (adjektiva): urutan tingkatan atau jenjang. Di bidang biologi, terdapat urutan tingkatan dari yang tinggi menuju yang rendah: keluarga, order, genus,dan spesies.

humor : lucu; jenaka; keadaan dalam cerita yang menggambarkan kelucuan atau kejenakaan.

invertebrata : tidak bertulang belakang. => vertebrata.

kalimat : gugusan kata dalam satuan ortografis yang diawali oleh huruf besar dan diakhiri oleh tanda titik (.). Dalam LSF, kalimat tidak dibedakan dengan klausa dalam hal bahwa kalimat dan klausa mempunyai kedudukan yang sama dalam tata bahasa, yaitu keduanya mengandung setidak-tidaknya subjek dan predikator. => klausa.
Menurut kompleksitasnya, kalimat dibedakan menjadi kalimat simpleks dan kalimat kompleks.
kalimat simpleks: kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi, peristiwa, atau keadaan. Kalimat simpleks (yang sesungguhnya sama dengan kalimat tunggal) hanya mengandung satu struktur: subjek^predikator^(pelengkap)^(keterangan).
Unsur yang diletakkan di dalam kurung belum tentu ada dalam kalimat. Pada contoh berikut ini yang dimaksud verba utama adalah menulis. Verba tinggal pada unsur subjek dianggap bukan verba utama. Kalimat tersebut mempunyai satu struktur, yaitu subjek^predikator^keterangan cara.
Pak guru yang tinggal di rumah dinas itu mengajar dengan baik
subjek predikator keterangan cara

kalimat kompleks : kalimat yang terdiri atas lebih dari satu aksi, peristiwa, atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur. Struktur yang satu dan struktur yang lain biasanya dihubungkan oleh konjungsi, tetapi sering pula hubungan itu hanya ditunjukkan oleh tanda koma atau titik koma, bahkan tidak ditunjukkan oleh tanda baca apa pun. Kalimat kompleks dibagi menjadi dua jenis, yaitu kalimat kompleks parataktik dan kalimat kompleks hipotaktik.

kalimat kompleks parataktik : kalimat kompleks yang terdiri atas dua struktur atau lebih yang dinyatakan dengan hubungan konjungtif sejajar dengan makna, antara lain dan, tetapi, dan atau. Contoh berikut ini mengandung dua verba utama, yaitu masing-masing disebut, dalam dua struktur yang dirangkaikan oleh konjungsi dan.

kritik: tanggapan atau kecaman yang disertai pertimbangan baik atau buruk terhadap suatu karya atau pendapat.

laporan: jenis teks yang berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi. Teks laporan juga sering disebut teks klasifikasi. Teks ini mengutamakan hubungan antara kelas dan sub-subkelas atau anggota-anggota kelas yang ada. Struktur teksnya adalah pernyataan umum/klasifikasi^anggota/aspek yang dilaporkan.

makna : arti; maksud pembicara atau penulis; pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan.
makna metafungsional: makna yang secara simultan terbangun dari tiga fungsi bahasa, yaitu fungsi ideasional, fungsi interpersonal, dan fungsi tekstual. => fungsi.

makna khusus : makna istilah yang digunakan di bidang ilmu tertentu. makna umum: makna istilah yang digunakan dengan cara yang sama pada semua bidang.

mamalia : hewan menyusui.

meneroka (berasal dari kata dasar teroka): menjelajahi; menelusuri.

morfem : satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna secara relatif stabil dan tidak dapat dibagi lagi menjadi bagian bermakna yang lebih kecil.

multilingual : berhubungan dengan kemampuan untuk menggunakan dua bahasa atau lebih.=> bilingual.

naratif : teks rekaan yang berisi komplikasi yang menimbulkan masalah yang memerlukan waktu untuk melakukan evaluasi agar dapat memecahkan masalah tersebut. Teks naratif umumnya dijumpai pada dongeng, hikayat, cerita pendek, atau novel. Struktur teksnya adalah  abstrak^orientasi^komplikasi^evaluasi^resolusi^koda.

negosiasi : bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan. Teks yang mengandung unsur negosiasi disebut teks negosiasi. Struktur teksnya adalah pembukaan^isi^penutup. observasi (nomina), mengobservasi (verba): pengamatan, mengamati. => laporan

Opini : jenis teks yang mengajukan pendapat, ide, atau pikiran pribadi untuk menjelaskan kecenderungan tertentu terhadap sesuatu. Teks opini tergolong ke sisi dalam teks eksposisi, yang dikenal juga dengan sebuatan argumentasi satu. Teks opini pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisis subjektif berdasarkan fakta dan data. Dengan serentetan argumentasi yang disajikan berusaha memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Teks opini ini juga kerap mengungkapkan penilaian atau saran terhadap sesuatu, atau kebijakan subjek dalam memutuskan sesuatu. Terdapat dua macam teks opini, yaitu opini analitis dan opini hortatoris. Opini analitis berkenaan dengan konsep atau teori tentang sesuatu, sedangkan opini hortatoris berkenaan dengan tindakan yang perlu dilakukan atau kebijakan yang perlu dibuat. Diterima atau tidaknya gagasan atau usulan tersebut oleh pihak lain bergantung kepada kuat atau tidaknya argumentasi yang diajukan. Teks opini disusun dengan struktur teks pernyataan pendapat ^argumentasi^reiterasi.


Pantun : merupakan salah satu jenis sastra lisan yang berbentuk puisi. Teks pantun berperan sebagai alat pemelihara bahasa. Selain itu, teks pantun juga diyakini sebagai penjaga alur berpikir manusia. Di samping melatih seseorang berpikir secara logis tentang makna kata, pantun juga melatih seseorang untuk berpikir secara asosiatif tentang kaitan kata yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, teks ini mencerminkan kepiawaian seseorang dalam berpikir dan bermainmain dengan kata. Teks pantun terdiri atas empat larik/baris dan bersajak akhir a-b-a-b atau a-a-a-a. Lazimnya, teks pantun terdiri atas dua bagian: dua baris pertama disebut sampiran dan dua baris terakhir disebut isi. Sampiran, yang biasanya berupa sketsa alam/ suasana (mencirikan masyarakat pendukungnya), berfungsi sebagai pengantar (paling tidak menyiapkan rima/sajak dan irama dua baris terakhir) untuk mempermudah pemahaman isi pantun.

paspor: buku kecil yang berisi keterangan identitas diri yang berfungsi sebagai KTP internasional. penceritaan (recount): jenis teks yang berisi pengungkapan pengalaman atau peristiwa yang dilakukan pada masa lampau. Struktur teksnya adalah orientasi^urutan peristiwa^reorientasi.

prosedur : jenis teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik, tetapi apabila teks prosedur mengandung langkahlangkah yang dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol.
Struktur teksnya adalah tujuan yang akan dicapai^langkah-langkah. reptilia: hewan melata, seperti ular, kadal, buaya, dan komodo struktur teks: tata organisasi teks, yaitu cara teks disusun. Sebuah teks ditata sesuai dengan jenisnya. Misalnya, teks prosedur mempunyai struktur teks tujuan yang akan dicapai^langkah-langkah; teks laporan mempunyai struktur teks pernyataan umum/ klasifikasi^anggota/ aspek yang dilaporkan.