Tujuan:
|
Anak dapat mengenal lebih rinci mengenai Peta. |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memilih salah
satu jawaban yang benar ! |
1.
|
Ilmu dan seni tentang pembuatan peta disebut . . .
|
|
a. kartografi
|
|
b. kaligrafi
|
|
c. manuskrip
|
|
d. topografi
|
2.
|
Skala yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata disebut . . .
|
|
a. skala
verbal
|
|
b. skala
numeris
|
|
c. skala angka
|
|
d. skala
grafis
|
3.
|
Apakah yang dimaksud dengan skala grafis ?
|
|
a. skala yang
dinyatakan dalam bentuk garis
|
|
b. skala yang
dinyatakan dalam bentuk lingkaran
|
|
c. skala yang
dinyatakan dalam bentuk bilangan
|
|
d. skala yang
dinyatakan dalam bentuk kata-kata
|
4.
|
Perbandingan jarak antara dua tempat atau lebih pada peta
dengan jarak yang sebenarya di permukaan bumi disebut. . .
|
|
a. wilayah
peta
|
|
b. kronografi
peta
|
|
c. skala peta
|
|
d. geografis
peta
|
5.
|
Peta khusus disebut juga dengan peta . . .
|
|
a. topografi
|
|
b. kronografi
|
|
c. tematik
|
|
d. peta umum
|
6.
|
Peta seluruh permukaan bumi yang menyajikan keterangan
secara umum disebut . . .
|
|
a. peta daerah
|
|
b. peta dunia
|
|
c. peta khusus
|
|
d. peta umum
|
7.
|
Berikut ini adalah syarat-syarat peta yang baik, kecuali .
. .
|
|
a. memiliki
petunjuk arah yang benar
|
|
b. memiliki
ukuran luas relatif yang akurat
|
|
c. memiliki
bentuk yang benar
|
|
d. memiliki
ukuran yang bebas
|
8.
|
Peta yang menyajikan daerah yang luas, negara serta benua
dengan menggunakan skala yang terkecil adalah . . .
|
|
a. peta
topografi
|
|
b. peta
kronografi
|
|
c. peta
tematik
|
|
d. peta umum
|
9.
|
Skala yang dinyatakan dalam bentuk bilangan adalah skala .
. .
|
|
a. manuskrip
|
|
b. grafis
|
|
c. verbal
|
|
d. numeris
|
10.
|
Peta politik, peta lalu lintas dan peta geologi termasuk
peta . . .
|
|
a. umum
|
|
b. numeris
|
|
c. tematik
|
|
d. khusus
|
Mengenal Suku
Bangsa Indonesia
Tujuan:
|
Anak dapat mengenal suku/marga yang terdapat di setiap
Provinsi di Indonesia. |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih
salah satu jawaban yang benar ! |
1.
|
Suku Palembang berasal dari Provinsi ......
|
|
a. Sumatera
Utara
|
|
b. Sumatera
Selatan
|
|
c. Sulawesi
Utara
|
|
d. Sulawesi
Tengah
|
2.
|
Provinsi Jawa Timur terdapat suku .....
|
|
a. Banten
|
|
b. Betawi
|
|
c. Madura
|
|
d. Melayu
|
3.
|
Suku yang terdapat di Provinsi Kalimantan Barat adalah
suku ......
|
|
a. Dayak
|
|
b. Asmat
|
|
c. Bugis
|
|
d. Kerinci
|
4.
|
Di bawah ini merupakan suku-suku yang berada di Provinsi
Nanggroe Aceh Darussalam, kecuali ......
|
|
a. Aceh
|
|
b. Gayo
|
|
c. Simelu
|
|
d. Lebong
|
5.
|
Manakah suku yang berada Provinsi di Sulawesi Selatan ?
|
|
a. Makassar
|
|
b. Pamona
|
|
c. Tengger
|
|
d. Minahasa
|
6.
|
Terdapat di Provinsi manakah suku Asmat ?
|
|
a. Bali
|
|
b. DKI Jakarta
|
|
c. Papua
|
|
d. Maluku
|
7.
|
Suku Flores terdapat di Provinsi ......
|
|
a. Sulawesi
Utara
|
|
b. Nusa
Tenggara Timur
|
|
c. Lampung
|
|
d. Bengkulu
|
8.
|
Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat suku ......
|
|
a. Badui
|
|
b. Jawa
|
|
c. Betawi
|
|
d. Biak
|
9.
|
Berikut ini adalah suku yang berada di Provinsi Jawa Barat
dan Banten, kecuali ......
|
|
a. Banten
|
|
b. Badui
|
|
c. Sunda
|
|
d. Biak
|
10.
|
Suku Dayak terdapat di Provinsi ......
|
|
a. Kalimantan
Selatan
|
|
b. Kalimantan
Utara
|
|
c. Kalimantan
Timur
|
|
d. Kalimantan
Barat
|
Mengenal
Berbagai Kenampakan Alam
Tujuan:
|
Anak dapat mengenal berbagai macam nama dan letak
kenampakan alam di Indonesia. |
Petunjuk:
|
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu
jawaban yang benar !
|
1.
|
Dataran tinggi Cianjur terletak di Provinsi ......
|
|
a. DKI Jakarta
|
|
b. Gorontalo
|
|
c. Jawa Barat
|
|
d. Jawa Tengah
|
2.
|
Dimanakah letak dataran tinggi Minahasa ?
|
|
a. Sulawesi
Utara
|
|
b. Sulawesi
Tenggara
|
|
c. Kalimantan
Barat
|
|
d. Kalimantan
Selatan
|
3.
|
Berikut ini pantai yang terletak di Provinsi Bali yaitu
......
|
|
a. Ancol
|
|
b. Pelabuhan
Ratu
|
|
c. Losiana
|
|
d. Kuta
|
4.
|
Pantai Ancol terletak di Provinsi ......
|
|
a. DKI Jakarta
|
|
b. Banten
|
|
c. Jawa Tengah
|
|
d. DI
Yogyakarta
|
5.
|
Terletak di Provinsi manakah Pantai Carita ......
|
|
a. DKI Jakarta
|
|
b. Banten
|
|
c. Jawa Tengah
|
|
d. DI
Yogyakarta
|
6.
|
Berikut ini gunung yang terletak di Nusa Tenggara Barat adalah
Gunung ......
|
|
a. Merapi
|
|
b. Rinjani
|
|
c. Kerinci
|
|
d. Galunggung
|
7.
|
Pegunungan Jaya Wijaya terletak di Provinsi ......
|
|
a. Jawa Barat
|
|
b. Bengkulu
|
|
c. Papua
|
|
d. Gorontalo
|
8.
|
Dimanakah letak Pegunungan Sewu ?
|
|
a. DI
Yogyakarta
|
|
b. Jawa Timur
|
|
c. Jawa Barat
|
|
d. DKI Jakarta
|
9.
|
Selat apakah yang menghubungkan antara Kalimantan dan
Sulawesi ?
|
|
a. Selat
Berhala
|
|
b. Selat
Lombok
|
|
c. Selat
Karimata
|
|
d. Selat
Makasar
|
10.
|
Selat Sunda menghubungkan antara ......
|
|
a. Sumatera
dan Jawa
|
|
b. Jawa dan
Lombok
|
|
c. Timor dan
Rote
|
|
d. Sumatera
dan Kalimantan
|
Sumber Daya
Alam
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui jenis dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kegiatan ekonomi.
|
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Apakah yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat
diperbaharui?
|
|
a. sumber daya
alam yang terbatas
|
|
b. dapat
dihasilkan kembali setelah digunakan
|
|
c. tidak dapat
dipakai berulang-ulang
|
|
d. tidak dapat
dihasilkan kembali setelah digunakan
|
2.
|
Contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
adalah . . .
|
|
a. gas alam
|
|
b. hasil
peternakan
|
|
c. hasil
pertanian
|
|
d. hasil
perikanan
|
3.
|
Di bawah ini adalah merupakan sumber daya alam yang dapat
diperbaharui, kecuali . . .
|
|
a. hasil
perkebunan
|
|
b. hasil
perikanan
|
|
c. minyak bumi
|
|
d. hasil
pertanian
|
4.
|
Di bawah ini adalah kekayaan alam dari hasil perkebunan
kecuali . . .
|
|
a. kelapa
sawit
|
|
b. kopi
|
|
c. rotan
|
|
d. cengkeh
|
5.
|
Kekayan alam hasil dari laut ialah . . .
|
|
a. trumbu
karang
|
|
b. batu bara
|
|
c. buncis
|
|
d. ulat sutera
|
6.
|
Di bawah ini yang merupakan dari hasil tambang adalah . .
.
|
|
a. ikan
|
|
b. kina
|
|
c. domba
|
|
d. timah
|
7.
|
Apakah manfaat dari sumber daya kelapa sawit?
|
|
a. bahan
banggunan
|
|
b. bahan
pakaian
|
|
c. bahan
minyak goreng
|
|
d. bahan bakar
|
8.
|
Bagaimanakah cara usaha-usaha untuk pelestarian kekayaan
alam?
|
|
a. membuang
limbah di sungai
|
|
b. menangkap
ikan dengan bahan peledak
|
|
c. mendaur
ulang bahan-bahan bekas
|
|
d. menebang
semua pohon di hutan
|
9.
|
Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam
di daerah pedesan lebih cocok untuk kegiatan . . .
|
|
a. perkantoran
|
|
b. pelabuhan
|
|
c. perkebunan
|
|
d. perdagangan
|
10.
|
Kegiatan ekonomi masyarakat yang dipengaruhi keadaan alam
di daerah perkotaan lebih cocok untuk kegiatan .....
|
|
a.
perdagangan
|
|
b. perikanan
|
|
c. perkebunan
|
|
d. peternakan
|
Kenampakan Alam
Tujuan:
|
anak dapat memahami hubungan kenampakan alam dengan
gejalanaya.
|
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Di bawah ini merupakan kenampakan alam, kecuali?
|
|
a. lereng
|
|
b. banjir
|
|
c. puncak
|
|
d. sungai
|
2.
|
Kenampakan alam dapat dibedakan menjadi dua yaitu . . .
|
|
a. kenampakan
wilayah daratan dan perairan
|
|
b. kenampakan
wilayah udara dan daratan
|
|
c. kenampakan
wilayah pantai dan perairan
|
|
d. kenampakan
wilayah langit dan perairan
|
3.
|
Yang termasuk kenampakan alam wilayah daratan adalah . . .
|
|
a. sungai
|
|
b. danau
|
|
c. laut
|
|
d. gunung
|
4.
|
Di bawah ini yang tidak termasuk kenampakan alam wilayah
perairan adalah . . .
|
|
a. selat
|
|
b. tanjung
|
|
c. danau
|
|
d. laut
|
5.
|
Yang umumnya banyak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian,
adalah . . .
|
|
a. dataran
tinggi
|
|
b. pantai
|
|
c. gunung
|
|
d. dataran
rendah
|
6.
|
Perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah
pulau dinamakan dengan . . .
|
|
a. sungai
|
|
b. danau
|
|
c. selat
|
|
d. gunung
|
7.
|
Di bawah ini adalah yang termasuk dengan bencana atau
peristiwa alam kecuali . . .
|
|
a. tanah
longsor
|
|
b. penghijauan
|
|
c. gempa bumi
|
|
d. banjir
|
8.
|
Gerakan atau goncangan lapisan permukaan bumi di sebut
dengan . . .
|
|
a. angin topan
|
|
b. tanah
longsor
|
|
c. banjir
|
|
d. gempa bumi
|
9.
|
Pada saat kapankah angin topan terjadi?
|
|
a. saat
pergantian musim
|
|
b. saat musim
kemarau
|
|
c. saat musim
hujan
|
|
d. saat tanah
longsor
|
Peta
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
|
1.
|
Gambar seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang
dilukiskan kesuatu bidang datar dengan perbandingan atau skala tertentu
disebut . . .
|
|
a. skala
|
|
b. poster
|
|
c. peta
|
|
d. buku
|
2.
|
Peta desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan
provinsi. Termasuk contoh dari . . . .
|
|
a. wilayah
sempit
|
|
b. wilayah
luas
|
|
c. skala besar
|
|
d. skala kecil
|
3.
|
Apakah yang termasuk dari contoh wilayah yang luas ?
|
|
a. peta desa
|
|
b. peta
kelurahan
|
|
c. peta
pulau-pulau
|
|
d. peta
kecamatan
|
4.
|
Perbandingan jarak antara dua titik pada peta dengan jarak
sebenarnya di permukaan bumi, disebut . . .
|
|
a. legenda
|
|
b. skala
|
|
c. penggaris
|
|
d. jarak
tempuh
|
5.
|
Skala angka disebut juga dengan skala . . .
|
|
a. numerik
|
|
b. grafis
|
|
c. garis
|
|
d. huruf
|
6.
|
Dibawah ini adalah merupakan syarat-syarata sebuah peta,
kecuali . . .
|
|
a. judul peta
|
|
b. tulisan
|
|
c. skala
|
|
d. legenda
|
7.
|
Biasanya terletak dibagian manakah legenda itu ?
|
|
a. atas
|
|
b. tengah
|
|
c. samping
atas
|
|
d. kiri atau
kanan
|
8.
|
Untuk memperjelas perbedaan satu tempat dengan tempat
lainnya dialam sebenarnya adalah fungsi dari . . .
|
|
a. garis tepi
peta
|
|
b. judul peta
|
|
c. legenda
|
|
d. tata warna
|
9.
|
Umumnya skala kecil mencakup . . .
|
|
a. jalan raya
|
|
b. peta benua
|
|
c. rumah
|
|
d.
bangunan-bangunan
|
10.
|
Apa sajakah langkah-langkah untuk persiapan menggambar
peta ?
|
|
a. buku
bacaan, buku tulis, penghapus
|
|
b. buku atlas,
penggaris, tas
|
|
c. buku
atlas, buku gambar, alat tulis
|
|
d. buku komik
dan alat tulis
|
Hak dan
Kewajiban
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Segala sesuatu yang secara sah harus di terima oleh
seseorang adalah pengertian dari . . .
|
|
a. keharusan
|
|
b. hukum
|
|
c. hak
|
|
d. kewajiban
|
2.
|
Segala segala sesuatu yang harus dilaksanakan atau
dilakukan oleh seseorang sesuai dengan aturan yang berlaku merupakan
pengertian . . .
|
|
a. hak
|
|
b. kewajiban
|
|
c. hukum
|
|
d.
pemerintahan
|
3.
|
Hak yang harus diberikan pemerintah kepada warga
negaranya, adalah . . .
|
|
a. memperoleh
pendidikan
|
|
b. menjunjung
tinggi hukum yang berlaku
|
|
c. menjaga
keamanan
|
|
d. menjaga
kebersihan
|
4.
|
Di bawah ini adalah kewajiban warga negara terhadap
pemerintah, kecuali . . .
|
|
a. menghormati
dan menghargai pemerintahan
|
|
b. ikut serta
dalam membela negara
|
|
c. menjunjung
tinggi hukum yang berlaku
|
|
d. memperoleh
rasa aman dan nyaman
|
5.
|
Akan mendapat apakah jika kewajiban tidak dilaksanakan?
|
|
a. sanksi
|
|
b. uang
|
|
c. hadiah
|
|
d. kejutan
|
6.
|
Apakah kewajiban bagi orang kaya dan yang berkecukupan ?
|
|
a. meminta
pajak
|
|
b. mengabaikan
pajak
|
|
c. wajib
membayar pajak
|
|
d. berhutang
|
7.
|
Tiap warga negara berhak memperoleh pendidikan termasuk
dalam pasal . . .
|
|
a. 26 ayat 1
|
|
b. 31 ayat 1
|
|
c. 30 ayat 1
|
|
d. 32 ayat 2
|
8.
|
Apakah yang dimaksud dalam pasal 30 ayat 1 ?
|
|
a. tiap warga
negara berhak memperoleh pendidikan
|
|
b. menjunjung
tinggi hukum dan pemerintahan
|
|
c. tiap warga
negara berhak ikut esrta dalam bela negara
|
|
d. ikut serta
dalam bela negara
|
9.
|
Peraturan pemerintah harus kita . . .
|
|
a. tidak
pedulikan
|
|
b. langgar
|
|
c. patuhi
|
|
d. diamkan
|
10.
|
Apakah akibat dari bila kewajiban terhadap negara tidak
dilaksanakan ?
|
|
a.
pembangunan akan macet
|
|
b.
pembangunan kan berjalan dengan baik
|
|
c.
perekonomian semakin meningkat
|
|
d. hidup
masyarakat sejahtera
|
Peninggalan
Sejarah Indonesia
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Peninggalan-peninggalan sejarah disebut juga sumber
sejarah adalah sebagai berikut, kecuali . . .
|
|
a. sumber
lisan
|
|
b. sumber air
|
|
c. sumber tulisan
|
|
d. sumber
benda
|
2.
|
Sisa tulang belulang manusia dan hewan atau sisa tumbuhan
yang telah membantu disebut . .
|
|
a. prasasti
|
|
b. candi
|
|
c. relief
|
|
d. fosil
|
3.
|
Peninggalan sejarah yang berupa tulisan adalah . . .
|
|
a. candi
|
|
b. prasasti
|
|
c. benteng
|
|
d. fosil
|
4.
|
Candi yang dikenal sebagai candi loro jonggrang adalah . .
.
|
|
a. candi
prambanan
|
|
b. candi
borobudur
|
|
c. candi
portibi
|
|
d. candi muara
takus
|
5.
|
Gambar yang diukir pada permukaan candi disebut . . .
|
|
a. prasasti
|
|
b. benteng
|
|
c. relief
|
|
d. fosil
|
6.
|
Di bwah ini adalah beberapa macam relief, kecuali . . .
|
|
a. awadana dan
jataka
|
|
b.
lalitavistara
|
|
c. mulawarman
|
|
d.
karmawibhangga
|
7.
|
Candi borobudur merupakan bangunan suci agama . . .
|
|
a. budha
|
|
b. hindu
|
|
c. islam
|
|
d. katolik
|
8.
|
Relief yang menggambarkan sebab akibat adalah relief. . .
|
|
a. awadana
|
|
b. jataka
|
|
c.
karmawibhangga
|
|
d.
lalitavistara
|
9.
|
Di benteng apakah presiden Ir. Soekarno pernah ditahan ?
|
|
a. Fort de
Kock
|
|
b. Fort
Rotterdam
|
|
c. Otanah
|
|
d. marlborough
|
10.
|
Istana Siak merupakan peninggalan kerajaan . . .
|
|
a. deli
|
|
b. Melayu
|
|
c. mataram
|
|
d. sriwijaya
|
Nilai-nilai
Pancasila
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Siapakah yang mengusulkan lima dasar negara Indonesia pada
tanggal 29 Mei 1945 ?
|
|
a. Dr. Supomo
|
|
b. Mr.Muhammd
Yamin
|
|
c. Ir.
Soekarno
|
|
d. tentara
jepang
|
2.
|
Yang melambangkan dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
adalah . . .
|
|
a. pohon
beringin
|
|
b. kepala
banteng
|
|
c. padi dan
kapas
|
|
d. rantai
|
3.
|
Ada berapa bulukah yang terdapat pada ekor burung garuda ?
|
|
a. 17
|
|
b. 19
|
|
c. 45
|
|
d. 8
|
4.
|
Yang melambangkan dasar persatuan Indonesia adalah . . .
|
|
a. pohon
beringin
|
|
b. kepala
banteng
|
|
c. padi dan
kapas
|
|
d. rantai
|
5.
|
Yang melambangkan dasar kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan adalah . . .
|
|
a. pohon
beringin
|
|
b. kepala
banteng
|
|
c. padi dan
kapas
|
|
d. rantai
|
6.
|
Contoh dari kegiatan yang berhubungan dengan sesama
manusia adalah . . .
|
|
a. memelihara
tanaman
|
|
b. menjenguk
orang sakit
|
|
c. olah raga
teratur
|
|
d. menjaga
kesehatan badan
|
7.
|
Kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan dimana kita
berada adalah . . .
|
|
a. disiplin
belajar
|
|
b.
melaksanakan ibadah
|
|
c.
melestarikan keindahan
|
|
d. menghadiri
undangan
|
8.
|
Menghormati sesama umat beragama, termasuk pengamalan sila
. . .
|
|
a. Ketuhanan
yang Maha Esa
|
|
b. kemanusiaan
yang adil dan beradab
|
|
c. Persatuan
Indonesia
|
|
d. keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
|
9.
|
Yang termasuk dengan pengamalan sila keadilan sosial bagi
seluruh rayat Indonesia adalah . . .
|
|
a. menghormati
sesama umat beragama
|
|
b. saling
mencintai sesama manusia
|
|
c. rela
berkorban untuk kepentingan negara
|
|
d. menghormati
hak orang lain
|
10.
|
Dibawah ini adalah butir dari sila kemanusiaan yang adil
dan beradab, kecuali . . .
|
|
a. saling
mencintai sesama manusia
|
|
b. menghargai
martabat sesama manusia
|
|
c. menghargai
hasil karya orang lain
|
|
d.
mengembangkan sikap tenggang ras
|
Kepahlawanan
dan Patriotisme
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya
dalam membela kebenaran, merupakan pengertian dari . . .
|
|
a. patriotisme
|
|
b. chauvinisme
|
|
c.
kepahlawanan
|
|
d. pahlawan
|
2.
|
Suatu keadaan yang menunjukkan sifat keberanian,
keperkasaan dan kerelaan untuk berkorban dalam membela kebenaran adalah
pengertian. . .
|
|
a.
kepahlawanan
|
|
b. bertanggung
jawab
|
|
c. patriotisme
|
|
d. keberanian
|
3.
|
Dibawah ini adalah ciri-ciri sikap kepahlawanan dan
patriotisme, kecuali . . .
|
|
a. berani
|
|
b. tegas
|
|
c. ingin
menang sendiri
|
|
d. bertanggung
jawab
|
4.
|
Memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme tercermin pada
. .
|
|
a. menjadi
orang yang suka menolong
|
|
b. selalu
membeci orang
|
|
c. menodong
orang lain
|
|
d. tidak
membayar pajak
|
5.
|
Contoh dari sikap terpuji dan bertanggung jawab adalah . .
.
|
|
a.
menyembunyikan kesalahan
|
|
b. malu
meminta maaf
|
|
c. tidak
memaafkan orang lain
|
|
d. berani
mengakui kesalahan
|
6.
|
Meminta maaf dan memberi maaf termasuk sikap . . .
|
|
a. tidak
bertanggung jawab
|
|
b. terpuji
|
|
c. tercela
|
|
d. sikap
memalukan
|
7.
|
Apakah yang dimaksud dengan patriotisme . . .
|
|
a. cinta tanah
air
|
|
b. sikap
bertanggung jawab
|
|
c. saling
menghargai
|
|
d. keberanian
|
8.
|
Contoh sikap patriostisme adalah yang adalah . . .
|
|
a. takut
berkorban
|
|
b. ingin
menang sendiri
|
|
c. rela
berkorban
|
|
d. bersikap
semena-mena
|
9.
|
Contoh dari sikap kepahlawanan dan patriostisme dimasa
sekarang adalah . . .
|
|
a. berjuang
menghapus kemiskinan
|
|
b. melawan
penjajah
|
|
c. melakukan
tidak kejahatan
|
|
d. menghukum
maling dengan berlebihan
|
10.
|
Apakah istilah dari sikap cinta tanah air yang berlebihan?
|
|
a. komunisme
|
|
b.
chauvinisme
|
|
c. patriotisme
|
|
d.
solidarisme
|
11.
|
Contoh dari sikap cinta tanah air yang berlebihan adalah .
. .
|
|
a. malas
sekolah
|
|
b. membuang
sampah sembarangan
|
|
c. tidak
mengikuti kegiatan masyarakat
|
|
d. merasa
bangsanya yang paling maju
|
12.
|
Salah satu sikap rela berkorban dalam kehidupan
sehari-hari di masyarakat adalah . . .
|
|
a. ikut
membersihkan lingkungan
|
|
b. mengotori
lingkungan
|
|
c.
mencoret-coret tembok
|
|
d. merusak tanaman
|
13.
|
Salah satu cara menghargai jasa para pahlawan yang berjasa
dalam membela negara adalah . . .
|
|
a. membuat
keonaran
|
|
b. mengotori
lingkungan
|
|
c. belajar
dengan tekun
|
|
d. cuek saja
|
14.
|
Berikut ini siapakah yang berjuang pada bangsa kita dalam
bidang pendidikan ?
|
|
a. Ki Hajar
Dewantara
|
|
b. R.A
KArtini
|
|
c. Supriyadi
|
|
d. Sudirman
|
15.
|
Tokoh yang berjuang di bidang politik ialah . . .
|
|
a. WR. Supratman
|
|
b. Supriyadi
|
|
c. Ir.
Soekarno
|
|
d. Guru
|
16.
|
Apakah salah satu warisan dari hasil perjuangan para
pejuang bagi bangsa kita ?
|
|
a. tanah
|
|
b. UUD 1945
|
|
c. uang
|
|
d. rumah
|
17.
|
Mengapa para pejuang berjasa bagi bangsa kita ?
|
|
a. karena
telah mendatangkan penjajah
|
|
b. karena
telah bekerjasama dengan penjajah
|
|
c. karena
telah menimbulkan perang
|
|
d. karena
telah mengusir penjajah
|
18.
|
Apakah jasa dari para petani bagi masyarakat ?
|
|
a.
menyediakan peralatan elektronik
|
|
b.
menyediakan kebutuhan sandang-pangan
|
|
c. menangkap
ikan
|
|
d. menggali
bahan tambang
|
19.
|
Apakah jasa guru disekolah bagi murid-muridnya ?
|
|
a.
mengajarkan kejahatan
|
|
b.
mengajarkan masak-memasak
|
|
c.
mengajarkan ilmu pengetahuan
|
|
d.
mengajarkan cara bermain
|
20.
|
Sikap saling memaafkan diperlukan agar kita dapat hidup .
. .
|
|
a. rukun
|
|
b. bertengkar
|
|
c. ermusuhan
|
|
d. acuh tak
acuh
|
Perkembangan
Teknologi
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Cara melakukan kegiatan dengan menggunakan alat tertentu
untuk menghasilkan barang, disebut . . .
|
|
a. teknologi
|
|
b. produksi
|
|
c. teknologi
produksi
|
|
d. disribusi
|
2.
|
Apakah yang dimaksud dengan produksi?
|
|
a. kegiatan
yang menghasilkan barang
|
|
b. kegiatan
yang menghasilkan untung
|
|
c. kegiatan
yang menghasilkan rugi
|
|
d. kegiatan
yang menghasilkan uang
|
3.
|
Salah satu alat tradisional untuk membuat perlengkapan
rumah tangga memotong kayu dengan . . .
|
|
a. gergaji
listrik
|
|
b. mesin bor
|
|
c. kapak
|
|
d. pisau dapur
|
4.
|
Sebelum ditemukannya kendaraan bermesin, alat transportasi
yang digunakan pada masa lalu ialah . . .
|
|
a. sepeda
motor
|
|
b. mobil
|
|
c. helikopter
|
|
d. pedati
|
5.
|
Kegiatan menyampaikan pesan dan menerima pesan disebut . .
.
|
|
a. komunitas
|
|
b. komunikasi
|
|
c. bergosip
|
|
d. bertengkar
|
6.
|
Dengan cara apa sajakah kita dapat menyampaikan pesan ?
|
|
a. lisan
|
|
b. tulisan
|
|
c. isyarat
|
|
d. benar semua
|
7.
|
Pesan yang menggunakan isyarat yaitu :
|
|
a. surat
|
|
b. semapur
|
|
c. pluit
|
|
d. telepon
|
8.
|
Telepon, radio, televisi dan internet termasuk komunikasi
. . .
|
|
a. komunikasi
lisan
|
|
b. komunikasi
aba-aba
|
|
c. kumunikasi
isyarat
|
|
d. komunikasi
tertulis
|
9.
|
Sebelum mengenal kertas, dahulu orang menulis surat pada .
. .
|
|
a. plastik
|
|
b. daun
|
|
c. kayu
|
|
d. batu
|
10.
|
Kelemahan dari menggunakan alat transportasi modern adalah
. . .
|
|
a. mencegah
polusi
|
|
b. menghapus
polusi
|
|
c.
menghindari polusi
|
|
d.
menimbulkan polusi
|
Mengenal Pasar
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk
melakukan transaksi jual beli barang, disebut . . .
|
|
a. kantor
|
|
b. rumah
|
|
c. klinik
|
|
d. Pasar
|
2.
|
Setiap pembeli selalu menginginkan barang yang . . .
|
|
a. mahal
|
|
b. murah
|
|
c. jelek
|
|
d. rusak
|
3.
|
Pasar nyata dan pasar tidak nyata merupakan jenis pasar
berdasarkan . . .
|
|
a. bentuk
bangunan
|
|
b. jenis
barang
|
|
c. bentuk
kegiatan
|
|
d. jenis
kebutuhan
|
4.
|
Penjual dan pembeli tidak saling berhadapan dan
masing-masing diwakili oleh seseorang, merupakan pengertian dari . . .
|
|
a. pasar nyata
|
|
b. pasar tidak
nyata
|
|
c. pasar induk
|
|
d. pasar
tradisional
|
5.
|
Wakil penjual dan pembeli pada pasar tidak nyata disebut .
. .
|
|
a. pialang
|
|
b. pembeli
|
|
c. penjual
|
|
d. kasir
|
6.
|
Pasar yang menjual surat-surat berharga kepemilikan
disebut . . .
|
|
a. bursa
|
|
b. saham
|
|
c. bursa saham
|
|
d. saham dan
bursa
|
7.
|
Pasar tradisional dan pasar modern termasuk jenis pasar
berdasarkan . . .
|
|
a. jenis
barang
|
|
b. bentuk
bangunan
|
|
c. jenis
kebutuhan
|
|
d. bentuk
bangunan
|
8.
|
Berikut ini merupakan pasar yang berdasarkan jenis barang,
kecuali . . .
|
|
a. pasar loak
|
|
b. pasar induk
|
|
c. pasar
tradisional
|
|
d. pasar ikan
|
9.
|
Pasar yang menjual satu jenis barang dalam jumlah besar,
disebut . . .
|
|
a. pasar nyata
|
|
b. pasar loak
|
|
c. pasar
modern
|
|
d. pasar induk
|
10.
|
Kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda dan tidak
mendesak, disebut . . .
|
|
a. kebutuhan
sekunder
|
|
b. kebutuhan
primer
|
|
c. broker
|
|
d. kebutuhan
pokok
|
Keragaman Suku
Bangsa dan Budaya
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban dengan tepat!
|
1.
|
Apakah makna dari Bhineka Tunggal Ika?
|
|
a. perbedaan
menimbulkan perpecahan
|
|
b. walaupun
runtuh tapi tetap satu
|
|
c.
berbeda-beda tapi tetap satu
|
|
d.
berbeda-beda pasti runtuh
|
2.
|
Indonesia memiliki keragaman budaya, kecuali?
|
|
a. kesenian daerah
|
|
b. model
rambut
|
|
c. cara
berpakaian
|
|
d. upacara
adat
|
3.
|
Suku bangsa yang masih mendiami daerah pedalaman adalah .
. .
|
|
a. Sumatera
|
|
b. Papua
|
|
c. Kalimantan
|
|
d. Jakarta
|
4.
|
Bahasa yang hidup dan berkembang pada masyarakat tertentu
merupakan . . .
|
|
a. bahasa
modern
|
|
b. bahasa
daerah
|
|
c. bahasa
sunda
|
|
d. bahasa
batak
|
5.
|
Bahasa nasional yang disepakati oleh bangsa kita sebagai
bahasa resmi negara adalah . . .
|
|
a. bahasa
indonesia
|
|
b. bahasa
daerah
|
|
c. bahasa kampung
|
|
d. bahasa
inggris
|
6.
|
Kesenian tradisional dari Madura adalah . . .
|
|
a. lompat batu
|
|
b. tari
seudati
|
|
c. karapan
sapi
|
|
d. ngaben
|
7.
|
Rumah adat joglo berasal dari provinsi . . .
|
|
a. Bali
|
|
b. Jawa tengah
|
|
c. Madura
|
|
d. Papua
|
8.
|
Siapakah yang pertama kali mengemukakan kalimat Bhineka
Tunggal Ika?
|
|
a. Mpu
Tantular
|
|
b. guru
|
|
c. presiden
|
|
d. Ayah
|
9.
|
Upacara pembakaran mayat di Bali dinamakan dengan . . .
|
|
a. lompat batu
|
|
b. ngaben
|
|
c. karapan
sapi
|
|
d. Joglo
|
10.
|
Yang tidak termasuk menghargai keragaman yang tumbuh di
masyarakat, adalah . . .
|
|
a. tidak membedakan
setiap suku bangsa
|
|
b. mencela
tradisi yang tumbuh dimasyarakat
|
|
c. tidak
membanggakan suku sendiri
|
|
d. mendukung
setiap kegiatan masyarakat
|