I. Pilihlah jawaban berikut dengan benar !
1.
Ditinjau dari segi bahasa terdapat
sejumlah kata atau istilah yang dihubungkan oleh para ahli untuk menjelaskan
kata tasawuf, salah satunya yaitu صفى yang memiliki arti ... .
a.
barisan
b.
hikmah
c.
suci
d.
serambi
e.
bulu domba
2.
Salah satu kata yang dianggap
sebagai salah satu asal kata tasawuf
adalah Shuf . hal ini disebabkan kaum sufi biasa menggunakan
pakaian dari bulu domba yang kasar sebagai lambang, kecuali ... .
a.
meminimalisir sikap takabur
b.
mendapat perhatian
masyarakat dengan kesederhanaan mereka
c.
kerendahan hati mereka
d.
menenangkan jiwa
e.
meninggalkan usaha-usaha
yang bersifat duniawi
3.
Tasawuf memiliki unsur yang
utama yaitu penyucian diri dan memiliki tujuan akhir yaitu kebahagiaan dan
keselamatan. Hal ini menurut pendapat dari
... .
a.
Zakaria Al Anshari
b.
Ibrahim Basyuni
c.
Abu yazid Bustami
d.
Al Junaid al Bagdadi
e.
Muhammad amin al Kurdy
4.
Tasawuf menurut konsep Abu Yazid
Al Bustomi adalah meliputi tiga aspek, yaitu Kha’(خ) , Ha’ (ح), Jim (ج).
Kha’(خ) disini maksudnya
adalah (التخلى) yang memiliki arti
... .
a.
bersemedi di tempat yang sepi
b.
mengosongkan diri dari perilaku
yang tercela
c.
mengisi hati dengan ibadah tiada
henti
d.
menghiasi diri dengan
kesederhanaan hidup
e.
mengalami kenyataan
ketuhanan
5.
Ahlus Suffah merupakan
salah satu kata yang dianggap sebagai asal kata tasawuf. Ahlus Suffah memiliki
arti orang yang ...
.
a.
hatinya selalu terpatut
dengan masjid
b.
tinggal di serambi masjid
pada zaman Rosulullah yang adatang dari berbagai penjuru
c.
suka akan makan, minum dan
tidur di masjid
d.
berjalan dari masjid ke
masjid
e.
hidup di sekitar lingkungan masjid
6.
Robi’ah Al-Adawiyah adalah
seorang sufi wanita yang mashur pada maqam ... .
a.
zuhud
b.
baqa’
c.
fana’
d.
ittihad
e.
mahabbah
7.
Menurut Abu Yazid Al Bustomi
tasawuf memiliki tiga aspek yaitu Kha’(خ) , Ha’ (ح),
Jim
(ج). Ha’ (ح)
disini maksudnya adalah (التحلى) yang memiliki arti ...
.
a.
mengalami kenyataan ketuhanan
b.
membebaskan diri dari hal-hal yang
tercela
c.
mengalami kenyataan bersatu dengan
tuhan
d.
menghiasai diri dengan
akhlak terpuji
e.
menghiasi diri dengan zuhud
duniawi
8.
Menurut Abu Yazid Al Bustomi
tasawuf memiliki tiga aspek yaitu Kha’(خ) , Ha’ (ح),
Jim
(ج). setiap huruf tersebut memiliki maksud,
huruf Jim (ج) berarti mengalami
kenyataan ketuhanan yang di sebut dengan istilah ... .
a.
الشريعه
b.
التخلى
c.
التعرف
d.
التجلي
e.
الحقيقة
9.
Bapak tasawuf modern adalah
sebutan untuk ... .
a.
Syekh Siti Jenar
b.
Imam Ghazali
c.
Hasan basri
d.
Al Junaid Al Bagdadi
e.
Abu Mansur Al Hallaj
10. Tasawuf adalah keberadaan bersama Allah SWT. Tanpa adanya
penghubung. Hal ini adalah menurut ... .
a.
Zakaria Al Anshari
b.
Ibrahim Basyuni
c.
Abu Yazid Bustomi
d.
Al Junaid Al Bagdadi
e.
Imam Hambali
11. Para orientalis berpendapat bahwa salah satu maqamat sufi Al Fana’ dianggap ada
persamaan dengan ajaran
agama ... .
a.
Katolik tentang surgawi
b.
Konghucu tentang bahena
c.
nasrani tentang penebusan
dosa
d.
Hindu tentang nirwana
e.
Budha tentang Mukhsa
12. Ditinjau dari segi lughawi kata Ridho berasal dari bahasa arab رضي – يرضى – رضاو رضوانا- yang memiliki arti ... .
a.
rela, mau, ingin
b.
rela, tidak memaksa
c.
rela, suka, senang hati
d.
rela, adil, lembut
e.
percaya, suka, senag hati
13. Apabila ditinjau dari sisi sasarannya, kerukunan terdiri dari
dua macam, yaitu kerukunan sesama ...
.
a.
tetangga dan toleransi
tetangga non muslim
b.
tamu dan toleransi selain
tamu muslim
c.
anggota dan toleransi
selain keluarga
d.
warga dan toleransi selain
warga dekat
e.
muslim dan toleransi dengan
selain muslim
14.
Islam mengajarkan supaya jangan
melakukan paksaan, tapi diwajibkan pula supaya seorang muslim menghormati
agama-agama lain dan menghargai pemeluknyadalam pergaulan di masyarakat, hal
ini sebagai bukti sikap yaitu ... .
a.
adanya kerukunan umat beragama
b.
toleransi hidup bermasayarakat
c.
toleransi dengan sesama umat
d.
toleransi dengan keluarga
e.
toleransi dengan sesama umat
manusia
15.
Menegakkan keadilan tanpa pandang
bulu, baik rakyat jelata maupun penguasa harus tunduk kepada hukum dan ajaran
Allah, jika ia melanggar harus menerima segala konsekwensinya yaitu hukuman. Pernyataan
ini sebagai wujud dari ajaran Islam yaitu menegakkan ... .
a.
keadilan dalam semua aspek
kehidupan
b.
kebaikan dalam semua kebutuhan
hidup
c.
keinginan dalam semua kesenangan
hidup
d.
kemauan dalam semua kesiapan hidup
e.
kebersamaan dalam semua tingkat
kehidupan
16.
Memberikan kesempatan kepada teman
kita yang berbeda agama untuk melaksanakan ibadah merupakan salah satu perwujudan
dari sikap toleransi. Toleransi
dalam istilah Islam disebut sikap ... .
a.
tausiyah
b.
ta’awun
c.
takaful
d.
tasamuh
e.
ta’aruf
17.
“Barang siapa yang mengerjakan
amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka
sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya
akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa
yang telah mereka kerjakan”. Hal ini terdapat dalam Q.S An-Nahl
ayat ... .
a.
98
b.
97
c.
99
d.
96
e.
95
18.
Tidak mencari atau memikirkan
sesuatu yang lain kecuali menerima apa yang ada adalah perwujudan dari sikap ...
.
a.
syukur
b.
ziadah
c.
qana’ah
d.
ridha
e.
hikmah
19.
Rosulullah SAW. Mengajarkan kepada
kita untuk saling menebarkan salam jika bertemu atau bertamu, diantara tujuan
dari salam adalah agar rasa ...
.
a.
kekompakan sesama dapat selalu
terbina dengan baik
b.
kasih sayangsesama dapat selalu
terpupuk dengan baik
c.
kepemilikan sesama dapat selalu
terkontrol dengan baik
d.
persaudaraan sesama dapat selalu
terpelihara dengan baik
e.
kebersamaan sesama dapat selalu
terjaga dengan baik
20.
Salam merupakan salah satu
manivestasi rasa kasih sayang muslim satu dengan muslim yang lainnya. Salam
yang diucapkan minimal adalah ... .
a.
Assalamu’alaikum
b.
Alaika wa’alaihissalam
c.
Assalamu’alaikum warahmatullah
d.
Wa’alaikum salam
e.
Alaika as-salam
21.
Berduaan antara pria dan wanita
yan bukan suami istri dan tidak pula mahram tanpa adanya orang ketiga dilarang,
perbuatan tersebut namanya yaitu ... .
a.
berkhidmad
b.
berkhalwat
c.
berta’aruf
d.
bermuhibbah
e.
berkhitbah
22.
Di antara upaya positif bagi seorang remaja dalam bergaul adalah
mencari teman yang....
a.
shaleh
b.
mudah beradaptasi
c.
suka menghargai orang
d.
mempunyai pergaulan luas
e.
enak diajak bicara
23.
Allah SWT dengan tegas dan jelas
melarang umatnya memiliki pola hidup yang boros, termasuk dalam ibadah seperti
wudhu’ dengan menggunakan air yang berlebihan. Adapun persamaan syetan dengan
pemboros adalah sama-sama ...
.
a.
perlu terhadap karunia yang
diberikan Allah
b.
menghina terhadap karunia yang
diberikan Allah
c.
bosan terhadap nasib yang
diberikan Allah
d.
ingkar terhadap nikmat yang
diberikan Allah
e.
taat terhadap aturan yang
diberikan Allah
24.
Fitnah merupakan perbuatan yang
keji dan merugikan, orang yang suka memfitnah dan menggunjing pada hakikatnya
sifat tersebut adalah menunjukkan ... .
a.
kecerdasan dan keberuntungannya
dalam hidup
b.
kesuksesan dan kemenangannya dalam
hidup
c.
kelemahannya dalam hidup
d.
kemajuan dan kesuksesannya dalam
hidup
e.
ketrampilan dan keberhasilannya
dalam hidup
25.
Syetan mempunyai sifat yang
senantiasa sangat ingkar pada tuhan, bahkan membangkang atas apa yang
diperintahkan oleh Allah SWT. untuk
itu syetan mencari teman dengan cara ... .
a.
mengancam manusia untuk melakukan
perbuatan yang ada dan mungkar
b.
menggoda manusia untuk melakukan
perbuatan yang wajar dan munkar
c.
mengincar manusia untuk melakukan
perbuatan yang patut dan munkar
d.
mengekang manusia untuk melakukan
perbuatan pantas dan munkar
e.
mengawal manusia untuk melakukan
perbuatan yang keji dan munkar
26.
Negara akan hancur karena adanya
ketimpangan sosial, konglomerasi yang membabi buta, tidak adanya kepedulian
sosial, tidak tercapainya pemerataan kekayaan, akibatnya adalah orang ... . akan
bertambah miskin.
a.
kaya akan semakin kaya dan orang
miskin
b.
sehat akan semakin kaya dan yang
sakit
c.
kota akan semakin kaya dan yang di
desa
d.
desa akan semakin kaya dan yang di
kota
e.
kecil akan semakin kaya dan yang
besar
27.
Islam melarang seseorang berlaku israf dalam
ibadah sunnah, karena ibadah sunnah yang melampaui batas dapat menimbulkan
sikap yaitu ... .
a.
kebodohan yang berakibat
meninggalkan kebaikan yang lebih utama
b.
kebobrokan yang berakibat
meninggalkan perbuatan yang lebih utama
c.
kejanggalan yang berakibat
meninggalkan kenyataan yang lebih utama
d.
kebosanan yang berakibat
meninggalkan ibadah yang lebih utama
e.
kebohongan yang berakibat
meninggalkan pergaulan yang lebih utama
28.
Allah mengisyaratkan bahwa
terkadang menyebut keburukan orang lain yang memang benar adanya tidak dapat
dihindari tetapi dengan maksud mengambil ...
. masyarakat.
a.
keuntungan untuk memelihara
kebutuhan
b.
kewibawaan untuk memelihara
kesiapan
c.
pelajaran untuk memelihara
keutuhan
d.
simpati untuk memelihara
kesenangan
e.
kesuksesan untuk memelihara
kemajuan
29.
Menurut pendapat Sayyid Quthub sistem
komunis dengan ideologi ateis, termasuk salah satu contoh nyata dalam urusan
mendasar yaitu ... .
a.
pengingkaran terhadap agama yang
harus diusir
b.
penafikan terhadap agama yang
harus ditelusuri
c.
penodaan terhadap agama yang harus
diwaspadai
d.
penindasan terhadap agama yang
harus disudahi
e.
fitnah terhadap agama yang harus
diperangi
30.
Masyarakat modern berarti suatu
himpunan orang yang hidup bersama di suatu tempat dengan ikatan aturan-aturan
tertentu yang bersifat mutakhir. Pada perkembangannya kehadiran ilmu pengetahuan
dan teknologi telah melahirkan sejumlah problematika masyarakat modern antara
lain yaitu, kecuali ... .
a.
kehilangan harga diri dan masa
depannya
b.
kepribadian yang terpecah
c.
pendangkalan iman
d.
menurunnya etos kerja
e.
menghalalkan segala cara
31.
Sekarang dunia nampaknya sepakat
bahwa sains harus dilandasi etika. Untuk itu yang diperlukan adalah akhlak yang
bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Hal ini dirasakan betul oleh ahli
biologi dari australia bernama Sir Mac Farlance Burnet, ia berpendapat ...
.
a.
etika merupakan karang terjal
penghambat perkembangan sains
b.
perkembangan sains yang
spektakuler jangan sampai dibumbui dengan isu etika
c.
ilmu pengetahuan dan etika harus
dipisahkan sesuai dengan dunianya masing-masing
d.
pengetahuan tidak boleh
disinergikan dengan etika kalau kita tidak ingin senjata makan tuan
e.
pengetahuan tidak boleh dibiarkan
lepas dari etika kalau kita tidak ingin senjata makan tuan
32.
Menurut pendapat Alfin Toffler,
masyarakat diklasifikasikan ke dalam
tiga bagian, yaitu ...
.
a.
bawah menengah atas
b.
tradisional, modern dan
kontemporer
c.
pertanian, industri dan informasi
d.
statis, aktif dan proaktif
e.
informasi, industri dan pertanian
33.
Salah satu tiga dari kategori
pengertian tasawuf yang ditawarkan oleh
Ibrahim Basyuni adalah البداية
yang memiliki pengertian ... .
a.
membersihkan diri dari sifat-sifat tercela
b.
mengisi diri dengan sifat-sifat terpuji
c.
kecenderungan diri untuk ingin mendekatkan kepada Allah
d.
merasakan akan rasa ketuhanan
e.
kesungguhan untuk menjaga akhlak
34.
المذاقات adalah salah satu kategori pengertian
tasawuf perspektif Ibrahim Basyuni yang memilki arti ... .
a.
pengalamalan batin dan peningkatan nilai-nilai keagamaan pada
diri seseorang kepada Allah
b.
kesungguhan untuk menjaga akhlak dan amal
c.
kecenderungan diri untuk ingin mendekatkan diri kepada Allah
d.
membersihkan diri dari sifat-sifat tercela
e.
mengisi diri dengan sifat-sifat terpuji
35.
Pejalanan spiritual yang dilakukan
seorang sufi dalam menemukan hakikat dan ma’rifah kadang-kadang mempunyai
kecenderungan yang berbeda, sehingga muncul beberapa tokoh sufi yang menonjol
dalam pengalaman rohani tertentu. Tokoh sufi yang menonjol pada Maqam hulul
adalah ... .
a.
Abu Manshur Al-Hallaj
b.
Al-Junaid Al-Bagdadi
c.
Rabiah Adawiyah
d.
Sufyan At-Tsauri
e.
Imam Ghazali
II. Uraikan
!
1.
Sebutkan Maqamat-maqamat yang
dalam tasawuf secara berurutan!
2.
Mengapa seorang pemimpin harus
memiliki sifat adil? Jelaskan!
3.
Jelaskan pengertian israf beserta contohnya !
4.
Jelaskan hubungan antara tasawuf dengan
akhlak !
5.
Jelaskan aliran-aliran dalam ilmu kalam!
Selamat
mengerjakan !