Anak dapat membandingkan dua bilangan dengan
memperhatikan nilai tempat dari kedua bilangan tersebut kemudian memberikan
tanda < atau >. |
Petunjuk:
|
Bandingkanlah kedua bilangan di bawah ini, kemudian
isilah titik-titik tersebut dengan memberi tanda < atau > di
tempat yang telah disediakan ! |
1.
|
52.173 . . . 53.258
|
|
|
2.
|
36.328 . . . 63.328
|
|
|
3.
|
72.474 . . . 35.732
|
|
|
4.
|
66.241 . . . 81.266
|
|
|
5.
|
48.369 . . . 35.894
|
|
|
6.
|
153.264 . . . 135.122
|
|
|
7.
|
292.631 . . . 129.876
|
|
|
8.
|
426.881 . . . 53.258
|
|
|
9.
|
557.755 . . . 557.557
|
Mengenal Sifat
Penyebaran dalam Perhitungan
Tujuan:
|
Anak dapat menyelesaikan soal-soal sifat penyebaran dalam
perhitungan. |
Petunjuk:
|
Jawablah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di
tempat yang telah disediakan ! contoh : (18 x 35) + (18 x 68) = . . . jawab : 1.854 penjelasan : dapat diselesaikan dengan dua cara yaitu 1. (18 x 35) + (18 x 68) = 18 x (35 + 68) = 18 x 103 = 1.854 2. (18 x 35) + (18 x 68) = 630 + 1.224 = 1.854 Jadi (18 x 35) + (18 x 68) = 1.854 |
1.
|
(112 x 35) + (80 x 35) = . . .
|
|
|
2.
|
(24 x 68) + (24 x 44) = . . .
|
|
|
3.
|
(56 x 43) + (56 x 65) = . . .
|
|
|
4.
|
(33 x 14) + (33 x 77) = . . .
|
|
|
5.
|
(89 x 25) + (125 x 25) = . . .
|
|
|
6.
|
(20 x 43) + (87 x 43) = . . .
|
|
|
7.
|
(68 x 52) + (68 x 91) = . . .
|
|
|
8.
|
(89 x 20) + (89 x 70) = . . .
|
|
|
9.
|
(110 x 41) + (73 x 41) = . . .
|
|
|
10.
|
(34 x 85) + (34 x 115) = . . .
|
Mengenal
Penjumlahan Tiga Bilangan Berurutan
Tujuan:
|
Anak dapat mengerjakan soal-soal penjumlahan tiga
bilangan berurutan. |
Petunjuk:
|
Isilah soal-soal berikut dengan benar di tempat yang
telah disediakan ! contoh : 62 + 21 + 84 = . . . jawab : 167 penjelasan : Diselesaikan dengan 2 cara : 1. (62 + 21) + 84 = 83 + 84 = 167 2. 62 + (21 + 84) = 62 + 105 = 167 jadi 62 + 21 + 84 = 167 |
1.
|
26 + 11 + 142 = . . .
|
|
|
2.
|
56 + 29 + 44 = . . .
|
|
|
3.
|
24 + 73 + 62 = . . .
|
|
|
4.
|
84 + 30 + 35 = . . .
|
|
|
5.
|
35 + 68 + 28 = . . .
|
|
|
6.
|
54 + 12 + 115 = . . .
|
|
|
7.
|
61 + 53 + 88 = . . .
|
|
|
8.
|
133 + 47 + 19 = . . .
|
|
|
9.
|
23 + 125 + 83 = . . .
|
|
|
10.
|
49 + 56 + 98 = . .
|
Mengenal
Perkalian Tiga Bilangan Berurutan
Tujuan:
|
Anak dapat mengerjakan soal-soal perkalian tiga bilangan
berurutan. |
Petunjuk:
|
Isilah soal-soal berikut dengan benar di tempat yang
telah disediakan ! contoh : 58 x 5 x 25 = . . . jawab : 167 penjelasan : Diselesaikan dengan 2 cara : 1. (58 x 5) x 25 = 290 x 25 = 7.250 2. 58 x (5 x 25) = 58 x 125 = 7.250 jadi 58 x 5 x 25 = 7.250 |
1.
|
48 x 25 x 7 = . . .
|
|
|
2.
|
36 x 37 x 10 = . . .
|
|
|
3.
|
51 x 0 x 40 = . . .
|
|
|
4.
|
73 x 30 x 19 = . . .
|
|
|
5.
|
20 x 57 x 1 = . . .
|
|
|
6.
|
81 x 12 x 28 = . . .
|
|
|
7.
|
42 x 6 x 40 = . . .
|
|
|
8.
|
33 x 10 x 55 = . . .
|
|
|
9.
|
61 x 16 x 20 = . . .
|
|
|
10.
|
49 x 8 x 45 = . . .
|
Menentukan
Nilai Angka
Tujuan:
|
Anak dapat belajar menentukan nilai angka. |
Petunjuk:
|
Isilah soal-soal berikut dengan cara mengisi jawaban di
tempat yang telah disediakan ! |
1.
|
Berapa nilai angka 8 pada bilangan 458.397 ?
|
|
|
2.
|
Berapa nilai angka 3 pada bilangan 324.651 ?
|
|
|
3.
|
Berapa nilai angka 7 pada bilangan 289.376 ?
|
|
|
4.
|
Berapa nilai angka 7 pada bilangan 157.539 ?
|
|
|
5.
|
Berapa nilai angka 6 pada bilangan 235.964 ?
|
|
|
6.
|
Berapa nilai angka 9 pada bilangan 348.976 ?
|
|
|
7.
|
Berapa nilai angka 2 pada bilangan 123.756 ?
|
|
|
8.
|
Berapa nilai angka 5 pada bilangan 156.463 ?
|
|
|
9.
|
Berapa nilai angka 3 pada bilangan 484.613 ?
|
|
|
10.
|
Berapa nilai angka 1 pada bilangan 264.831 ?
|
Menjumlahkan
dan Mengurangkan Bilangan Ribuan
Tujuan:
|
anak dapat melakukan penghitungan penjumlahan dan
pengurangan bilangan puluhan ribu.
|
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban yang benar!
|
1.
|
18.140 + 23.574 = ….
|
|
a. 40.187
|
|
b. 41.741
|
|
c. 41.714
|
|
d. 40.871
|
2.
|
46.656 – a = 28.886, maka nilai a adalah ….
|
|
a. 17.777
|
|
b. 17.770
|
|
c. 17.707
|
|
d. 17.007
|
3.
|
Hasil dari 31.589 – 15.883 – 9.647 = ….
|
|
a. 5.021
|
|
b. 7.654
|
|
c. 6.059
|
|
d. 8.694
|
4.
|
Selisih nilai angka yang sama pada bilangan 47.871 adalah
….
|
|
a. 6.930
|
|
b. 630
|
|
c. 6.300
|
|
d. 930
|
5.
|
Peternakan Pak Hasan menghasilkan 17.590 butir telur ayam,
peternakan Pak Ahmad menghasilkan 10.339 butir telur ayam, dan peternakan Pak
Saleh menghasilkan 12.764 butir telur ayam. Berapa jumlah telur ayam
seluruhnya?
|
|
a. 35.671
|
|
b. 40.693
|
|
c. 29.754
|
|
d. 35.761
|
6.
|
Jika aku adalah sebuah bilangan yang merupakan selisih
dari bilangan 31.007 dengan bilangan 18.699, maka aku adalah bilangan ….
|
|
a. 12.308
|
|
b. 49.706
|
|
c. 36.770
|
|
d. 34.308
|
7.
|
n – 26.314 = 12. 075, maka nilai n adalah ….
|
|
a. 38.647
|
|
b. 29.206
|
|
c. 38.389
|
|
d. 29.602
|
8.
|
Selisih angka 3 pada bilangan 38.391 adalah ….
|
|
a. 2.970
|
|
b. 2.700
|
|
c. 29.700
|
|
d. 20.970
|
9.
|
Jumlah kambing Pak Arman adalah 10.204 ekor. Menjelang
hari raya Idul Adha terjual 6.882. Berapa sisa kambing Pak Arman?
|
|
a. 2.754
|
|
b. 3.322
|
|
c. 1.546
|
|
d. 2.132
|
10.
|
Rina mempunyai uang Rp 40.000,00. Ia membeli sebuah buku
seharga Rp 15.300,00 dan sebuah pensil seharga Rp 9.750,00. Berapa sisa uang
Rina?
|
|
a. Rp
29.500,00
|
|
b. Rp
19.600,00
|
|
c. Rp
14.950,00
|
|
d. Rp.
24.950,00
|
Menghitung
Banyak Sudut Siku-siku
Tujuan:
|
Anak dapat menjawab pertanyaan dengan cara melihat berapa
banyak sudut siku-siku pada tiap bangun datar.
|
Petunjuk:
|
Hitunglah banyaknya sudut siku-siku pada setiap bangun
datar !
|
1.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya
|
|
|
2.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
3.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
4.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
5.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
6.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
7.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
8.
|
Ada berapakah sudut siku-sikunya ?
|
|
|
9.
|
Ada berapakah sudut siku-siku pada gambar di bawah ini ?
|
|
|
10.
|
Ada berapakah sudut siku-siku ?
|
menjumlahkan
dan mengurangkan bilangan ribuan
Tujuan:
|
anak dapat melakukan penghitungan penjumlahan dan
pengurangan bilangan puluhan ribu. |
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban yang benar! |
1.
|
18.140 + 23.574 = ….
|
|
a. 40.187
|
|
b. 41.741
|
|
c. 41.714
|
|
d. 40.871
|
2.
|
46.656 – a = 28.886, maka nilai a adalah ….
|
|
a. 17.777
|
|
b. 17.770
|
|
c. 17.707
|
|
d. 17.007
|
3.
|
Hasil dari 31.589 – 15.883 – 9.647 = ….
|
|
a. 5.021
|
|
b. 7.654
|
|
c. 6.059
|
|
d. 8.694
|
4.
|
Selisih nilai angka yang sama pada bilangan 47.871 adalah
….
|
|
a. 6.930
|
|
b. 630
|
|
c. 6.300
|
|
d. 930
|
5.
|
Peternakan Pak Hasan menghasilkan 17.590 butir telur ayam,
peternakan Pak Ahmad menghasilkan 10.339 butir telur ayam, dan peternakan Pak
Saleh menghasilkan 12.764 butir telur ayam. Berapa jumlah telur ayam
seluruhnya?
|
|
a. 35.671
|
|
b. 40.693
|
|
c. 29.754
|
|
d. 35.761
|
6.
|
Jika aku adalah sebuah bilangan yang merupakan selisih
dari bilangan 31.007 dengan bilangan 18.699, maka aku adalah bilangan ….
|
|
a. 12.308
|
|
b. 49.706
|
|
c. 36.770
|
|
d. 34.308
|
7.
|
n – 26.314 = 12. 075, maka nilai n adalah ….
|
|
a. 38.647
|
|
b. 29.206
|
|
c. 38.389
|
|
d. 29.602
|
8.
|
Selisih angka 3 pada bilangan 38.391 adalah ….
|
|
a. 2.970
|
|
b. 2.700
|
|
c. 29.700
|
|
d. 20.970
|
9.
|
Jumlah kambing Pak Arman adalah 10.204 ekor. Menjelang
hari raya Idul Adha terjual 6.882. Berapa sisa kambing Pak Arman?
|
|
a. 2.754
|
|
b. 3.322
|
|
c. 1.546
|
|
d. 2.132
|
10.
|
Rina mempunyai uang Rp 40.000,00. Ia membeli sebuah buku
seharga Rp 15.300,00 dan sebuah pensil seharga Rp 9.750,00. Berapa sisa uang
Rina?
|
|
a. Rp
29.500,00
|
|
b. Rp
19.600,00
|
|
c. Rp
14.950,00
|
|
d. Rp.
24.950,00
|
Menghitung
Satuan Ukuran Kuantitas
Tujuan:
|
anak dapat mengetahui dan mengerjakan hubungan antar
satuan kuantitas.
|
Petunjuk:
|
Hitunglah penjumlahan dan pengurangan di bawah ini ! Contoh pengerjaan soal : 1 lusin + 3 lusin = .......buah 1 lusin + 3 lusin = 12 buah + 36 buah = 48 buah Penjelasan : 1 lusin = 12 buah 1 gros = 144 buah 1 rim = 500 lembar 1 gros = 12 lusin 1 kodi = 20 lembar (helai) |
1.
|
2 lusin + 2 lusin = ...... buah
|
|
|
2.
|
4 kodi – 1 kodi = ...... lembar
|
|
|
3.
|
3 gros – 1 gros = ...... buah
|
|
|
4.
|
4 rim + 2 rim = ...... lembar
|
|
|
5.
|
8 lusin – 3 lusin = ...... buah
|
|
|
6.
|
6 kodi + 4 kodi = ...... helai
|
|
|
7.
|
4 gros + 4 gros = ...... buah
|
|
|
8.
|
9 lusin – 4 lusin = ...... buah
|
|
|
9.
|
7 kodi + 9 kodi = ...... helai
|
|
|
10.
|
8 rim – 3 rim = ...... lembar
|
|
|
Menulis Lambang
Bilangan berdasarkan Nilai Tempat
Tujuan:
|
anak dapat menuliskan dan mengurutkan lambang bilangan
sesuai dengan nilai tempatnya.
|
Petunjuk:
|
Tulislah lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya ! Contoh : 1. 300.000 + 10.000 + 6.000 + 100 + 60 + 7 = 316.167 2. 350.000 + 9.000 + 600 + 40 + 5 = 359.645 |
1.
|
100.000 + 80.000 + 6.000 + 900 + 80 + 8 = . . . . . .
|
|
|
2.
|
200.000 + 30.000 + 4.000 + 600 + 60 + 7 = . . . . . .
|
|
|
3.
|
100.000 + 10.000 + 2.000 + 300 + 70 + 6 = . . . . . .
|
|
|
4.
|
300.000 + 60.000 + 5.000 + 500 + 90 + 9 = . . . . . .
|
|
|
5.
|
400.000 + 30.000 + 8.000 + 100 + 40 + 5 = . . . . . .
|
|
|
6.
|
230.000 + 9.000 + 900 + 80 + 7 = . . . . . .
|
|
|
7.
|
260.000 + 1.000 + 300 + 50 + 4 = . . . . . .
|
|
|
8.
|
460.000 + 5.000 + 700 + 30 + 2 = . . . . . .
|
|
|
9.
|
340.000 + 7.000 + 600 + 40 + 1 = . . . . . .
|
|
|
10.
|
170.000 + 6.000 + 300 + 50 + 8 = . . . . . .
|
Menulis Nilai Uang
Rupiah
Tujuan:
|
anak dapat menuliskan nilai uang rupiah dengan benar.
|
Petunjuk:
|
Tulislah dengan penulisan nilai uang rupiah yang benar ! Contoh : 1. Seratus rupiah ditulis Rp100,00 2. Seribu rupiah ditulis Rp1.000,00 3. Sepuluh ribu dua ratus rupiah ditulis Rp10.200,00 |
1.
|
Dua ratus lima puluh rupiah
|
|
|
2.
|
Sembilan ratus dua puluh lima rupiah
|
|
|
3.
|
Seribu dua ratus lima puluh rupiah
|
|
|
4.
|
Tujuh ribu tujuh ratus lima puluh rupiah
|
|
|
5.
|
Sembilan ribu seratus tujuh puluh lima rupiah
|
|
|
6.
|
Sepuluh ribu enam ratus rupiah
|
|
|
7.
|
Delapan ribu tujuh ratus lima puluh rupiah
|
|
|
8.
|
Lima ribu lima ratus lima puluh rupiah
|
|
|
9.
|
Empat ribu tujuh ratus rupiah
|
|
|
10.
|
Sepuluh ribu sembilan ratus lima puluh rupiah
|
|
|
mengenal
penulisan nama dan lambang bilangan puluhan ribuan
Tujuan:
|
anak dapat menuliskan nama dan lambang bilangan puluhan
ribuan.
|
Petunjuk:
|
isilah nama atau lambang bilangan dibawah ini! |
contoh 1 : 11.587 = ….. jawab: sebelas ribu lima ratus delapan puluh tujuh contoh 2 : enam belas ribu tujuh ratus satu = …. jawab: 16.701 |
1.
|
27.008 = ……………………………………………………………………..
|
|
|
2.
|
45.777 = ……………………………………………………………………..
|
|
|
3.
|
13.525 = ………………………………………………………………………
|
|
|
4.
|
32.493 = ……………………………………………………………………..
|
|
|
5.
|
50.000 = ……………………………………………………………………..
|
|
|
6.
|
tiga puluh ribu seratus delapan puluh delapan = ….
|
|
|
7.
|
empat puluh delapan ribu tujuh belas = ….
|
|
|
8.
|
tiga puluh sembilan ribu enam puluh dua = ….
|
|
|
9.
|
sembilan belas ribu dua ratus dua puluh lima = ….
|
|
|
10.
|
dua puluh enam ribu sembilan ratus tiga = ….
|
Mengenal Satuan
Ukuran Kuantitas
Petunjuk:
|
Kerjakanlah hubungan antar satuan kuantitas berikut
ini ! Keterangan : 1 lusin = 12 buah 1 kodi = 20 lembar (helai) 1 gros = 12 lusin 1 rim = 500 lembar 1 gros = 144 buah |
1.
|
3 lusin = ...... buah
|
|
|
2.
|
2 kodi = ...... helai
|
|
|
3.
|
2 gros = ...... buah
|
|
|
4.
|
4 rim = ...... lembar
|
|
|
5.
|
5 kodi = ...... helai
|
|
|
6.
|
60 buah = ...... lusin
|
|
|
7.
|
140 helai = ...... kodi
|
|
|
8.
|
576 buah = ...... gros
|
|
|
9.
|
3500 lembar = ...... rim
|
|
|
10.
|
96 buah = ...... lusin
|
|
|
Menghitung
Keliling Bangun Datar
Tujuan:
|
anak dapat mengitung keliling suatu bangun datar.
|
Petunjuk:
|
Hitunglah keliling bangun datar di bawah ini! |
Contoh: Kolam ikan Sudin berbentuk persegi dengan panjang setiap sisinya 100 cm. Berapa centimeter keliling kolam ikan Sudin?Jawab: 400 |
1.
|
Keliling = …. cm
|
|
|
2.
|
Keliling = … cm
|
|
|
3.
|
Keliling = … cm
|
|
|
4.
|
Keliling = …. cm
|
|
|
5.
|
Keliling = …. Cm
|
|
|
6.
|
Pak Soleh mempunyai sawah yang berbentuk persegi dengan
panjang setiap sisinya 520 cm. Berapa centimeter keliling sawah Pak Soleh?
|
|
|
7.
|
Kebun Bibi Inge berbentuk segitiga. Panjang setiap sisi
adalah 365 cm. Berapa centimeter keliling kebun Bibi Inge?
|
|
|
8.
|
Sekolah Anggi memiliki lapangan bermain berbentuk bujur
sangkar. Panjang setiap sisi bujur sangkar adalah 245 cm. Berapa centimeter
keliling lapangan bermain sekolah Anggi?
|
|
|
9.
|
Kebun Pak Somat berbentuk seperti gambar diatas. Jika di
sekeliling kebun ditanami pohon jagung dengan jarak tiap pohon adalah 60 cm,
berapa banyak pohon jagung yang harus ditanam di kebun Pak Somat?
|
|
|
10.
|
Jika Tono berlari 5 kali keliling lapangan, berapa jarak
yang ditempuh Tono? Tono berlari mengelilingi lapangan yang berbentuk seperti
di bawah ini.
|
menghitung
waktu dan penanggalan
Tujuan:
|
anak dapat melakukan penghitungan waktu dan penanggalan.
|
Petunjuk:
|
Pilihlah jawaban yang benar!
|
1.
|
18 tahun = … bulan
|
|
a. 216
|
|
b. 144
|
|
c. 1.800
|
|
d. 1.860
|
2.
|
Usia ayah setengah abad. Usia ayah adalah ….
|
|
a. 5 tahun
|
|
b. 50 tahun
|
|
c. 500 tahun
|
|
d. d. 5000
tahun
|
3.
|
Sejak 3 windu yang lalu, ayahku bekerja di Jakarta. Jadi
ayahku telah bekerja selama …
|
|
a. 24 tahun
|
|
b. 30 tahun
|
|
c. 300 tahun
|
|
d. 8 tahun
|
4.
|
Waktu yang ditempuh dari rumah kakek ke rumah paman adalah
6 hari, 21 jam, 39 menit. Waktu tersebut sama dengan …. menit.
|
|
a. 9.939
|
|
b. 9.339
|
|
c. 9.933
|
|
d. 9.393
|
5.
|
Aku berlibur di rumah nenek selama 2 minggu 17 hari.
Berapa hari lamanya aku berlibur di rumah nenek?
|
|
a. 28 hari
|
|
b. 19 hari
|
|
c. 45 hari
|
|
d. 31 hari
|
6.
|
Waktu yang dicapai pelari itu adalah 1 jam 53 menit 8
detik. Maka waktu tersebut sama dengan …. detik.
|
|
a. 62 detik
|
|
b. 6.788 detik
|
|
c. 6.877 detik
|
|
d. d. 6.848
detik
|
7.
|
Rino bersepeda dari kota A ke kota B yang berjarak 40 km.
Jika ia berangkat pukul 08.00 dan tiba pukul 12.00, maka berapa kecepatan
rata-ratanya?
|
|
a. 10 km/jam
|
|
b. 20 km/jam
|
|
c. 40 km/jam
|
|
d. 30 km/jam
|
8.
|
3 windu + 2 abad + 145 tahun = … bulan
|
|
a. 3.452
|
|
b. 2.845
|
|
c. 4.428
|
|
d. 2.485
|
9.
|
272 tahun + 576 bulan = …. windu
|
|
a. 20
|
|
b. 30
|
|
c. 40
|
|
d. 60
|
10.
|
Sinta berangkat ke sekolah pukul 06.45 dan pulang pukul
12.30, maka lama Sinta bersekolah = … detik.
|
|
a. 19.300
detik
|
|
b. 20.700
detik
|
|
c. 25.900
detik
|
|
d. 29.759
detik
|
menghitung
perkalian dan pembagian bilangan puluhan dan ratusan
Tujuan:
|
anak dapat melakukan penghitungan perkalian dan pembagian
bilangan satuan, puluhan dan ratusan. |
Petunjuk:
|
isilah dengan jawaban yang benar! |
1.
|
24 x 3 = …
|
|
|
2.
|
76 x 9 = …
|
|
|
3.
|
100 x 2 = …
|
|
|
4.
|
387 x 3 = …
|
|
|
5.
|
589 x 6 = …
|
|
|
6.
|
54 : 6 = …
|
|
|
7.
|
144 : 6 = …
|
|
|
8.
|
408 : 24 = …
|
|
|
9.
|
500 : 25 = …
|
|
|
10.
|
625 : 25 = …
|