soal excel




I. Pilihlah jawaban berikut dengan benar !

1.         Program pengolah angka dikenal juga dengan nama … .

a.         Word Processor
b.        Browser
c.         Spreadsheet
d.        Image Editor
e.         Database

2.         Nama file kerja yang sedang Anda gunakan (aktif) akan tampak pada … Microsoft Excel.

a.         Title Bar
b.        Tool Bar
c.         Ribbon
d.        Office Button
e.         Status Bar

3.         Menu berikut yang tidak terdapat pada Office Button adalah … .

a.         new 
b.        open 
c.         save
d.        copy
e.         print

4.         Bagian yang berisi tombol-tombol sebagai jalan pintas untuk memanggil perintah perintah tertentu disebut … .

a.         Scrollbar
b.        Title Bar
c.         Quick Access Toolbar
d.        Ribbon
e.         Office Button

5.         Shortcut keys yang digunakan untuk membuat workbook baru adalah … .

a.         Alt + F4
b.        Ctrl + N
c.         Ctrl + C
d.        Alt + C
e.         Ctrl + X

6.         Kumpulan beberapa sel disebut … .

a.         Worksheet
b.        Range
c.         Column
d.        Row
e.         Formula Bar

7.         Memberi warna latar pada sel dapat dilakukan menggunakan tombol … .

a.         fill
b.        border
c.         format
d.        chart
e.         insert

8.         Berikut yang tidak terdapat pada menu dropdown Insert adalah insert … .

a.         Cell
b.        Sheet Row
c.         Sheet Column
d.        Sheet
e.         File

9.         Penulisan formula pada sel selalu diawali dengan … .

a.         =
b.        *
c.         for
d.        +
e.        

10.     Ikon cutcopy, dan paste terdapat pada menu … .

a.         home
b.        insert
c.         data
d.        formula
e.         view

11.     Formula yang digunakan untuk menjumlahkan sekelompok nilai adalah … .

a.         ADD
b.        MIN
c.         MAX
d.                 AVERAGE
e.         SUM

12.     Nilai terbesar dari suatu kelompok data dapat dicari menggunakan fungsi … .

a.         MIN
b.        MAX
c.         IF
d.                 AVERAGE
e.         SUM

13.     Fungsi berikut yang  termasuk  fungsi manipulasi string adalah … .

a.         MIN
b.        MAX
c.                  AVERAGE
d.        MID
e.         SUM

14.     Fungsi IF dalam MS Excel adalah fungsi jenis … .

a.         trigonometri
b.        manipulasi string
c.         statistik
d.        logika
e.         manipulasi data

15.     Sebelum mulai mencetak sebuah dokumen sebaiknya Anda memeriksanya dengan … .

a.         page setup
b.        quick print
c.         print preview
d.        publish
e.         print range

16.     Untuk mengatur tata letak cetakan, menu yang dipilih adalah … .

a.         print range
b.        page setup
c.         quick print
d.        print preview
e.         publish

17.     Formula = MAX () pada program Excel digunakan untuk … .

a.         mencari nilai terkecil dari sekelompok data
b.        menghitung rata-rata dari sekelompok nilai
c.         mencari nilai terbesar dari sekelompok data
d.        menjumlahkan sekelompok nilai
e.         mencari angka dari sekelompok data

18.     Untuk melakukan penjumlahan data pada Excel digunakan formula … .

a.         AVERAGE
b.        MIN
c.         MAX
d.        SUM
e.         IF

19.     Berikut penulisan formula penjumlahan yang benar adalah = sum … .

a.          (B2 – B7)
b.         (B3 – B8)
c.          (C2 * D2)
d.         (B4 : C4)
e.          (B2 = B7)

20.     Fungsi Look up adalah untuk mencocokkan teks dengan … .

a.         daftar IF
b.        tabel referensi
c.         pernyataan
d.        sintak
e.         keadaan

21.     Untuk menghasilkan ONE dari tulisan INDONESIA, digunakan perintah … .

a.         = RIGHT (“INDONESIA”, 4,3)
b.        = MID (“INDONESIA”, 1,3)
c.         = MID (“INDONESIA”, 3,3)
d.        = LEFT (“INDONESIA”, 3,3)
e.         = MID (“INDONESIA”, 4,3)

22.     Perintah yang digunakan untuk membuat grafik adalah … .

a.         format object
b.        edit chart
c.         insert chart
d.        format chart
e.         insert object

23.     Jika pada suatu sel terdapat pernyataan “#VALUE!”, yang harus Anda lakukan adalah … .

a.         menghapus isi sel
b.        mengklik undo
c.         memeriksa nilai pada sel
d.        mengklik redo
e.         menyisipkan sel baru

24.     Pengurutan data dilakukan dengan cara mengklik sel yang akan diurutkan kemudian pada Ribbon diklik pada grup … .

a.         sort and filter
b.        cell styles
c.         format
d.        insert
e.         find and select

25.     Untuk menyisipkan objek gambar ke dalam dokumen, tab pada Ribbon yang harus diklik adalah … .

a.         data
b.        home
c.         insert
d.        formulas
e.         review

26.     Berikut ini penulisan formula menghitung rata-rata yang benar adalah … .

a.         = SUM (B4 + C4)
b.        = AVERAGE (B4 : C4)
c.         = AVERAGE (B4 : G8)
d.        = MAX (B2 + C2)
e.         = MIN (B4 + C4)

27.     Untuk menyisipkan simbol “±” saat membuat suatu dokumen, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengklik … .

a.         Insert > Text Box > ±
b.        Review > Spelling
c.         Insert > Symbol – ±
d.        Page Layout > Print titles
e.         Formulas > Insert Function

28.     Agar tampilan pada dokumen menjadi menarik dapat disisipkan gambar yang telah disediakan oleh Microsoft Office, yaitu … .

a.         Template
b.        Wallpaper
c.         Background
d.        Shapes
e.         Clip Art

29.     Untuk mengganti ukuran kertas yang akan diprint, pada kotak dialog Page Setup dipilih tab  .

a.         page
b.        margins
c.              header/footer
d.        sheet
e.                  border

30.     Untuk memberi bingkai pada sel, menu yang harus dipilih pada kotak dialog Format Cells adalah … .

a.         Number
b.        Alignment
c.         Borders
d.        Font
e.         Fill

31.     Untuk mengatur tata letak cetakan, menu yang dipilih … .

a.         print range
b.        page setup
c.         quick print
d.        print preview
e.         publish

32.     Menu yang harus dipilih untuk memperlebar atau mempersempit ukuran kolom pada worksheet adalah … .

a.         Insert Sheet Column
b.        Insert Sheet
c.         Borders
d.        Row Height
e.         Column Widht

33.     Untuk menambah baris dalam Excel, perintah yang diklik pada menu Insert adalah insert .

a.         cells
b.        sheet rows
c.                       sheet column
d.        sheet
e.         name

34.     Berikut merupakan tombol yang digunakan dalam memformat teks agar menjadi miring, yaitu … .

a.         Ctrl+B
b.        Ctrl+I
c.         Ctrl+U
d.        Ctrl+S
e.         Ctrl+O

35.     Pengertian dari range adalah … .

a.         pertemuan antara worksheet
b.        pertemuan antara workbook
c.         kumpulan sel sembarang
d.        kumpulan dari beberapa sel yang terblok
e.         pertemuan antara garis dan kolom



II. Uraikan !

1.         Sebutkan tujuh menu secara default dalam perogram Microsoft Excel?
2.         Jelaskan definisi dari baris dan kolom yang terdapat dalam lembar kerja Excel!
3.         Apa yang dimakud dengan sel abolut baris dan sel absolut kolom?
4.         Jelaskan langkah untuk melebarkan kolom dalam Microsoft Excel 2007!
5.         Sebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan apabila kita memasukkan data ke dalam suatu sel!



Selamat mengerjakan !



Kunci Jawaban TIK XI
UALANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2012-2013


A. Pilihan Ganda

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
C
A
D
C
B
B
A
E
A
A
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
E
B
D
D
C
B
C
D
D
B
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
C
E
C
A
C
B
C
E
A
C
31
32
33
34
35





B
E
B
B
D






B. Uraian

1
-       Home
-       Inert
-       Page layout
-       Formula
-       Data
-       Review
-       View
2
Baris adalah bagian dari lemar kerja excel yang membujur disimbolkan dengan huruf A,B,C,D dan sterusnya, sedangkan kolom adalah bagian dari excel yang disimbolkan dengan angka.
3
-        Sel abolut baris adalah sel yang terkunci pada bagian barisnya saja
-        Sel absolut kolom adalah sel yang terkunci pada bagian kolomnya saja
4
Klik tab menu home > cell > pilih Format akan muncul cell size > pilih ukuran column width.
5
Memperhatikan jenis datanya, menggunakan operator yang sesuai.