1. Secara etimologis, kata tasawuf berasal dari kata safa yang artinya.…
a. kebaikan
b. kebijaksanaan
c. kejujuran
d. kesucian
e. kecerdasan
2. Secara istilah, salah satu definisi tasawuf adalah mengambil setiap sifat mulia dan meninggalkan sifat yang rendah. Definisi tersebut menurut....
a. Ibnu Khaldun
b. Junaid Al-Baghdadi
c. Imam Qusyairi
d. Ahmad Zarruq
e. Imam Al-Ghazali
3. Dalam hubungannya dengan akhlaq, tasawuf dapat didefinisikan sebagai upaya memperindah diri dengan akhlaq yang bersumber dari ajaran Islam dalam rangka untuk….
a. mempertegas hajat kepada Allah
b. menunjukkan kesungguhan ibadah kepada Allah
c. melaksanakan ketentuan Allah
d. mendekatkan diri kepada Allah
e. mengetahui sifat-sifat Allah
4. Yang bukan perilaku tasawuf yang pernah dilakukan Rasulullah adalah ....
a. khalwat di guwa Hira’
b. pengalaman kebenaran mimpi Rasulullah
c. pengalaman Isra’ Mi’raj
d. hidup sederhana
e. menjauhi dunia secara total
5. Yang bukan contoh integrasi nilai-nilai tasawuf ke dalam akhlaq di dunia modern adalah ....
a. shalat dengan khusyuk
b. wara’ dalam mencari rizki
c. bisnis dengan amanah
d. menjauhkan diri dari keramaian dunia
e. zuhud dalam harta
6. Yang bisa dijadikan teladan sebagai pemimpin yang zuhud dan sederhana dalam hidup, bahkan memakai pakaian yang kasar dengan harga yang murah adalah....
a. Abu Bakar Ash-Siddiq
b. Umar bin Khattab
c. Mu’awiyah bin Abi Sufyan
d. Utsman bin Affan
e. Ali bin Abi Tholib
7. Kata Maqomat berasal dari bahasa Arab yang berarti....
a. kedudukan spiritual
b. tingkatan
c. ibadah
d. tangga
e. pendekatan
8. Orang yang lebih mengutamakan kebahagiaan hidup di akhirat daripada mengejar kehidupan dunia disebut....
a. wara’
b. zuhud
c. tawakal
d. taubah
e. sabar
9. Memohon atas segala dosa dan kesalahan serta janji dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan dosa disebut…..
a. kefakiran
b. taubah
c. ikhlas
d. ridho
e. syukur
10. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa atau meninggalkan segala yang di dalamnya terdapat keraguan-keraguan antara halal dan haram adalah pengertian dari....
a. Al-Khouf
b. Al-Ikhlas
c. Taqwa
d. Al-Raja
e. Wara’
11. Dalam pandangan sufi, tidak meminta lebih dari apa yang menjadi hak kita disebut….
a. kefakiran
b. kefasikan
c. kemaksiatan
d. kekafiran
e. kedzoliman
12. Menyerah diri seorang hamba kepada Allah, setelah melakukan ikhtiar disebut.…
a. Amal
b. Tawakal
c. Al-Syafaqoh
d. Riya’
e. Ujub
13. Keadaan seseorang yang memiliki rasa cinta yang kuat disebut Al Ahwal….
a. Al Muroqobah
b. Al Mahabbah
c. Khauf
d. AL Yaqin
e. Al Tuma’ninah
14. Sebuah sikap menerima dengan lapang dada dan senang terhadap apapun keputusan Allah kepada seorang hamba disebut....
a. ikhlas
b. ridho
c. tawakkal
d. sabar
e. syukur
15. Yang bukan contoh sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah SWT adalah ....
a. kesabaran nabi Ayub dalam menghadapi keadaan yang menimpa keluarganya dan hartanya
b. kesabaran nabi yusuf dalam menghadapi rayuan Siti Zulaikhah
c. kesabaran nabi Muhammad dalam menghadapi hinaan kafir Quraisy
d. kesediaan nabi Ismail untuk disembelih oleh Ayahnya
e. kesabaran nabi Ibrahim menghadapi Raja Namrud
a. kebaikan
b. kebijaksanaan
c. kejujuran
d. kesucian
e. kecerdasan
2. Secara istilah, salah satu definisi tasawuf adalah mengambil setiap sifat mulia dan meninggalkan sifat yang rendah. Definisi tersebut menurut....
a. Ibnu Khaldun
b. Junaid Al-Baghdadi
c. Imam Qusyairi
d. Ahmad Zarruq
e. Imam Al-Ghazali
3. Dalam hubungannya dengan akhlaq, tasawuf dapat didefinisikan sebagai upaya memperindah diri dengan akhlaq yang bersumber dari ajaran Islam dalam rangka untuk….
a. mempertegas hajat kepada Allah
b. menunjukkan kesungguhan ibadah kepada Allah
c. melaksanakan ketentuan Allah
d. mendekatkan diri kepada Allah
e. mengetahui sifat-sifat Allah
4. Yang bukan perilaku tasawuf yang pernah dilakukan Rasulullah adalah ....
a. khalwat di guwa Hira’
b. pengalaman kebenaran mimpi Rasulullah
c. pengalaman Isra’ Mi’raj
d. hidup sederhana
e. menjauhi dunia secara total
5. Yang bukan contoh integrasi nilai-nilai tasawuf ke dalam akhlaq di dunia modern adalah ....
a. shalat dengan khusyuk
b. wara’ dalam mencari rizki
c. bisnis dengan amanah
d. menjauhkan diri dari keramaian dunia
e. zuhud dalam harta
6. Yang bisa dijadikan teladan sebagai pemimpin yang zuhud dan sederhana dalam hidup, bahkan memakai pakaian yang kasar dengan harga yang murah adalah....
a. Abu Bakar Ash-Siddiq
b. Umar bin Khattab
c. Mu’awiyah bin Abi Sufyan
d. Utsman bin Affan
e. Ali bin Abi Tholib
7. Kata Maqomat berasal dari bahasa Arab yang berarti....
a. kedudukan spiritual
b. tingkatan
c. ibadah
d. tangga
e. pendekatan
8. Orang yang lebih mengutamakan kebahagiaan hidup di akhirat daripada mengejar kehidupan dunia disebut....
a. wara’
b. zuhud
c. tawakal
d. taubah
e. sabar
9. Memohon atas segala dosa dan kesalahan serta janji dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan dosa disebut…..
a. kefakiran
b. taubah
c. ikhlas
d. ridho
e. syukur
10. Menjauhkan diri dari perbuatan dosa atau meninggalkan segala yang di dalamnya terdapat keraguan-keraguan antara halal dan haram adalah pengertian dari....
a. Al-Khouf
b. Al-Ikhlas
c. Taqwa
d. Al-Raja
e. Wara’
11. Dalam pandangan sufi, tidak meminta lebih dari apa yang menjadi hak kita disebut….
a. kefakiran
b. kefasikan
c. kemaksiatan
d. kekafiran
e. kedzoliman
12. Menyerah diri seorang hamba kepada Allah, setelah melakukan ikhtiar disebut.…
a. Amal
b. Tawakal
c. Al-Syafaqoh
d. Riya’
e. Ujub
13. Keadaan seseorang yang memiliki rasa cinta yang kuat disebut Al Ahwal….
a. Al Muroqobah
b. Al Mahabbah
c. Khauf
d. AL Yaqin
e. Al Tuma’ninah
14. Sebuah sikap menerima dengan lapang dada dan senang terhadap apapun keputusan Allah kepada seorang hamba disebut....
a. ikhlas
b. ridho
c. tawakkal
d. sabar
e. syukur
15. Yang bukan contoh sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah SWT adalah ....
a. kesabaran nabi Ayub dalam menghadapi keadaan yang menimpa keluarganya dan hartanya
b. kesabaran nabi yusuf dalam menghadapi rayuan Siti Zulaikhah
c. kesabaran nabi Muhammad dalam menghadapi hinaan kafir Quraisy
d. kesediaan nabi Ismail untuk disembelih oleh Ayahnya
e. kesabaran nabi Ibrahim menghadapi Raja Namrud