musik kreasi



Apa yang dipahami tentang musik kreasi? Apa bedanya dengan kreasi musik? Untuk lebih memantapkan keterampilan dalam bermusik cobalah lakukan menulis dan mentransfer lagu yang sudah dipelajari sebelumnya ke dalam notasi angka ataupun notasi balok! Kemudian bacalah kembali sampai betul-betul menguasai tinggi rendahnya nada dan sesuai dengan nilai notnya.
Pengertian musik kreasi yang telah diskusikan diharapkan dapat digunakan untuk memahami seluruh ragam musik kreasi, baik yang dipertunjukkan melalui media vokal, media instrumen, maupun media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat di dunia.
Sekadar mengingatkan kembali bahwa jenis musik kreasi yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat terdiri dari musik tradisional, musik klasik, musik modern, dan musik kontemporer. Yang dimaksud dengan istilah tradisional, adalah sebagaimana diungkapkan Murgianto (1978) dalam Budiwati (2001) bahwa:
Tradisi berasal dari kata latin “tradition”, sebenarnya berarti mewariskan (handing down). Tradisi biasanya didefinisikan sebagai cara mewariskan pemikiran, kebiasaan, kepercayaan, kesenian, tarian, musik, dan yang lainnya dari generasi ke generasi, dari leluhur ke anak cucu secara lisan.
Di dalam pewarisan semacam ini yang memberikan lebih aktif sedangkan penerima mewadahi secara lebih pasif, artinya tidak lazim terjadi tanya jawab “penularan” akan hal-hal yang diwariskan.
Setiap daerah sudah pasti memiliki seni musik tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakatnya. Seni musik tradisional tercipta sebagai hasil kreasi masyarakat. Sebagian jenis seni tradisional daerah itu merupakan “musik urban yang mana musik rural berfungsi sebagai sumber dalam berkreasi. Di dalam berkreasi, puisi dan versi melodi, ritmis, dan sifat estetis dapat mewarnai nilai-nilai seni musik tradisional yang berdasarkan pada faktor adlibitum, lokasi, dan kronologi”.