Konsep Umum
Materi dan proses pembelajaran Prakarya dari kelas VII hingga Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI telah memberikan kesempatan siswa mengenal produk-prduk kerajinan dan berkreasi dengan beragam material dan teknik untuk menghasilkan beragam jenis produk kerajinan. Pada Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII, siswa akan diarahkan untuk melihat peluang pasar, ketersediaan bahan baku dan teknik pengolahan untuk menghasilkan produk kerajinan yang akan diminati pasar. Siswa juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide membuat kerajinan produk hiasan dari limbah, memproduksi serta memasarkannya.
Konsep Umum
Industri sering dipahami sebagai pabrik yang menghasilkan barang (berwujud) dalam jumlah besar dan dalam bentuk yang sama (seragam) karena dihasilkan oleh mesin. Industri kreatif menghasilkan produk yang tidak selalu berwujud !sik dan tidak selalu dalam jumlah besar. Karya seni lukisan dan tari, termasuk ke dalam industri kreatif, demikian juga dengan program komputer dan animasi. Kerajinan merupakan juga salah satu bagian industri kreatif yang dapat diandalkan oleh setiap daerah di Indonesia karena keragaman budaya dan bahan baku yang dimilikinya. Keragaman bahan baku dan tersediaan bahan baku tidak akan menggerakkan industri kreatif tanpa ide-ide kreatif dari masyarakatnya. Maka setiap orang harus memiliki ide-ide kreatif dan kemampuan untuk mewujudkan ide menjadi karya.
Konsep Umum
Pada umumnya industri kecil memulai usahanya berdasarkan pada bahan baku yang ada keterampilan yang dimilikinya saja untuk membuat suatu produk, tanpa memikirkan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Sebuah usaha tidak akan maju apabila produk yang dihasilkannya tidak dibeli.
Produk yang laku adalah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan calon pembeli. Pengembangan wirausaha harus mempelajari selera dan kebutuhan pasar.
Konsep Umum
Brand seringkali diartikan sebagai citra. Brand lebih tepat dijelaskan sebagai semangat, visi, misi, dan tujuan organisasi yang diwujudkan ke dalam tata kelola, pola komunikasi dan identitas visual dari produk atau organisasi tersebut. Organisasi dapat berupa kelompok wirausaha atau perusahaan.
Materi dan proses pembelajaran Prakarya dari kelas VII hingga Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI telah memberikan kesempatan siswa mengenal produk-prduk kerajinan dan berkreasi dengan beragam material dan teknik untuk menghasilkan beragam jenis produk kerajinan. Pada Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII, siswa akan diarahkan untuk melihat peluang pasar, ketersediaan bahan baku dan teknik pengolahan untuk menghasilkan produk kerajinan yang akan diminati pasar. Siswa juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide membuat kerajinan produk hiasan dari limbah, memproduksi serta memasarkannya.
Konsep Umum
Industri sering dipahami sebagai pabrik yang menghasilkan barang (berwujud) dalam jumlah besar dan dalam bentuk yang sama (seragam) karena dihasilkan oleh mesin. Industri kreatif menghasilkan produk yang tidak selalu berwujud !sik dan tidak selalu dalam jumlah besar. Karya seni lukisan dan tari, termasuk ke dalam industri kreatif, demikian juga dengan program komputer dan animasi. Kerajinan merupakan juga salah satu bagian industri kreatif yang dapat diandalkan oleh setiap daerah di Indonesia karena keragaman budaya dan bahan baku yang dimilikinya. Keragaman bahan baku dan tersediaan bahan baku tidak akan menggerakkan industri kreatif tanpa ide-ide kreatif dari masyarakatnya. Maka setiap orang harus memiliki ide-ide kreatif dan kemampuan untuk mewujudkan ide menjadi karya.
Konsep Umum
Pada umumnya industri kecil memulai usahanya berdasarkan pada bahan baku yang ada keterampilan yang dimilikinya saja untuk membuat suatu produk, tanpa memikirkan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Sebuah usaha tidak akan maju apabila produk yang dihasilkannya tidak dibeli.
Produk yang laku adalah produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan calon pembeli. Pengembangan wirausaha harus mempelajari selera dan kebutuhan pasar.
Konsep Umum
Brand seringkali diartikan sebagai citra. Brand lebih tepat dijelaskan sebagai semangat, visi, misi, dan tujuan organisasi yang diwujudkan ke dalam tata kelola, pola komunikasi dan identitas visual dari produk atau organisasi tersebut. Organisasi dapat berupa kelompok wirausaha atau perusahaan.