Apa itu File VHD UNBK?

Mengenal Apa itu File VHD UNBK?

File VHD adalah sebuah file Virtual Hardisk yang salah satunya bisa dibuat melalui aplikasi virtual box. file ini semacam hardisk virutal untuk memudahkan anda membuat komputer virutal melalui aplikasi virtual box.

Alasan kenapa Server UNBK menggunakan file VHD? 
File VHD UNBK sebenarnya di dalamnya sudah terinstal windows server 2012 yang sudah dikonfigurasi sedemikian sehingga siap untuk digunakan sebagai sistem operasi untuk server UNBK. kapasitasnya cukup besar sekitar 19 -20 Gigabyte.

Alasan utama UNBK menggunakan file VHD tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna, sehingga pengguna tidak akan direpotkan dengan konfigurasi server yang rumit, cukup dengan membuka file vhd melalui virtual box, mengkonfiguarasi kemudian menjalankan file tersebut, maka server unbk lokal pun siap anda gunakan. 

Darimana saya Bisa mendapatkan file VHD UNBK?

File VHD bisa anda download melalui link-link yang informasinya bisa anda dapatkan di situs resmi
  •  https://ubk.kemdikbud.go.id/
Karena kapasitasnya cukup besar File VHD 2018 di bagi menjadi 11 bagian dalam format Rar, anda harus mendownload semua file tersebut lalu simpan di komputer anda dalam satu folder, file vhd yang sudah anda dapatkan akan kelihatan seperti gambar di bawah ini:


File-file tersebut harus anda ekstrak sehingga menghasilkan satu file VHD yang siap anda gunakan untuk server UNBK.