Kiat persiapan kerja setelah lama menganggur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengawali karier di dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Tentu harus disertai dengan usaha yang keras dan keyakinan yang kuat. Apalagi kalau Anda mengawali karier kembali setelah lama tidak bekerja, tentu hal ini akan membuat Anda untuk berusaha kembali memulai semuanya.
Jika Anda ingin kembali bekerja, pastikan kemauan itu datang tanpa adanya paksaan atau merasa kepepet. Sebab hal tersebut akan merugikan banyak pihak, termasuk nama baik Anda. Dikutip dari Cermati.com , berikut ini adalah tips yang bisa Anda ikuti untuk memulai lagi karier setelah lama menganggur.

Pilih Profesi yang Ingin Dijalani: Wirausaha atau Karyawan
Kembali ke dunia kerja setelah lama menganggur bukanlah hal yang mudah. Sebab Anda harus bisa memulai lagi dari awal pekerjaan Anda, seperti mencari pekerjaan baru, mengasah kemampuan atau skill lagi, dan lain sebagainya.
Namun, hal yang lebih penting lagi adalah tentukan profesi apa yang hendak dilakukan. Apakah jadi wirausaha atau karyawan. Jika Anda akan berkarier, pastikan Anda masih mampu bersaing dengan banyak orang lainnya. Dan kalau Anda memilih untuk menjalani usaha, mulailah untuk bisa membuka pikiran dan peka terhadap apa yang ada di sekitar Anda.

Asah Kemampuan Anda
Jika Anda sudah membuat keputusan untuk bekerja sesuai dengan passion, ada baiknya tetap asah terus kemampuan itu. Pastikan kalau di setiap waktu pasti ada progres yang baik agar nantinya kualitas Anda tidak kalah dengan kebanyakan orang lainnya.
Pastikan jika Anda mampu dan berkompeten di bidang tersebut, jangan melakukan hal konyol dengan menyombongkan diri ataupun kemampuan. Pastikan juga jika attitude Anda tetap terjaga dan selalu baik di hadapan semua orang.

Jalin Banyak Relasi
Menjalin relasi dengan teman akan menguntungkan bagi Anda. Sebab tentu dengan cara ini Anda semakin banyak memiliki relasi. Dengan banyaknya relasi, akan semakin banyak juga informasi yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, informasi lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.
Di sinilah kita tidak boleh meremehkan orang lain. Jalin pertemanan dengan siapa saja selama mereka tidak merugikan. Pastikan jika hal tersebut memberikan Anda manfaat yang positif.

Perjanjian Pekerjaan
Ada baiknya jika Anda memerhatikan perjanjian yang dibuat sebelum bekerja. Pastikan jika Anda menyimak dengan tepat seperti apa bunyi perjanjian tersebut. Pastikan jika Anda mampu memenuhi isi perjanjian yang sudah dibuat agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman atau merugikan sebagian pihak.
Ada banyak sekali perjanjian dalam pekerjaan yang harus Anda sepakati. Misalnya, masalah waktu bekerja, masalah gaji, tata tertib, dan lain sebagainya. Jangan meremehkan perjanjian yang sudah Anda buat. Sebab hal tersebut akan sangat merugikan nama baik Anda di kantor atau dengan banyak relasi Anda.

Perbaiki Attitude
Attitude merupakan sesuatu yang selalu melekat pada diri setiap orang. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki attitude yang bagus. Jika Anda akan memulai kembali karier dalam dunia kerja, ada baiknya perbaiki
attitude yang dimiliki agar nantinya bisa berbaur dengan banyak orang dari segala kalangan.
Pastikan jika Anda selalu sopan dengan siapa pun. Sebab bagaimana pun attitude akan menjadi nomor satu yang akan dipertimbangkan ketika perusahaan sedang menyeleksi calon pekerjanya.

Bagaimana Caranya Mendapatkan Kepercayaan dalam Dunia Kerja?
Kesempatan belum tentu bisa datang dua kali. Hal ini mendeskripsikan tentang seperti apa sebuah kepercayaan seharusnya dijaga. Tidak semua orang bisa percaya dengan diri Anda. Tidak semua orang bisa memberikan kesempatan kedua. Jika Anda mendapatkannya, jangan pernah menyia-nyiakannya.
Lalu bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan? Pertama-tama, perbaiki etika dalam diri Anda. Ubahlah sifat negatif menjadi positif. Berbuat baiklah pada siapa pun tanpa terkecuali dan pastikan jika Anda mampu menjaga amanah yang diberikan setiap orang.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com



0 Response to "Kiat persiapan kerja setelah lama menganggur"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.