Siapkan liburan dan traveling yang nyaman

buat kamu yang hobi travelling, wajib banget untuk simak terus artikel satu ini supaya kegiatan travelling mu semakin aman dan nyaman.

1. Jangan bayar belanjaanmu menggunakan kartu kredit/debit
Sebisa mungkin bayar belanjaanmu menggunakan uang cash. Karena bila kamu menggunakan kartu kredit atau debit, resiko tercurinya data-datamu sangat besar. Kalau kamu malas memegang uang cash, kamu bisa saja menggunakan alternatif lain belanja aman dengan menggunakan Google Pay atau Apple Pay dari smartphone mu.

2. Asuransikan barangmu
Selalu ingat, Laptop, handphone, atau kamera mahalmu bisa sangat menarik untuk para pencuri. Jadi, lebih baik untuk mengasuransikan barang-barangmu tersebut sebelum bepergian dan apabila barang-barang tersebut hilang, kamu sudah punya back-up dari asuransi.

3. Registrasikan dirimu di kantor kedutaan besar
Apabila kamu sempat, jangan lupa untuk selalu mendaftarkan dirimu di kantor kedutaan besar. Hal ini akan sangat membantu dalam keadaan darurat. Karena, kedutaan besar akan mencatat semua datamu dan juga kontak yang bisa dihubungi ketika dalam keadaan darurat.

4. Simpan barang-barangmu di dalam brangkas hotel
Apabila kamu tidak yakin dengan keamanan hotelmu, kamu bisa menitipkan barang-barang tersebut ke dalam brankas hotel yang ada di kantor hotel tersebut. Tapi, jangan lupa juga untuk selalu meminta tanda bukti kamu menitipkan barang di sana, ya.

5. Selalu simpan nomor handphone keluarga dan juga kedutaan besar di
smartphone mu
Tulis semua nomor yang kamu anggap penting dan juga tulis alamat e-mail mu di sebuah note .
Screenshot nomor dan e-mail mu tadi, dan gunakan sebagai wallpaper mu. Dengan cara itu, dalam keadaan darurat orang-orang akan tetap bisa melihatnya walau handphone mu terkunci.

6. Jangan meminum alkohol bersama orang asing
Pergi ke bar ketika mengunjungi suatu tempat memang kadang bisa jadi ide bagus. Namun, kamu juga harus tetap hati-hati, guys. Karena di bar kesempatanmu untuk bertemu dengan orang asing sangatlah besar, dan kita tidak tahu apa tujuan orang tersebut mendekati kita. Selalu jaga barang-barangmu seperti dompet dan hp apabila seseorang yang mencurigakan mendekatimu.

7. Makan di tempat orang-orang lokal biasa makan
Kalau kamu bingung ketika memilih di mana harus makan, carilah kafe-kafe dimana orang-orang lokal biasa makan. Karena biasanya orang lokal tahu betul soal mana tempat makan yang enak, ataupun murah namun berkualitas.
Jangan lupa untuk selalu cuci tangan, dan kalau kamu masih belum yakin, cucilah ulang alat makan seperti sendok atau garpu yang kamu terima dari penjual dan lakukan sambil kamu mencuci tanganmu, khususnya kalau kamu makan di pinggir jalan. Tetap jaga kesehatanmu ya, guys.

8. Tanya orang lokal soal tempat yang akan kita kunjungi
Selalu cari tahu dengan detail tempat tujuan travelling mu. Tanya orang-orang lokal soal tempat yang harus dan jangan kamu datangi. Selain dari orang lokal, kamu jiga bisa mencari informasi-informasi tersebut dari forum-forum di internet. Info-info tersebut bisa sangat membantu kamu ketika sudah di tempat tujuan.

9. Siapkan fotokopi dokumen-dokumen pentingmu
Agar selalu aman, selalu simpan dokumen-dokumen penting mu, dan hanya bawa ketika kamu benar-benar membutuhkannya. Buat beberapa fotokopi dokumen-dokumen penting tersebut dan simpan di dalam tas mu. Bawa kopian tersebut setiap kali kamu keluar dari penginapan.

10. Gunakan plastik di remote TV
via brightside.me
Kamu tahu gak sih, kalau hal paling kotor di hotel itu bukan toilet atau lantainya. Yang paling kotor dari seluruh hal yang ada di hotel adalah remote TV! Remote TV selalu berpindah tangan setiap kali orang menggunakan kamar tersebut dan seringkali luput dari perhatian para housekeeper. Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menggunakan kantong plastik ketika menggunakan remote TV di hotel.