Mengenal vpn

MENGENAL APA ITU VPN (VIRTUAL PRIVATE NETWORK)
VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN merupakan koneksi private yang dilakukan melalui jaringan publik dalam hal ini adalah internet. VPN merupakan gabungan dari dua kata yaitu virtual network dan private.

virtual network berarti jaringan ini hanya terjadi dan bersifat virtual. Dengan kata lain tidak ada koneksi jaringan secara real antara 2 titik yang akan berhubungan. Sedangkan private berarti jaringan ini terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.

CARA KERJA VPN
Cara kerjanya yaitu kita dalam hal ini pengguna dapat menghubungi server vpn untuk untuk membuat tunnel (koneksi). Nantinya server kemudian akan memberikan ip adress baru ke smartphone dan ip kita akan terlihat sekan-akan berubah. Misal aslinya indonesia dan bisa berubah jadi negara lain.

KEUNTUNGAN DAN MANFAAT DARI PENGGUNAAN VPN
Dengan menggunakan VPN, kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke internet.
Dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
Dapat menghemat biaya setup jaringan. VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil. Hal ini dikarena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.