Kakeibo, seni menabung dari jepang

Covesia.com - Anda mungkin belum pernah mendengar tentang kakeibo (kah-keh-boh). Tapi, tahukah anda kalau kakeibo ini merupakan teknik penyelamatan uang 114 tahun Jepang yang dimiliki oleh ribuan orang Inggris saat ini.
Teknik ini merupakan cara untuk mengatur pengeluaran anda dan bisa menabung hingga 35% sebagai hasil dari penggunaannya.
Bagaimana kakeibo bekerja?
"Premisnya sederhana: pada setiap awal bulan anda bisa terapkan kakeibo anda dan pikirkan dengan cara cerdik tentang seberapa banyak anda ingin menabung dan apa yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan anda," jelas penerbit Kakeibo: Seni Menyimpan Uang Jepang.
Kakeibo awalnya diperkenalkan ke Jepang pada tahun 1904 oleh jurnalis Motoko Hani, tapi mereka lebih dari sekadar cara mencatat kemana saja uang itu digunakan. Dari rahasia kesuksesan dan popularitas abadi mereka membuat anda berpikir untuk mencobanya.
Dikutip covesia.com dari laman Mirror, berikut cara membagi pengeluaran anda menjadi empat kategori:
1. Kelangsungan hidup : makanan, anak-anak, transportasi
2. Opsional : hal-hal seperti kopi, belanja dan makan di luar
3. Budaya : buku, TV, majalah, dan film
4. Extra : hadiah, perbaikan, dan yang lainnya
Begitu anda tahu ke mana saja uang anda gunakan, anda memiliki empat pertanyaan untuk dijawab:
Berapa banyak uang yang anda miliki?
Berapa banyak yang ingin anda habiskan?
Berapa banyak yang sebenarnya anda belanjakan?
Bagaimana anda bisa memperbaikinya?
Anda bisa membuat pembukuan, atau mempelajarinya dari tips dan motivasi dari pakar keuangan, blogger, dan penulis uang untuk membantu anda dalam perjalanan anda.
Keuntungan-keuntungan
Pendukung teknik tersebut mengatakan tentang dari uang anda dapatkan, dan ke mana saja digunakan, anda bisa menghemat sebanyak 35% dari sekarang.
Tentu saja, anda tidak harus memerlukan kakeibo untuk melakukan ini, namun formatnya yang sederhana membantu anda menjelaskan dengan tepat kemana uang anda dan memungkinkan anda memikirkan banyak hal.
(sea)



0 Response to "Kakeibo, seni menabung dari jepang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.